Panduan Cetak Kartu Anggota Pokja SIM-PKB Tahun 2017/2018

Aplikasi SIM-PKB kini sedang jadi trending topic di kalangan rekan-rekan guru. Ada yang bagaimana cara login-nya, apa saja yang perlu dimasukkan. Bahkan ada juga yang cuma bertanya, “Bagaimana, punya saya sudah selesai?”. Yang terakhir ini karena percaya sepenuhnya pada operator…hehehe.

Menariknya, meski sering menyebut istilah SIM-PKB, belum tentu bisa menjawab kalau ditanya apa kepanjangannya. Yah, sebenarnya tidak penting juga sih untuk tahu apa akronimnya, toh tidak terkait langsung dengan tupoksi kita mengajar di kelas. Yang penting kita sudah benar-benar terdaftar di aplikasi ini. Kalau ada menu “Wajib Pre Test” kita ikuti, kalau tidak ya abaikan. Beres!

Apa itu SIM PKB?

SIM PKB adalah kepanjangan dari Sistem Informasi Manajemen Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan. Jika dulu ada Guru Pembelajar Online (GPO), inilah kelanjutannya. Kalau dulu kita mengakses ke situs https://sim.gurupembelajar.id, sekarang beralih ke https://app.simpkb.id/. Sederhananya begitu.

Secara tampilan di kedua laman itu, hampir tidak ada yang berubah. Semuanya sama persis. Hanya ada satu tambahan yang paling pokok, yaitu adanya tombol cetak kartu anggota pokja (yang akan dibahas pada tulisan ini).

Baiklah, kembali ke topik. Kali ini akan dijelaskan bagaimana cara mencetak Kartu Anggota Pokja Tahun 2017/2018. Sebenarnya caranya tidaklah sulit, asalkan sudah bisa login ke akun SIM-PKB anda, lalu cari-cari sebentar, pasti akan langsung ketemu tombol untuk cetak kartunya.

Namun untuk lebih detailnya, silahkan ikuti langkah-langkah berikut:

1. Silahkan menuju ke https://app.simpkb.id/ atau klik disini.
2. Isi kolom email beserta password. Klik ‘Login”.


3. Setelah berhasil login dan masuk ke dashboard akun anda, silahkan scroll ke bawah untuk menemukan tombol “CETAK KARTU ANDA”. Klik tombol tersebut.


4. Langkah selanjutnya adalah menguplod foto di tab “Profil” (jika sebelumnya anda belum menguploadnya). Klik icon "pensil" untuk mulai upload. Gunakan icon "kaca pembesar" untuk mengatur besar atau kecilnya foto.


5. Sampai disini anda sudah bisa mencetak kartu. Cari icon "printer", klik untuk langsung mencetak atau menyimpan dalam format PDF.


Kartu ini sendiri diterbitkan oleh Ditjen GTK Kemdikbud RI, dan berlaku selama semester 1 tahun pelajaran 2017/2018. Untuk itu, lebih baik anda cetak pada kertas photo glossy (untuk tampilan yang lebih bagus), atau bisa juga mencetak di kertas biasa kemudian dilaminasi.

Tapi dengan mencetak kartu ini, anda tidak perlu khawatir lupa dengan ID SIM-PKB anda. Disamping itu, anda juga sudah memastikan bahwa data anda telah terverifikasi dan valid untuk mengikuti program-program dari SIM PKB berikutnya.

Semoga bermanfaat …

Artikel Terkait: