8 Guru Blogger Indonesia Paling Sukses Saat Ini, Sumber Inspirasi dan Motivasi

Guru Blogger Indonesia, manfaat ngeblog, keuntungan menjadi penulis blog

Sebutan “guru blogger” sebetulnya bisa bermakna lain. Ada yang menyebut guru blogger itu gurunya para blogger, orang yang ahli di dunia blogging (sering dipanggil master, mastah, suhu, dll).

Bukan itu yang saya maksud. Guru blogger berarti orang yang benar-benar bekerja sebagai guru (pendidik), dan di sela aktivitasnya mereka menulis di blog. Ya, mereka menulis dan berbagi kepada semua guru seantero Indonesia. Memanjakan para guru untuk lebih mudah dalam menjalankan tugas mengajarnya.

Karena sudah masuk kategori “sukses”, blog yang mereka kelola tidak main-main. Bukan sembarang blog. Kalau anda mengetikkan kata kunci di google yang berhubungan dengan pendidikan, maka pasti yang muncul adalah blog-blog mereka. Tidak mungkin blog yang dikelola ecek-ecek bisa mudah anda temui di google.

Apa untungnya ngeblog?

Mungkin anda berpikir, “orang-orang yang menulis di blog itu baik ya,”. Apa gak habisin waktu aja, apa sih yang mereka dapat?

Anda benar, mereka baik. Tapi ada satu hal yang tidak mungkin diabaikan para blogger dari aktivitas yang cuma buang-buang waktu ini:

. . . penghasilan.

Menulis di blog kini telah menjelma menjadi suatu usaha yang dapat menghasilkan pundi-pundi uang. Bukan sekedar sarana berbagi. Di era yang serba digital ini, mengelola blog dengan serius bisa menjadi opsi untuk mendapat penghasilan tambahan. (Setidaknya ini cerita yang saya dengar, soalnya saya sendiri juga belum bisa mendapat penghasilan dari blog :D).

Tapi saya yakin, bagi seorang guru bukan cuma uang yang jadi prioritas. Masih ada hal lain yang bisa didapat. Inilah keuntungan menjadi guru blogger menurut saya.

1. Personal branding

Selain sebagai guru, kalau bisa ada sebutan lain yang melekat pada kita. Personal branding akan membuat kita mudah dikenal orang. Seperti menjadi penulis buku, pembuat media belajar, dan lainnya. Diantara itu, blogger salah satunya.

Bahkan jika blog anda sudah terkenal dan membantu banyak orang, bukan tidak mungkin penghargaan anda dapat. Seperti yang diraih Deni Ranoptri, peraih Penghargaan Anugerah Peduli Pendidikan. Tidak main-main, penghargaan itu diberikan oleh Kemdikbud tahun 2015 lalu.

Menggiurkan, bukan? Tapi jangan lupa semua itu bukan terjadi secara instan. Perlu proses dan kerja keras.

2. Relasi

Dengan membuat blog, kita jadi punya sarana menjalin silaturahmi dengan orang lain, terutama orang yang seprofesi. Kalau punya banyak teman, apa-apa akan lebih mudah. Kita bisa meminta bantuan andai menemui kesulitan. Minimal kalau kita berkunjung ke luar kota atau pulau, kita juga punya teman yang mungkin bisa membantu.

3. Penghasilan

Nah, ini yang tampaknya paling diminati banyak orang. Ngeblog jadi sumber penghasilan tambahan selain dari honor anda mengajar. Darimana uang itu? Saya juga belum terlalu tahu. Tapi rata-rata berasal dari iklan yang nongol di blog mereka.

Disitulah letak tantangannya. Iklan mau tampil tentu saja kalau yang mengunjungi blog sudah banyak. Sehingga kerja keras dan konsistensi menjadi faktor yang sangat menentukan. Harus pintar-pintar juga bagi waktu antara tugas wajib sekolah dengan memelototi komputer untuk membesarkan blog.

Baca juga: Membuat Blog/Web Sekolah dan Mengubah Domain Menjadi .sch.id

5 Guru Blogger Indonesia Paling Sukses Saat Ini

Baiklah, inilah guru-guru Indonesia yang sukses di dunia blogging. Sekaligus menjadi inspirasi bagi saya dan anda yang akan mulai mengelola blog.

Perlu diketahui, disini saya tidak mengambil rujukan manapun. Label “sukses” adalah versi saya. Namun tentu saja saya tidak asal-asalan. Ada beberapa criteria yang saya pakai untuk menyimpulkan mereka adalah guru blogger paling sukses. Berikut ini kriterianya.

1. Jujur
Niat membantu dan berbagi terlihat dari artikel yang mereka buat. Bahkan tak segan pula beberapa yang memberikan aplikasi secara gratis. Padahal saya yakin membuat aplikasi semacam itu butuh waktu yang tak sebentar.

Apakah ada blog yang tidak jujur?

Sangat banyak. Lihatlah grup-grup guru di facebook atau medsos lainnya. Banyak yang membagikan link-link bodong. Ada yang judulnya bombastis, “KABAR GEMBIRA!!!! GAJI GURU MENINGKAT PESAT TAHUN INI”. Ironisnya, banyak juga rekan-rekan guru yang men-share berita seperti ini.

Untuk cara mudah membedakan info fakta atau hoax, silahkan membaca Guru Cerdas: Mendeteksi Kabar Hoax di Dunia Maya

2. Konsisten
Selain jujur, artikel di blog mereka juga terus update. Blog sudah seperti anggota keluarga sendiri. Harus dirawat dan diperbarui setiap waktu.

Saya sering kagum dengan begitu cepatnya dalam merespon kebijakan baru. Seperti contoh saat diterapkannya Kurikulum 2013, selang beberapa waktu sudah ada yang membagikan Aplikasi Penilaian K-13, berikut RPP dan silabusnya. Tentu saja semua sangat membantu, terutama bagi guru yang aktif mencari di internet.

3. Ada iklannya
Kurang lengkap rasanya kalau menyebut blog itu sukses jika belum ada iklan sebagai sumber penghasilannya. Jumlah pengunjung blog yang ada iklannya berbanding lurus dengan berapa penghasilan yang didapat. Meski sekali lagi, bagi orang yang sudah punya pekerjaan tetap sebagai guru, penghasilan bisa jadi bukan prioritas. Tiap orang tentu punya motivasi sendiri.

Nah, inilah guru blogger paling sukses sebagai inspirasi buat guru-guru di Indonesia.

1. Deni Ranoptri

Deni Ranoptri, Guru SD
Blog: guru sd.net
Siapa yang tak kenal guru blogger satu ini. Admin grup facebook “Info Guru” cukup dikenal guru-guru di Indonesia , terutama operator sekolah. Raihan penghargaan Anugerah Peduli Pendidikan 2015 adalah bukti bahwa gurusd.net bukan blog biasa, terbukti telah membantu kebutuhan-kebutuhan guru sangat lengkap.

Kabarnya, beliau memulai aktivitas blogging dalam situasi yang sulit. Lokasi tempat mengajarnya sulit dijangkau internet. Akibatnya ia harus mencari tempat-tempat tertentu hanya untuk upload postingan.

Tapi itu dulu, sekarang lihatlah blog miliknya. Hampir tidak ada yang luput dari pembahasan. Mulai dari aplikasi gratis, panduan dapodik, metode mengajar, perangkat pembelajaran. Seperti tidak memberi ruang bagi guru lain mau membahas apa di blognya :D.

2. Aina Mulyana

Aina Mulyana
Blog: ainamulyana.blogspot.com
Seperti yang ditampilkan di blognya, beliau adalah pengawas SMP Disdikbud Kab. Pandeglang. Sesuatu yang mencolok kalau anda berkunjung ke blog ini adalah statistik pengunjung yang mencapai 77 juta lebih. Itu orang semua apa bukan ya?

Semua itu dicapai tentu bukan tanpa alasan. Update informasi seputar pendidikan menjadi andalannya. Meski ada beberapa postingan yang hanya mengcopy dokumen seperti peraturan terbaru, pengumuman dll, tetap saja dedikasi beliau untuk berbagi layak diparesiasi. Dan itu berbuah pada pengunjung yang demikian banyak.

Di blog ini anda tidak akan menemukan aplikasi pembelajaran semacam excel maupun software. Namun untuk modul materi ajar, peraturan terbaru, sampai lowongan kerja akan mudah anda dapatkan.

3. Agus Dwianto

Agus Dwianto Sang Pengajar
Blog: sangpengajar.com
Bergerak...hingga setiap mimpi menjadi nyata.
Itulah motto yang ia tulis di halaman profil blog Sang Pengajar. Bersama Deni Ranoptri, ia terpilih sebagai blog penerima Anugerah Peduli Pendidikan 2015.

Di blog sang pengajar, selain informasi terbaru seputar guru dan pendidikan, anda juga akan menemukan catatan harian beliau. Serta yang paling bagus menurut saya, adalah panduan ICT seperti tutorial excel, powerpoint, potoshop, juga ada cara-cara membuat mulitimedia pembelajaran.

Tidak salah, selain mengajar IPA beliau juga aktif di forum-forum ICT dan multimedia pembelajaran di Kabupaten Wonogiri.

4. Arif Tirtana

Arif Tirtana, atirta 13
Blog: atirta13.com
Mengunjungi blog milik operator sekolah salah satu SD di Garut ini, anda akan disuguhi file-file aplikasi yang bisa didownload. Jadi blog ini bisa dibilang lebih dikhususkan bagi anda yang mencari file-file download, seperti segala macam aplikasi mulai dari absensi, pengolahan nilai sampai contoh-contoh SK dan soal-soal terbaru.

Bisa jadi dokumen atau aplikasi excel di sekolah anda awalnya berasal dari blog ini.

5. Nurul Hidayah

Nurul Hidayah Blog
Blog: nurulhidayah.net
Blog nurulhidayah.net adalah satu dari sedikit blog guru yang memakai hosting sendiri, tidak numpang di blogger. Sehingga tampak lebih profesional. Lewat blog tersebut, Nurul Hidayah telah meraih beberapa kejuaran. Diantaranya adalah juara 3 blogger guru (relawan TIK Bojonegoro), Juara 1 lomba blog (HD Pras Center), dan beberapa yang lain.

Selain postingan tentang guru dan sekolah, ia juga menuliskan catatan keseharian yang ia masukkan di label “Curhatku”. Selain itu, tema teknologi dan psikologi juga tak luput dari pembahasannya.

Meski pada akhirnya blog miliknya ini multi pembahasan (tidak hanya seputar guru dan pendidikan), tetap saja prestasi yang sudah ia torehkan menjadi bukti ia adalah salah satu guru blogger sukses di Indonesia.

6. Roni Yusron Fauzi

Roni Yusron Fauzi, Guru Muda
Blog: gurumuda.web.id
Kalau anda mencari infomasi guru terkini, jangan mengunjungi blog ini. Tapi kalau mau cari sumber inspirasi mengajar dan menulis, blog ini sangat tepat. Itulah kesan pertama saya saat tersesat ke dalam blog milik guru MI dan MTs di Garut ini

Saya sangat suka dengan blog Guru Muda. Artikelnya fresh dan tidak bergantung “musim apa yang ramai sekarang.” Tulisan-tulisannya seperti mengajak terus berkarya di dalam kelas, lalu membagikannya pada rekan-rekan guru lainnya.

Meski update postingannya tidak sesering blog lain, beliau pernah menyabet Penghargaan Internet Sehat Blog dan Content Award (ISBA) Tahun 2012 dan 2013. Itu belum termasuk penghargaan lain yang pernah diraih.

7. Yuviter Pradeska

Yuviter Pradeska
Blog: guru-id.com
Blog dengan nama “Info Guru Indonesia” ini termasuk yang cukup cepat membagikan kabar-kabar terkini tentang guru dan pendidikan Indonesia. Karena sangat update, jumlah artikelnya terbilang sangat banyak dibanding blog lain. Untuk kategori artikel, cukup banyak mulai dari aplikasi guru, media, perangkat pembelajaran, info PNS, soal ulangan. Pokoknya apa saja menyangkut guru dan pendidikan dapat anda temukan di blog ini.

8. Defantri Tampubolon

Defantri com
Blog: defantri.com
Saya mengetahui blog ini awalnya lewat media sosial, dimana beliau membagikan salah satu artikelnya di salah satu grup. Menurut saya artikelnya menarik, didukung tampilan blog yang juga bagus.

Pembahasan terbanyak di dalam blog ini adalah seputar matematika. Tak heran, beliau saat ini adalah guru matematika di SMA Negeri 2 Lintongnihuta. Tidak hanya seputar matematika, anda juga bisa mendapatkan contoh soal-soal OSN berikut pembahasannya, serta buku-buku Kurikulum 2013.

Baiklah, itulah review mengenai 8 guru blogger Indonesia yang menurut saya paling sukses saat ini. Lumayan buat ngisi hari Minggu bisa jadi tulisan seperti ini. Tanpa mengurangi rasa kagum pada guru blogger lain, sebenarnya masih ada guru lain yang juga sukses dengan blognya. Namun karena keterbatasan, tidak mungkin saya tulis semua.

Akhirnya, semoga blog di atas semakin sukses dan membawa inspirasi bagi saya, pembaca, dan seluruh guru Indonesia agar lebih tekun dan serius lagi dalam menulis dan mengembangkan blog.

Saya menunggu komentar anda disini. No SARA please..!!! Link hidup otomatis terhapus

 

Start typing and press Enter to search