Mengatasi NUPTK Invalid di Dapodik (Tanda Warning)

Bagi operator sekolah, data dapodik yang bermasalah membuat hati serasa kurang tenang. Apalagi jika melihat milik teman yang bisa berhasil, tapi punya kita tidak, pasti tanya kesana kemari agar segera ketemu solusi. Salah satu masalah adalah munculnya tanda warning pada GTK, dengan keterangan NUPTK invalid.

Hal ini saya alami sendiri. Sempat was-was juga, sebab saya sendiri yang jadi operator, namun justru punya saya yang muncul tanda warning, tidak mau centang hijau. Padahal setelah dicek pada data lain, tidak ada masalah pada NUPTK saya. Datanya sudah benar. Termasuk pada lembar info GTK kemarin.

Masalah ini tentu bukan saya saja yang mengalami, banyak juga operator lain yang mengeluhkan hal serupa.

Alhamdulilah, iseng-iseng buka salah satu forum operator, ada yang membagikan solusinya. Segera saya buka dapodik  dan menerapkannya, ternyata berhasil. Sama sekali tak terduga, 2 tahun menunggu konfirmasi dari pusat (seperti keterangan di dapodik), ternyata teratasi dengan cara yang mudah.

Nah, agar manfaatnya bisa lebih luas, kali ini saya ingin membagikannya juga kepada anda. Tentu saja agar mata anda tak risih lagi melihat tanda warning yang mengganggu itu. Terima kasih kepada rekan operator yang pertama kali membagikan solusi ini.

1. Silahkan klik pada GTK yang bersangkutan, klik menu “validasi”.


2. Klik kanan pada nama GTK, pilih “Hapus”. Jangan khawatir, ini bukan menu menghapus data GTK pada dapodik anda.


3. Pilih “Ya”
4. Close, lalu Refresh.

Nah, tanda warning sekarang sudah berubah menjadi centang hijau dan sudah siap untuk sinkronisasi.

Yang lebih menggembirakan lagi, cara tersebut juga bisa digunakan untuk mengatasi warning pada peserta didik. Kalau peserta didik, biasanya disebabkan usia belum mencukupi. Nah bagi anda yang mengalami masalah seperti ini, silahkan gunakan cara yang sama seperti di atas.

Mudah-mudahan artikel ini membantu anda mengatasi masalah munculnya tanda warning pada GTK karena NUPTK Invalid. Selamat mencoba.

Artikel Terkait: