Prospek Cerah Kuliah Jurusan PAUD

Seperti muncul tiba-tiba, banyak yang tidak menyangka ketika pengumuman CPNS oleh Kemdikbud  akhir Agustus lalu terpampang nama prodi PAUD disana.

Artinya pemegang ijazah PG-PAUD punya kesempatan memperebutkan tiket CPNS. bersaing dengan ribuan pelamar dari jurusan lain.

Memang cuma satu alokasinya, tapi itu masih lebih baik ketimbang “saudara tua” nya, PGSD yang tidak ada sama sekali. Padahal alumnus prodi terakhir ini yang lebih banyak berharap. Mengingat jumlah alumninya yang lebih banyak.

Apa artinya?

Dibukanya keran alumni PG-PAUD untuk melamar CPNS adalah indikasi kuat mahasiswanya punya prospek cerah di masa datang. Kenapa tahun ini hanya 1 kuota? Karena yang membuka adalah instansi tingkat kementerian. Itupun tidak ditempatkan sebagai guru/pengajar PAUD, melainkan sebagai auditor.

Bayangkan seandainya pemerintah pusat sudah merestui Pemda Kabupaten/Kota untuk menerima lagi CPNS baru, kans untuk pengangkatan besar-besaran terbuka lebar. Masih ingat dengan apa yang dialami prodi PGSD tahun 2014 lalu?

Tahun 2014 dimana hampir seluruh Kabupaten/Kota menggelar tes CPNS, hampir tidak ada yang luput menyertakan prodi PGSD untuk mengisi formasi Guru Kelas SD. Tahun itu bisa dibilang kejayaan prodi yang masih terhitung baru ini.

Kejutan itu sangat mungkin terulang lagi. Pasalnya, belum ada pengajar PAUD berstatus aparatur negara yang murni berlatar belakang PG-PAUD sampai saat ini. Prosentase terbesar masih ditempati guru-guru senior dengan basic pendidikan umum.

Baca juga: Pilih PGSD atau PGMI?

Prodi PAUD adalah Pilihan Tepat


Zaman sekarang, memilih jurusan kuliah itu gampang-gampang susah. Disebut gampang, karena ragam jurusan bertebaran layaknya anda memilih baju di pasar. Disebut susah, karena belum tentu jurusan yang dipilih banyak orang itu menjanjikan masa depan cerah. Salah-salah hanya masalah gengsi karena jurusan itu dibilang keren dan persaingannya tinggi.

. . . padahal bukan itu substansinya!

Memilih jurusan yang tepat untuk saat sekarang adalah jurusan yang masih terbilang fresh (baru), namun akreditasinya memadai (minimal B), dan ini yang penting: bisa menyerap tenaga kerja dalam jumlah banyak. Kenapa  demikian? Karena persaingan yang anda hadapi masih rendah, sekaligus memberi jaminan anda untuk segera masuk dunia kerja.

Prodi PG-PAUD sangat memenuhi kriteria itu. Beberapa jenjang seperti Kelompok Belajar (KB), Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Taman Kanak-Kanak (TK) baru sudah banyak didirikan. Lembaga-lembaga itu siap menampung untuk mengaplikasikan ilmu yang didapat dari bangku kuliah. Belum lagi lembaga dengan kriteria khusus, seperti Roudhotul Athfal (RA) , TK Plus, dan sebagainya.

Kelebihan lainnya, studi di PG-PAUD menawarkan mata kuliah lintas disiplin ilmu. Bagaimana tidak, dunia anak bawah 5 tahun adalah dunia yang holistik, bukan cuma bagaimana membuat anak pintar dan cerdas. Disini selain tentunya mempelajari kurikulum PAUD, juga belajar psikologi, gizi, bahasa sampai olahraga. Semua itu ditelaah guna menyiapkan calon pengajar PAUD yang profesional dan mumpuni.

Jadi, bagi anda yang memilih prodi PAUD pilihan itu sudah tepat. Ngomongin soal memulai karir, tampaknya tidak terlalu sulit sebab masih banyak lembaga yang butuh tenaga pengajar yang asli basic PAUD. Bagaimana dengan kesejahteraan? Salah satu harapannya ya mencoba ikut tes CPNS seperti yang disinggung di atas. Kalaupun tidak, tunjangan sertifikasi juga menanti.

Bahkan TK yang memilih mengelola biaya mandiri tanpa menerima dana bantuan operasional pemerintah, juga banyak yang menggaji gurunya melebihi sekolah yang mengambil dana dari pemerintah.

Namun seyogyanya, kalau sudah memutuskan berkecimpung di dunia pendidikan, hal-hal semacam itu sebaiknya disimpan dulu. Ada proses, ada masa kerja yang harus dihitung. Memang ada beberapa yang begitu lulus langsung bernasib baik dengan memperoleh kesejahteraan tinggi. Tapi pada umumnya menikmati masa kerjanya dulu, baru kesejahteraan akan menigkat secara bertahap.

Dengan kondisi sebagaimana diulas di atas, tentunya bisa anda simpulkan bahwa diantara jurusan dan program studi yang bertebaran di kampus-kampus saat ini, PG-PAUD termasuk salah satu yang punya prospek cerah ke depannya.

Artikel Terkait: