Belajar Santai dengan Crossword Puzzle, Serta Cara Mudah Membuatnya

Dalam mengajar, pastinya kita ingin siswa terlibat aktif di dalamnya, baik pada saat kita menerangkan maupun saat memberi tugas. Kunci untuk mencapai semua itu salah satunya adalah model dan media yang kita pakai, yang diupayakan bisa menarik antusias mereka untuk ikut terlibat aktif dalam tiap-tiap tahapan pembelajaran.

Salah satu jenis pembelajaran yang telah terbukti memancing respon aktif siswa adalah Crossword Puzzle, atau lebih kita kenal dengan Teka-Teki Silang (TTS). TTS sebagaimana kita tahu adalah media hiburan/permainan berupa kotak-kotak yang berwarna hitam putih, terdiri dari dua lajur yaitu mendatar dan menurun. Serta dilengkapi clue (petunjuk) kata apa yang harus diisikan ke dalam masing-masing kotak itu.

Crossword puzzle akan sangat tepat kalau kita pakai untuk melakukan review atas materi yang sudah kita sampaikan. Clue atau petunjuk dalam teka-teki silang berbeda dengan soal yang biasa mereka hadapi, bahkan kadang-kadang membutuhkan logika tersendiri. Seperti petunjuk yang hanya satu kata, maka siswa harus menangkap maksudnya bahwa yang diinginkan adalah sinonim dari kata itu.

Jadi, dengan pembelajaran yang santai dan menyenangkan ini, akan mampu membangun saraf-saraf otak serta memberi efek menyegarkan pikiran. Dengan suasana belajar santai, fungsi kerja otak akan kembali optimal. Dan guru tidak harus memakainya untuk belajar di dalam kelas, namun juga bisa diberikan untuk mengisi hari-hari libur di rumah.

Apakah sulit membuat Teka-Teki Silang?

Kalau kita membuatnya secara manual, pastinya sulit. Jika biasanya kita cukup membuat soal evaluasi, kita harus kerja lebih, yaitu mencocokkan kata satu dengan kata lainnya. Waktu yang diperlukan juga lebih lama. Untuk itulah maka kita bisa menggunakan aplikasi yang akan mempermudah pekerjaan kita, yaitu aplikasi Eclipse Crossword.

Aplikasi ini selain gratis dan ringan, juga mudah digunakan. Untuk itulah anda perlu menyimpannya jika sewaktu-waktu ingin membuat TTS untuk pembelajaran. Jika belum memiliki dan ingin mendownloadnya, silahkan menuju halaman di bawah ini (dilengkapi tutorial menggunakannya).

Aplikasi Eclipse Crossword untuk Membuat TTS Pembelajaran

Nah kita sudah melihat bahwa media teka-teka silang bisa membuat siswa belajar lebih rileks. Dengan suasana belajar seperti ini, besar kemungkinan siswa menjadi lebih paham dan mudah mengingatnya dalam waktu yang lebih lama.

Langkah-Langkah Pembelajaran

Karena crossword puzzle lebih sebagai media untuk evaluasi, maka guru bisa mengembangkan sendiri kapan harus menerapkannya. Secara umum, berikut ini langkah-langkah pembelajarannya:
  1. Siapkan teka-teki silang yang sudah kita buat menggunakan aplikasi tadi.
  2. Bagikan teka-teki itu kepada siswa, secara individu atau berkelompok.
  3. Jelaskan aturan cara pengisiannya.
  4. Persilahkan siswa untuk mengerjakan.
  5. Tentukan batasan waktu.
  6. Beri reward untuk siswa atau kelompok yang menyelesaikan dengan cepat dan benar.

Kelebihan dan Kelemahan Crossword Puzzel (Teka-Teki Silang)

Pembelajaran apapun yang kita pilih pasti punya kelebihan dan kekurangan. Karena berhasil atau tidaknya juga tergantung karakter materi yang dipelajari. Termasuk crossword puzzle sangat cocok digunakan mengingat istilah-istilah, dan kurang tepat digunakan untuk beberapa mata pelajaran seperti matematika (namun bila anda mampu mengkreasikannya, tetap bisa dipakai juga).

Kelebihan crossword puzzel yang utama adalah sangat simpel untuk digunakan dalam pembelajaran, melatih ketelitian siswa dalam memahami clue dan jawabannya, serta dapat mengasah daya pikir (logika) siswa. Siswa yang kesulitan menjawab satu soal, bisa terbantu dengan bantuan huruf yang muncul dari jawaban soal lainnya.

Selain itu, TTS juga bisa digunakan di luar jam belajar, sebagai  media hiburan sebagaimana fungsi TTS pada umumnya.

Sedangkan kelemahannya adalah tidak bisa digunakan selama satu tatap muka penuh dan hanya bisa dilakukan di akhir pembelajaran untuk kepentingan evaluasi/penilaian. Di samping itu, siswa yang menjawab salah pada satu soal kemungkinan akan mengalami kebingungan karena jawaban soal lainnya berhubungan. Namun ini juga bisa menjadi kelebihan karena siswa akan semakin teliti terhadap jawaban apa yang paling benar.

Untuk mensiasatinya, kita bisa berikan bonus satu atau beberapa huruf di dalam kotak, terutama untuk soal (clue) yang masuk kategori sulit.

Demikan paparan singkat mengenai Crossword Puzzle (Teka-Teki Silang) untuk pembelajaran, serta aplikasi untuk membuatnya lebih mudah. Mudah-mudahan bisa dimengerti dan bermanfaat buat pembaca sekalian..

Artikel Terkait: