3 Waktu Terbaik untuk Belajar

Siapapun kamu pasti punya waktu favorit untuk belajar. Tak peduli siswa, mahasiswa, atau guru pasti ada saat-saat dimana ketika membaca buku atau menghafal teks bisa langsung fokus dan mudah merekamnya ke dalam otak. Semua orang menyadari bahwa ada waktu tertentu dimana ia merasa itulah waktu terbaik untuk belajar.

Ada pepatah mengatakan, belajar itu tak mengenal ruang dan waktu. Memang benar. Tapi bukan berarti kita tidak usah membuat jadwal belajar alias mengalir saja. Kalau yang dimaksud disini mempelajari materi sekolah, membuat jadwal belajar hukumnya wajib.

Nah bagi kamu yang masih bingung menentukan kapan waktu yang tepat buat belajar, disini saya akan membagikan saat yang tepat dan kiranya bisa kamu agendakan untuk menghafal pelajaran, membaca buku, meringkas materi, atau aktivitas belajar lain.

(3) Jam 7 sampai 9 malam

Ini adalah waktu yang umum dipakai anak sekolah buat belajar di rumah. Meski sudah jadi tradisi, tak banyak yang tahu alasan memilih waktu ini. Tahu kenapa?

Sebab setelah belajar nanti kita akan beristirahat penuh. Diharapkan setelah otak terkuras, lalu kita tidur, keesokan harinya otak mampu merefresh apa yang sudah dipelajari tadi malam. Beda halnya kalau setelah belajar kamu masih melakukan aktivitas lain, seperti main game, nonton tv, bahkan begadang sampai malam menjadikan hasil belajar yang kamu lakukan tidak maksimal.

Selain itu juga mengurangi daya ingat otak keesokan harinya. Jadi, usahakan setelah belajar langsung istirahat (tidur).

2) Jam 7 sampai 10 pagi

Di Indonesia dan hampir seluruh negara di dunia menggunakan waktu pagi untuk memulai kegiatan sekolah. Apa alasannya?

Karena di waktu seperti ini otak masih dalam keadaan segar dan belum banyak aktivitas yang dilakukan sebelumnya. Kamu yang pernah masuk sekolah di jam siang (moving class) tentu sudah merasakan bedanya. Kalau masuk siang, kamu akan sulit fokus karena di pagi hari sudah banyak kegiatan yang kamu lakukan.

1) Jam 3 sampai 5 pagi

Nah, di peringkat pertama sebagai waktu terbaik buat belajar adalah pas dini hari mulai jam 3. Kamu setuju? Kalau tidak menjawab, berarti kamu belum pernah melakukannya.

Siapapun sadar bahwa ini adalah saat terbaik terutama untuk menghafal pelajaran. Suasana yang sepi ditambah otak yang masih fresh selepas istirahat menjadi alasan kenapa banyak orang menyukai waktu ini. Bahkan dalam kondisi masih mengantuk sekalipun, kalau kamu memaksa diri buat menghafal maka hasilnya jauh lebih maksimal dibanding waktu lain.

Selain tahu kapan saja waktu yang pas buat belajar, ada baiknya kamu juga tahu kapan waktu larangan untuk belajar. Bukan larangan sih sebenarnya, tapi kalau kamu memaksakan diri untuk belajar di waktu ini, jangan harap hasilnya bisa maksimal.

Waktu yang dimaksud adalah saat tubuh sudah lelah. Hal ini kelihatannya sederhana, dan sering disepelekan banyak pelajar dan mahasiswa. Bahkan kita mengenal plesetan “SKS”, Sistem Kebut Semalam. Istilah yang menunjuk siswa yang menyelesaikan tugas hanya dalam tempo semalam, bisa sampai tengah malam, bisa sampai pagi hari.

Yah, mungkin tugasnya bisa selesai. Tapi pelajaran yang terekam di memori tidak akan bertahan terlalu lama.

Demikian ulasan mengenai waktu terbaik buat belajar. Mudah-mudahan memberi gambaran buat kamu yang masih bingung menentukan kapan waktu tepat buat memulai kegiatan belajar setiap harinya.

Artikel Terkait: