Cek Info GTK Periode Januari-Juni 2017 untuk Persiapan SKTP

Beberapa rekan guru sempat mengeluhkan sulitnya mengakses laman Info GTK. Terutama yang pada waktu mengecek terakhir kali (beberapa bulan lalu), dinyatakan data tidak valid. Ini tentu menimbulkan rasa was-was, sebab dikhawatirkan menjadi penyebab tidak cairnya tunjangan profesi alias TPP.

Sekedar informasi, untuk laman yang biasa kita akses (http://info.gtk.kemdikbud.go.id/) untuk saat ini dialihkan ke laman yang baru, yaitu http://info.gtk.kemdikbud.go.id:20171/. Jika tetap mengakses ke situs yang lama, maka akan muncul pemberitahuan bahwa situs tidak dapat diakses dan dialihkan ke laman baru.

Namun ini hanya sementara, sebab laman tersebut sedang dipersiapkan untuk validasi data guru periode berikutnya (semester 1 tahun pelajaran 2017/2018). Ke depan, info GTK akan disediakan lewat aplikasi SIM-PKB.

Baca: Tampilan Baru Cek Info GTK Semester 1 Tahun 2017/2018

Nah, jika anda ingin mengecek apakah data anda sudah valid atau belum di Info GTK, silahkan ikuti langkah-langkah berikut:

1. Silahkan menuju http://info.gtk.kemdikbud.go.id:20171 atau klik disini.
2. Akan muncul halaman sebagaimana biasa kita lihat. Pada pengumuman, klik "OKE".
3. Silahkan isi pada kolom yang tersedia,
  • NUPTK / NRG / NIK
  • Tanggal lahir (sesuaikan formatnya)
  • Periode (terisi otomatis)
  • Masukkan kode captcha
  • Klik "Login"


Ternyata setelah login, masih banyak yang menemui kendala. Ada yang berhasil, ada yang tidak (dialihkan ke halaman lainnya).

Jika mengalami hal ini, silahkan refresh halaman, lalu gunakan NIK untuk login ulang (jika sebelumnya anda login menggunakan NUPTK). Cara ini biasanya membuat login langsung berhasil.

4. Jika sudah muncul halaman seperti ini, periksa kebenaran data anda.


Jangan lupa cek menu-menu yang ada, yaitu Cek Sekolah Induk, Cek Tugas Tambahan, dan seterusnya.


5. Pastikan data pada "Verifikasi Data Tunjangan Profesi" sudah centang hijau semua. Juga di bawahnya pada tabel "Tunjangan Profesi" sudah terisi dengan benar.


6. Simpan lembar Info GTK anda dengan klik "Cetak PDF/Printer" pada pojok kanan atas. Jika tombol itu tidak berfungsi di komputer anda, silahkan langsung tekan "Ctrl+P" dan langsung mencetaknya atau menyimpan dalam format PDF.

Nah, sekian penjelasan bagi anda yang ingin melihat data di laman Info GTK. Jika data yang tertera sudah lengkap dan valid. tentu kita bisa berlega hati. Sebab tidak ada lagi yang perlu dikhawatirkan, tinggal menunggu kapan tunjangan bisa dicairkan.

Artikel Terkait: