Jalur Masuk Menjadi CPNS Guru 2017

Menjadi aparatur sipil negara masih menjadi primadona sampai kini. Iming-iming kesejahteraan yang layak dan status sosial yang tinggi jadi dambaan sebagian orang.

Demikian halnya seorang guru.

Hampir semua guru ingin menyandang status pegawai negeri. Bukan apa-apa, semua sudah tahu berapa kisaran nominal yang dibawa pulang guru tiap bulannya, selama masih berstatus honorer.

… bahkan untuk ganti transport ke sekolah saja banyak yang masih kurang.

Sementara satu-satunya uang sekolah yang bisa dipakai untuk membayar tenaga sukwan ini hanya uang BOS. Itupun dibatasi, maksimal 15%.

Jadi kalau ada guru yang diangkat jadi PNS, yang senang bukan hanya guru pribadi. Lembaga juga merasakan dampaknya. Anggaran yang sebelumnya dipakai menggaji guru sukwan, bisa untuk kebutuhan sekolah lain.

Sayangnya harapan itu belum menemui kenyataan.

Sejak penerimaan CPNS terakhir adalah tahun 2014, sampai kini belum ada lagi penerimaan baru. Itulah yang membuat banyak guru hilang kesabaran. Unjuk rasa yang di

Dan pada tahun 2017 ini, pemerintah memastikan akan membuka pendaftaran lagi khususnya untuk profesi guru dan kesehatan.

(Prediksi) Format Penerimaan CPNS 2017


Meski lebih dari 2 tahun sedang moratorium, bukan berarti pemerintah diam. Sebenarnya saat ini masih dilakukan penyesuaian format seperti apa yang tepat untuk menerima aparat-aparat baru.

Disamping juga menyesuaikan banyaknya anggaran negara yang dialokasikan untuk belanja pegawai.

Nah, untuk tahun ini hampir pasti hanya ada satu format penerimaan, yaitu melalui tes.

Kalau dulu-dulu ada jalur portofolio, sekarang sudah tak ada lagi. Bahkan keinginan guru untuk mengangkat CPNS secara otomatis bagi tenaga honorer yang sudah mengabdi puluhan tahun, sirna.

Sebenarnya pemerintah, dalam hal ini Menteri PAN-RB, sempat mempertimbangkan peluang pengangkatan otomatis. Namun setelah muncul larangan dari KPK, hampir pasti tidak ada lagi pengangkatan secara otomatis.

Siapa KPK?

Ya, banyak guru yang mempertanyakan tupoksi KPK sampai ikut-ikut mengatur. Ada juga yang menjadi kecewa, meski selama ini telah menganggap KPK itu seperti “dewa”.

Apapun pendapat itu, harus diingat bahwa KPK selama ini punya peran vital dalam memberi pertimbangan kepada sejumlah lembaga negara. Kita juga ingat pertimbangan KPK juga dipakai dalam memilih menteri.

Dan hasilnya seperti apa? Sampai kini raport KPK cenderung positif.

Untuk itu, jika anda memiliki harapan ingin diangkat secara otomatis, mungkin harapan itu sebisa mungkin dikurangi. Sebab yang lebih penting sekarang adalah melakukan persiapan untuk mengikuti tes.

Bentuk Tesnya Seperti Apa?


Tahun 2014 lalu adalah terakhir kalinya digunakan tes berbasis naskah/lembaran soal. Pada tahun itu juga untuk pertama kalinya digunakan tes berbasis komputer (CAT).

Apa itu tes CAT?

Computer Assesment Test (CAT) adalah proses pengerjaan soal-soal tes berbasis online, yang mana hasil tes itu langsung terhubung ke server pusat. Sehingga begitu soal selesai dikerjakan, berapa skor/nilai yang kita peroleh bisa langsung diketahui.

Persis seperti yang dipakai Ujian Nasional Berbasis Online (UNBK) sekarang ini.

Dan cara inilah yang diyakini efektif dan meminimalisir kecurangan-kecurangan yang kerap  terjadi sebelumnya.

Untuk itu, ada baiknya anda mempersiapkan bentuk tes jenis ini. Ada 3 bidang yang diujikan (merujuk pada tes tahun 2014), yaitu Tes Karakteristik Pribadi (TKP), Tes Intelegensia Umum (TIU), dan Tes Wawasan Kebangsaan (TWK).

Setelah lolos tes tersebut, dilanjutkan dengan terakhir yaitu wawancara.

Sekedar saran, untuk mempelajari materi-materi itu lebih baik mengandalkan buku atau modul berbentuk cetak dari toko-toko buku. Jangan terlalu mengandalkan materi yang didapat secara online lewat download atau buku-buku digital.

Sedangkan untuk simulasi mengerjakan tes CAT secara online, barulah anda harus terhubung ke internet. Ada banyak situs yang menyediakan latihan soal-soal berbasis CAT. Silahkan pilih beberapa agar anda semakin hafal dan terbiasa.

Jalur Masuk Mengikuti Tes CPNS 2017


Sebenarnya per April 2017 ini, belum ada keputusan resmi terkait perekrutan CPNS baru. Namun jika melihat yang sudah-sudah, kita bisa memprediksi apa saja jalur untuk bisa ikut tes tahun ini.

1. Honorer

Beberapa kabar yang beredar, pemerintah akan memprioritaskan guru-guru honorer untuk diangkat CPNS. Terutama yang sudah mengabdi puluhan tahun.

Kita tahu, saat ini guru honorer di sekolah negeri terbagi menjadi 3 kategori, yakni Kategori-2, Kategori-1, dan Non-Kategori. Yang paling punya peluang tentu Honorer K-2, yang punya masa pengabdian lebih banyak.

Itu artinya bagi anda yang termasuk kategori ini, perlu segera melakukan persiapan mengikuti tes.

Lalu bagaimana dengan guru sukwan di sekolah swasta? Karena tidak tercatat sebagai honorer, maka peluang untuk bisa jadi CPNS adalah ikut tes lewat jalur umum.

2. Umum

Jalur umum diperuntukkan bagi siapa saja yang ingin menjadi PNS Guru, tanpa mempedulikan sudah mengabdi di lembaga pendidikan atau belum. Inilah yang sering ditunggu-tunggu, sehingga hampir setiap kali diadakan, pasti pelamar membludak jauh melebihi kuota yang tersedia.

Untuk syarat-syaratnya, hampir pasti tidak ada perubahan seperti tahun sebelumnya, diantaranya:

  • Memiliki ijasah sesuai formasi yang dibutuhkan (PGSD, Pendidikan Matematika, Pendidikan Seni, dan lainnya), serta akta mengajar.
  • Program studi terakreditasi minimal B.
  • IPK minimal 2,75 untuk perguruan tinggi negeri, dan 3,00 untuk perguruan tinggi swasta.
  • Berusia maksimal 35 tahun (S-1) dan 40 tahun (S-2).
  • Dan lain-lain (tergantung kebijakan pemerintah daerah)

3. SM3T

Jalur ini dikhususkan bagi mereka yang mengikuti program mengajar di daerah terdepan, terluar,dan tertinggal. Setelah program selesai, mereka diprioritaskan untuk diangkat langsung sebagai CPNS.

Ini juga menjadi pilihan terutama pada fresh graduate, atau bahkan yang masih mengenyam bangku kuliah. Peluang terbuka lebar jika ingin menjadi PNS. Meskipun untuk bisa ikut program ini, tetap harus mengikuti seleksi yang ketat dan bersaing dengan kompetitor dari seluruh Indonesia.

Demikian uraian tentang prediksi penerimaan CNPS untuk tahun 2017. Intinya, harapan tetap harus disandarkan, sambil terus melakukan persiapan dalam memenuhi standar-standa aparatur yang dicanangkan oleh pemerintah.

Semoga informasi ini bermanfaat…

Artikel Terkait: