Prodi PAUD Masuk Daftar Formasi CPNS Kemdikbud 2017

Kabar dibukanya pendaftaran CPNS oleh beberapa kementerian kemarin disambut gembira oleh banyak orang. Setelah adanya moratorium (terakhir tahun 2014), tahun ini pemerintah kembali membuka kesempatan kepada putera/puteri terbaik untuk berkarir menjadi PNS.

Namun dibalik itu, penerimaan CPNS kali ini tampaknya kurang memihak bagi alumni Fakultas Ilmu Pendidikan. Pasalnya, sangat sedikit alokasi yang disediakan. Mungkin karena instansinya adalah kementerian pusat, sedangkan Fakultas Pendidikan lebih disiapkan untuk bekerja di lapangan (lembaga-lembaga pendidikan). Jadi lebih tepat kalau yang mengangkat adalah Pemerintah Kabupaten/Kota atau Provinsi, bukan kementerian.

Dibanding yang lain, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan adalah yang paling banyak menerima pendaftar dari prodi-prodi pendidikan. Sebut saja Manajemen Pendidikan, Teknologi Pendidikan, Pendidikan Matematika, dan Pendidikan Bahasa termasuk dalam list formasi yang dibutuhkan. (Rincian formasi lebih lengkap bisa diunduh di website resmi http://cpns.kemdikbud.go.id).

Nah, kabar gembira bagi anda yang berijazah S-1 Pendidikan Anak Usia Dini (PG-PAUD). Diantara daftar tersebut, ada formasi yang dibutuhkan untuk pemilik ijazah ini.


Lebih jelasnya sebagai berikut:
Jabatan Auditor
Jenjang Pendidikan S-1
Kualifikasi Pendidikan PAUD / Teknologi Pendidikan
Gol. Ruang III/a
Jumlah 2
Rencana Penempatan Eselon I: Inspektorat Jenderal
Eselon II: Inspektorat I

Ini adalah kesempatan yang harus dicoba. Pasalnya, tidak setiap penerimaan CPNS selalu menerima alumni PG-PAUD. Bahkan bisa jadi tahun ini adalah pertama kalinya Prodi PAUD disertakan. Meskipun jabatan auditor mungkin terdengar asing, tapi saya yakin ini bukan alasan untuk mengabaikan kesempatan ini.

Bagaimana dengan PGSD? Seperti kita tahu, PG-PAUD dan PGSD adalah jurusan yang peminatnya terus meningkat pesat dari tahun ke tahun. Sayangnya, saat ini belum ada kesempatan untuk alumni PGSD. Tidak ada satupun kementerian yang membuka kesempatan bagi pemilik gelar S.Pd.SD.

Padahal jika diamati, ada posisi Analis Pelaksanaan Kurikulum di Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah. Jabatan ini cukup tepat diisi PGSD yang cukup tahu kondisi di lapangan sebenarnya. Namun pemerintah melihat posisi ini lebih tepat diisi prodi lainnya.

Nah bagi anda yang sedang berjuang dalam penerimaan CPNS kali ini, mudah-mudahan diberi kemudahan baik dalam Seleksi Administrasi, Seleksi Kompetensi Dasar (SKD), maupun Seleksi Kompetensi Bidang (SKB).

Artikel Terkait: