Cara Mendidik Anak Usia 2 Tahun

Orang bilang usia 2 tahun itu adalah usia lucu-lucunya anak. Tak heran, kalau ada tetangga atau saudara datang, mereka pasti tak kuasa menahan untuk menggendong, mencium atau sekedar menggoda. Nah, bagi anda yang punya anak usia 2 tahun, ada baiknya memahami bagaimana cara mendidiknya.

Hal pertama yang cukup penting dalam mendidik anak usia 2 tahun adalah dengan mengajaknya berbicara atau mengobrol. Contoh sederhananya adalah menoleh saat dipanggil namanya, hal itu membuktikan otak si anak bisa menyerap informasi dengan baik. Pilihlah kata yang simpel dan mampu dilihat atau dirasakan anak secara langsung

Cara mendidik anak usia 2 tahun lainnya adalah dengan membacakan dia cerita. Salah satu pakar pendidikan Dr. Rosmarie Truglio mengatakan bahwa membacakan cerita bisa meningkatkan keterampilan berbahasa si anak. Jadi meskipun hanya sekedar mendengarkan, si anak secara tidak langsung bisa menyerap informasi baru berupa kosakata atau istilah-istilah baru yang ia dengarkan.

Selain itu sebagai orang tua, anda juga harus bisa masuk ke dalam dunianya. Bukan berarti kembali jadi anak usia 2 tahun, namun jalin hubungan emosional sehingga anda menjadi lebih dekat. Untuk anak usia dua tahun, mungkin anda bisa mengajarkan permainan sederhana kepada anak anda. Misalnya seperti bermain menyusun balok, mencocokkan bentuk benda, mendengarkan music, dan sebagainya.

Tidak bisa dipungkiri memang bahwa memperdengarkan musik kepada anak bisa meningkatkan IQ dan membuat daya ingat si anak lebih tajam. Maka dari itu, sejak kecil anda bisa mengajarkan kepada si anak mengenai bunyi nada-nada, alat-alat music, bernyanyi dan sebagainya. Secara tidak langsung anda juga bisa memperdengarkan si anak lagu-lagu klasik atau lagu jazz untuk meningkatkan tumbuh kembang otak anak.

Selain mendengarkan musik, mengajarkan tentang musik pada anak juga penting. Tidak usah muluk-muluk, sederhana saja, ajarkan dia lagu anak-anak yang mudah diingat dan mudah dihapal nadanya. Sebuah penelitian di Toronto University mengungkapkan fakta bahwa belajar musik bagi seorang anak bisa meningkatkan kemampuan otak kanan. Bahkan cara mendidik anak melalui music ini bisa dimulai sejak si buah hati berusia 2 tahun.

Hal lain yang tidak kalah penting adalah mengarjakan cara menjaga kesehatan tubuh. Mumpung masih 2 tahun, ajarkan ia mengkonsumsi makanan-makanan sehat. Berikan pembelajaran mengenai makanan apa yang boleh dikonsumsi dan yang tidak. Lebih baik anda cukupi sendiri makanan sehat untuk si buah hati, daripada ia meminta jajanan sembarangan. Jangan salah, saat ini banyak sekali anak usia sekolah yang gemar mengkonsumsi makanan tidak sehat karena sejak kecil terbiasa seperti itu.

Nah kesimpulannya, cara mendidik anak usia 2 tahun bisa dengan mengajak ia berbicara, membacakan cerita, masuki dunianya, memperdengarkan musik, mengenalkan nada sederhana, dan mengajarkan cara menjaga kesehatan. Itulah beberapa hal penting yang perlu dilakukan agar nantinya ia tumbuh dan berkembang menjadi anak dan remaja yang optimal.

Artikel Terkait: