Sekolah Kita, Situs Online untuk Melihat Profil Sekolah Terlengkap

sekolah kita, sekolah data, http://sekolah.data.kemdikbud.go.id

Saat ini, cek profil sekolah secara online digunakan untuk berbagai keperluan, seperti memilih sekolah baru bagi siswa yang baru lulus, atau para orang tua yang ingin melihat perkembangan yang terjadi di sekolah anaknya. Salah satu cara mudahnya adalah melihat langsung website resmi sekolah tersebut. Dengan begitu, semua isi dapur sekolah yang anda incar bisa anda ketahui.

Hanya saja, tidak semua sekolah punya website. Karena website memang bukan kewajiban sekolah membuatnya. Nah, salah satu solusinya untuk saat ini adalah melihat langsung pada situs “Sekolah Kita” yang baru saja diluncurkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, beralamat di http://sekolah.data.kemdikbud.go.id.

Situs Sekolah Kita menampung seluruh lembaga/institusi pendidikan formal mulai jenjang PAUD sampai SMA dan pendidikan masyarakat di bawah naungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Perhatikan jargon Sekolah Kita berikut ini.

Media informasi dan komunikasi kita dengan sekolah di seluruh Indonesia!
… dengan sekolah lah kehidupan bangsa dicerdaskan, dan dari tempat ini pulalah kita bisa menjadi seperti sekarang. Karena itu, mari bersama peduli dan membuat sekolah kita lebih baik untuk menyiapkan anak kita menjadi generasi pemenang di masa depan …

Selain melihat profil sekolah, anda juga bisa memberikan saran dan komentar untuk perbaikan dan kemajuan sekolah. Apa saja manfaat lainnya? Yuk kita bahas lebih dalam..

sekolah kita

12 Faktor dalam Memilih Sekolah Terbaik

Sekolah berkualitas adalah idaman semua orang tua. Karena sekolah itu akan menghadirkan suasana belajar yang nyaman dan berpeluang meraih prestasi. Berikut ini ada 12 poin yang bisa dijadikan pertimbangan dalam menentukan sekolah pilihan.
  1. Guru
  2. Fasilitas
  3. Biaya
  4. Lokasi
  5. Nilai Integritas
  6. Ruang Kelas
  7. Kurikulum
  8. Kepala Sekolah
  9. Akreditasi
  10. Keamanan
  11. Kebersihan
  12. Nilai Ujian Nasional

Fitur Utama “Sekolah Kita”

Beberapa kelebihan ditawarkan oleh situs ini untuk memudahkan anda dalam memperoleh informasi seputar profil sekolah. Ada 3 fitur utama, diantaranya.

1. Profil Sekolah
Data profil sekolah ini diambil dari data verifikasi Dapodik yang hasil sinkronisasi terakhir kali. Jadi bisa dipastikan benar-benar update. Sedangkan data akreditasi diambil dari Badan Akreditasi Nasional Sekolah dan Madrasah (BAN-SM). Sedangkan nilai ujian nasional (UN) dari Pupendik, Balitbang Kemdikbud.

Untuk foto sekolah, tergantung operator atau pihak sekolah apakah aktif memperbarui atau tidak. Untuk sekarang, mungkin banyak yang belum mengupdate foto tersebut. Namun sudah ada himbauan dari Dinas Pendidikan untuk segera mengupdatenya, sebab situs ini pula yang akan dijadikan acuan untuk pemberian bantuan rehab untuk gedung sekolah yang rusak.

Bisa dibayangkan kalau semua sudah melengkapinya, situs ini akan menjadi pusat informasi kondisi terkini sekolah-sekolah kita.

2. Saran dan Komentar untuk Sekolah
Ini yang paling menarik, anda bisa menuliskan komentar atau unek-unek anda. Sampaikan yang benar-benar murni demi kemajuan sekolah, agar mau berbenah atau memberikan pelayanan lebih baik. Kalau perlu berikan testimoni yang positif, agar citra sekolah juga terangkat.

Media komunikasi antara orang tua, siswa dan guru akan memudahkan pemecahan masalah yang selama ini dihadapi dalam aktivitas belajar mengajar.

3. Perbandingan Sekolah
Di kolom bagian bawah anda akan menemukan lembaga sekolah yang lokasinya berdekatan. Begitu anda klik, profil sekolah tersebut juga  langsung muncul. Jadi, tidak sulit untuk membandingkan antara sekolah satu dengan lainnya. Sekolah yang muncul adalah yang berada dalam radius 3 samai 10 km.

Apalagi Fitur Menarik Lainnya?

Selain tiga menu di atas, masih ada lagi yang akan membuat anda sayang kalau melewatkan situs Sekolah Kita ini, yaitu peta sebaran sekolah. Dengan fitur ini, sebaran sekolah di suatu wilayah provinsi atau kabupaten mulai dari SD, SMP, SMA dan SMK dapat anda ketahui.Fitur ini tentu sangat bermanfaat terutama bagi para akademisi, peneliti atau mahasiswa yang ingin mengkaji kondisi riil sekolah di tanah air.

Nah, demikianlah review tentang situs Sekolah Kita, yang dapat anda jadikan rujukan untuk menentukan sekolah yang tepat. Silahkan anda berpartisipasi dengan memberikan ide dan pikiran yang konstruktif agar sekolah-sekolah di Indonesia semakin meningkat kualitasnya dari tahun ke tahun.

Terima kasih telah mengunjungi lapak sederhana ini. Kehadiran dan dukungan Anda adalah penyemangat saya untuk terus menulis dan berbagi informasi tentang pendidikan. Semoga tulisan ini bermanfaat bagi Anda.