Inilah Maksud Tatapan Mata Siswa dan Arah Pandangannya

Mengajar itu bukan profesi mudah. Percayalah, meski ada teman anda ada yang menilai pekerjaan ini sepele, belum tentu mereka mampu mengerjakan tugas-tugas guru, apalagi secara profesional.

Selain bekerja sesuai standar kerja yang tertuang di kurikulum, guru juga harus punya inisiasi tersendiri guna menunjang tugasnya. Banyak masalah tak tertuang solusinya di kurikulum, namun harus mampu di atasi guru.

Salah satunya adalah kemampuan membaca bahasa tubuh siswa (body language). Skill ini penting guna menunjang tugas guru yang harus memahami anak secara menyeluruh. Selain itu, anda juga akan langsung tahu apakah siswa sedang serius atau pura-pura mengikuti instruksi yang anda berikan.

Kalau guru sudah mengajar puluhan tahun, tentu mudah memahami arti dari bahasa tubuh siswa. Tapi kalau anda masih guru pemula, tenang saja, ada kaidah umum yang biasa dipakai untuk memahaminya.

Tulisan ini lebih spesifik menguraikan salah satu bagian dari gesture/gerak tubuh, yaitu pandangan mata. Yang  pertama tentang arti dari bagaimana tatapan mata siswa, dan kedua arti dari arah pandangan mata siswa.

Poin-poinnya saya sarikan dari beberapa buku, dan tentunya setelah saya cermati ternyata tepat menggambarkan apa yang dipikirkan siswa.

Bagaimana tatapan mata siswa anda?


Anda yang mengajar beberapa tahun pasti tahu kalau siswa memandang anda dalam berbagai bentuk dan cara. Adakalanya serius menatap mata anda secara tajam, ada yang setengah-setengah, ada pula yang mengacuhkan.

Inilah maksud dari tatapan itu:

1. Tatapan mata konsisten

Kalau anda berbicara di depan kelas, dan mereka menatap anda secara konsisten, itu artinya siswa tertarik dengan pembicaraan anda. Tidak ada yang salah, lanjutkan mengumbar kalimat demi kalimat yang membuat mereka penasaran dengan penjelasan anda selanjutnya, dan selanjutnnya.

2. Memperpanjang kontak mata

Siswa yang masih menatap mata anda padahal anda sudah selesai bicara, itu artinya ada rasa tidak puas. Mintalah siswa bertanya setelah itu, pasti ada satu atau beberapa yang angkat tangan.

3. Tatapan mata cepat dan singkat

Yang ini artinya siswa tidak tertarik dengan apa yang anda sampaikan. Fokus siswa biasanya mulai bercabang setelah situasi ini. Mereka mulai keluar dari alur materi yang anda bawakan.

Jika menemui situasi ini, segera ubah kalimat anda menjadi lebih komunikatif. Panggil salah satu siswa, minta ia mengulas apa yang sudah anda sampaikan.

4. Menghindari kontak mata

Yang namanya komunikasi, pastinya saling bertatap mata. Jadi kalau siswa menghindari kontak mata dengan anda sewaktu anda berbicara, itu artinya mereka sama sekali tidak tertarik, bahkan tidak ingin mendengar penjelasan itu.

Kemana Arah Pandangan Matanya?


Setiap hari kita mengajak anak untuk belajar, tentu anda sering melihat mereka berpikir sambil memandang ke arah tertentu. Apakah ini anda lewatkan? Sayang sekali kalau iya, sebab ini akan membantu anda memahami keseriusan mereka menerima tugas yang anda berikan.

Inilah arti dari arah tatapan mata siswa:

1. Mata melihat ke atas kanan

Kalau anda melihat seorang siswa sedang memandang ke atas kanan (atas kiri dari sudut pandang anda) sebenarnya sedang mengingat suatu gambar.

Mintalah siswa untuk mengingat-ingat suatu gambar, ia akan melihat ke kanan atas.

2. Mata melihat ke atas kiri

Suatu saat anda melihat siswa menengo ke arah atas kiri, itu artinya ia sedang berimajinasi menggambarkan sesuatu. Perhatikan waktu anda memberikan tugas mengarang cerita fiksi, mereka akan melihat ke arah atas kiri untuk membayangkan suatu peristiwa yang mungkin terjadi.

3. Mata melihat ke kanan

Saat siswa anda melihat ke arah kanan, mereka sebenarnya sedang memanggil suara dari memori mereka. Cobalah minta siswa anda untuk mengingat sebuah lagu yang populer, mereka akan melihat kea rah kanan.

4. Mata melihat ke kiri

Ini adalah tandanya siswa sedang membangun suara. Siswa anda sedang mengimajinasikan suara baru yang masih asing baginya. Cobalah minta siswa membayangkan suara bel di dalam air, mata mereka akan mamandang ke arah kiri.

5. Mata melihat ke bawah kiri

Dikala siswa melihat kea rah bawah kiri, maksudnya ia sedang membayangkan bagaimana perasaannya terhadap suatu hal. Baik yang dialaminya sendiri atau orang lain. Coba tanyakan apa yang dirasakannya saat ulang tahunnya, ia akan melihat ke bawah kiri sebelum menjawab pertanyaan anda.

6. Mata melihat ke bawah kanan

Ini artinya siswa sedang berbicara dengan diri mereka sendiri. Ada percakapan internal di benaknya. Tanyakan apa hasil percakapan terakhir dengan temannya, ia akan melihat ke arah bawah kanan.

7. Mata melihat ke atas lurus

Arti yang umum dipakai untuk menilai orang yang sering mendongak ke atas adalah ungkapan keangkuhan, penghinaan, dan sarkasme. Perlu diwaspadai. Sebab ini bisa juga berarti ia merendahkan anda.

8. Mata melihat ke bawah lurus

Kalau siswa memandang ke arah bawah, kebanyakan sedang mendengarkan ungkapan kemarahan atau peringatan anda. Ia sebenarnya patuh, tapi tidak nyaman. Ia mungkin juga merasa malu dan ingin segera mengakhiri pembicaraan.

Baiklah, itulah uraian mengenai arti dari bagaimana tatapan siswa anda serta kemana arah ia memandang. Kalau anda lebih cermat, kemampuan yang terbilang sederhana seperti ini sebenarnya mendukung tugas mendidik.

Mudah-mudahan bermanfaat . . .

Artikel Terkait: