SKTP Tidak Terbit di Laman Info GTK

Tahun ini agak berbeda dengan sebelumnya. Dimana untuk pencairan tunjangan profesi pendidik/sertifikasi, diharuskan mengumpulkan lembar Info Guru yang bisa dilihat pada laman Info GTK.

Namun setelah dicek, ternyata banyak yang mengalami permasalahan. Diantaranya data yang muncul tidak sesuai dengan kondisi sebenarnya. Padahal setelah diteliti kembali di Dapodik, semua data yang diinputkan sudah benar.

Salah satu permalasahan yang banyak ditemui adalah NIK (Nomor Induk Kependudukan) tidak sesuai antara yang muncul di lembar Info Guru dengan database BKN Pusat. Tentu ini memunculkan kebingungan tersendiri. Sebab dalam setiap pendataan yang diminta, NIK yang diinputkan sudah benar.


Ada yang mengira itu karena salah mengisi NIK pada PUPNS tahun 2015 lalu. Sehingga data yang terjaring di BKN Pusat menjadi salah. Namun setelah dicek, lagi-lagi tidak ada permasalahan pada data PUPNS.

Oleh karena itu, untuk membetulkan data tersebut, harus menghubungi BKD (Badan Kepegawaian Daerah) setempat. Jangan lupa siapkan data pendukung yang dibutuhkan, seperti SK dan KTP agar jika memang terjadi kesalahan pada penginputan data di BKN Pusat bisa langsung diajukan untuk diperbaiki.

Tapi bagaimana jika SK TPP tetap tidak muncul?


Nah ini yang jadi masalah berikutnya. Setelah dilakukan pembetulan NIK, ternyata SKTP tak kunjung muncul juga di lembar Info GTK. Berdasarkan informasi yang saya terima, hal itu disebabkan oleh data Kenaikan Gaji Berkala (KGB) yang diinputkan di Dapodik.

Bagi guru yang menerima SK KGB pada tahun 2016 dan sudah dimasukkan dalam Dapodik, disarankan untuk menghapus sementara. Sehingga data kenaikan gaji berkala terakhir adalah tahun 2015 atau sebelumnya.

Kalau sudah dihapus, lakukan sinkronisasi seperti biasa. Dan cek terus laman Info GTK untuk melihat perubahannya.

Memang langkah di atas terlihat janggal, sebab apapun data terbaru yang dimiliki guru seyogyanya sesegera mungkin dimasukkan dalam data Dapodik. Termasuk data KGB di atas. Biar bagaimanapun, mudah-mudahan tidak terjadi masalah lanjutan. Yang penting setelah TPP turun, segera kita perbarui lagi data KGB terbaru.

Demikianlah informasi yang bisa saya bagikan terkait permasalahan data di lembar Info GTK salah (tidak sesuai dengan keadaan sebenarnya). Dalam hal ini adalah NIK tidak sesuai dengan data di BKN Pusat. Semoga pencairan TPP tahun ini bisa berjalan lancar, sehingga tidak mengganggu tugas guru dalam mengajar.

Artikel Terkait: