Tampilan Baru Cek Info GTK Semester 1 2017/2018

Ada yang berbeda dari laman Info GTK per semester 1 tahun 2017 ini. Kalau periode sebelumnya bisa dilihat di laman info.gtk.kemdikbud.go.id. Mulai saat ini laman Info GTK terintegrasi dengan laman Guru Pembelajar atau lebih kita dikenal dengan SIM PKB.

Seperti diketahui, info GTK digunakan untuk mengecek data hasil sinkronisasi Dapodik. Apakah data yang tampil sudah valid atau belum. Selain itu print out lembar GTK juga dipakai sebagai syarat pengajuan Tunjangan Profesi Pendidik (TPP).

Silahkan login pada alamat https://app.simpkb.id/ menggunakan akun guru pembelajar seperti  biasa. Lalu scroll ke bawah sampai menemukan Layanan Info GTK. Nah silahkan dicek apakah data anda sudah betul atau belum. Untuk mencetaknya, gunakan tombol Cetak PDF/Printer di pojok kanan atas (pengguna Firefox) atau langsung Ctrl+P untuk pengguna Chrome.

Perlu diketahui, ada 4 syarat yang harus dipebuhi agar guru bisa mengakses lembar Info GTK kali ini.
  1. Sudah terdaftar pada aplikasi SIM PKB. Pendaftarannya dilakukan oleh MGMP, KKG atau Gugus kalau di SD.
  2. Sudah memasukkan nomor peserta UKG pada isian nilai test di Dapodik. Yang penting nomor UKG nya, untuk nilai bisa diisi 0 (nol) bila belum tahu.
  3. Sudah sinkron Dapodik minimal 7 hari sebelumnya. Artinya jika hari ini operator anda baru sinkron Dapodik maka layanan Info GTK bisa diakses 7 hari setelahnya.
  4. Tidak lupa password akun SIM PKB . . .heheh.

Nah bagi anda yang sudah sertifikasi selamat mencoba. Kenapa hanya yang sertifikasi? Soalnya bagi yang belum (seperti saya) lembar Info GTK tidak akan dipakai apa-apa. Yah mungkin sekedar lihat-lihat datanya sudah benar dan tidak ada masalah saja sudah senang . . . hehe.

Satu lagi, mungkin karena alamatnya baru (masa transisi), bagi guru yang belum tahu atau tetap ngeyel mengakses situs lama, tetap diberi keterangan bahwa halaman Info GTK sudah dialihkan. Seperti tampak pada gambar ini.


Disitu juga sudah diberi keterangan langkah-langkah membuka Info GTK di SIM PKB.

Mudah-mudahan info ini bermanfaat.

Artikel Terkait: