Info Penerimaan CPNS LIPI 2017 Fix HOAX

Seleksi CPNS, Info CPNS, LIPI, Lowongan CPNS, Hoax

Belum lama ini sempat beredar info adanya pendaftaran/penerimaan CPNS di lingkungan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) 2017. Saya mendapatkan info itu pertama kali berupa lampiran file berformat PDF yang dibagikan lewat grup whatsapp.

Sekilas, file setebal 13 halaman ini cukup meyakinkan. Ada nomor surat (B-8396/SU/KP.02/VIII/2017) sekaligus tanggal pembuatannya (28 Agustus 2017). Formasi yang dibutuhkan juga dijelaskan secara detail, termasuk kualifikasi pendidikan, unit kerja penempatan, jadwal registrasinya. Pokoknya semuanya lengkap, layaknya pengumuman resmi penerimaan CPNS.

Kalau ditotal, ada 136 CPNS yang dibutuhkan. Tentu ini sangat menggiurkan, sebab info seperti ini sedang ditunggu banyak orang.

Sebenarnya niat hati ingin membagikan juga, karena pastinya ini kabar baik buat teman-teman. Namun setelah saya cek, ternyata tidak ada informasi resmi dari LIPI. Justru yang ada malah klarifikasi bahwa untuk saat ini mereka belum membuka pendaftaran CPNS.

Seleksi CPNS, Info CPNS, Hoax

Artinya, dapat dipastikan info yang sudah beredar luas itu adalah hoax.

Seketika langsung saya buka lagi pengumuman itu. Melihat lebih teliti lagi apakah ada yang janggal. Ternyata benar. Di bagian akhir (pembuat pengumuman) tidak ada tanda tangan dan stempel. Ini luput dari perhatian di awal tadi.

Sulit mencari motif apa yang diinginkan pembuat info hoax ini. Apakah cuma iseng saja. Soalnya link yang tercantum di pengumuman tersebut adalah link resmi pendaftaran CPNS (cpns.lipi.go.id). Artinya kalau pembaca belum sadar, ya mungkin cuma terkejut karena begitu membuka link tersebut ternyata belum mengadakan seleksi CPNS.

"Mereka" tidak mengarahkan pembaca ke link asing tertentu (yang biasanya sering terjadi pada kasus penipuan).

Tapi biar bagaimanapun, kewaspadaan perlu dilakukan. Setidaknya anda harus tahu cara mudah mendeteksi info hoax yang berseliweran di dunia maya.

Demikian info yang bisa saya bagikan kali ini. Mudah-mudahan setelah adanya klarifikasi resmi dari LIPI, berita tersebut berhenti dibagikan. Sehingga tidak meresahkan dan tidak ada pihak-pihak yang dirugikan.

Update 6 September 2017

Setelah beredarnya info hoax tentang Penerimaan CPNS LIPI pada dokumen PDF tertanggal 26 Agustus 2017 di atas, akhirnya pada tanggal 5 September 2017 Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) benar-benar secara resmi merilis pendaftaran CPNS di lembaga tersebut. Untuk info lebih detail, silahkan mengunjungi laman resminya di https://cpns.lipi.go.id.

Silahkan mengunduh lampiran pengumuman pada website resmi tersebut. Dan bagi anda yang berminat mendaftar dan memenuhi kualifikasi, bisa segera melengkapi berkas-berkas persyaratannya.

Sekedar saran, kedepannya jangan terburu-buru percaya apalagi langsung membagikan informasi yang kita peroleh, sebelum kita cek sendiri kebenarannya. Apalagi ini berkaitan dengan penerimaan CPNS, yang sering kita dengar marak kasus penipuan.

Untuk info yang berasal dari pemerintah, pasti akan dimumumkan lewat website resmi (dengan domain .go.id). Di situlah kita mengeceknya, bukan di situs lain.

2 comments

avatar

Terima Kasih Info nya, jaman sekarang harus memang harus cerdas.

Saya menunggu komentar anda disini. No SARA please..!!! Link hidup otomatis terhapus

 

Start typing and press Enter to search