3 Alasan Belajar Bahasa Inggris Mudah Meningkatkan Percaya Diri Anak

Sudah menjadi tugas guru dan orang tua salah satunya adalah membangkitkan rasa percaya diri anak/siswa. Percaya diri sangat penting karena menjadi modal pertama mengekspresikan talentanya. Tanpa percaya diri, bakat sehebat apapun akan percuma dan tidak berguna sama sekali.

Memang, tiap anak/siswa terlahir berbeda-beda. Ada yang punya kepercayaan diri tinggi. Ada yang sebaliknya, memilih rendah diri. Namun bukan berarti tiap anak tidak bisa dilatih rasa percaya dirinya.

Confidence (rasa percaya diri) anak adalah keterampilan halus yang sangat mudah dikembangkan. Tergantung bagaimana guru/orang tua mengolahnya. Salah satu cara mudah membangkitkan percaya diri anak adalah belajar bahasa baru, seperti bahasa Inggris.

Sudah banyak yang membuktikan belajar bahasa Inggris sangat efektif melatih dan menanamkan rasa percaya diri. Mengapa???

Berikut 3 alasan utamanya:

Baca juga: 8 Contoh Puisi Bahasa Inggris tentang Guru dan Siswa

1. Punya cara unik mengekspresikan ide

Fungsi bahasa paling utama adalah untuk menyampaikan pesan (ide/gagasan). Anak yang sudah mampu berbahasa, sudah punya kosakata yang cukup untuk mengungkapkan kemauannya kepada orang lain.

Saat anak belajar bahasa Inggris, mereka tentu senantiasa mengingat kosa kata baru dan tenses sederhana. Semakin banyak kosakata yang dimiliki, maka ungkapan idenya juga semakin kaya dan bervariasi. Hal ini jelas berbeda dengan anak yang tidak punya skill bahasa asing sama sekali.

Dengan merasa punya cara lain mengungkapkan ide, anak akan lebih mudah percaya diri. Terutama saat mengungkapkan ide dan perasaannya menggunakan bahasa Inggris.

2. Mahir berkomunikasi

Komunikasi adalah kebutuhan semua manusia. Terlebih bagi anak, komunikasi adalah jantung kehidupannya. Kenapa? Sebab banyak hal tidak mampu ia lakukan sendiri. Satu-satunya cara memenuhi kebutuhan tak terjangkau itu hanyalah dengan komunikasi.

Kemampuan berkomunikasi ditentukan oleh seberapa bagus dalam menguasai bahasa yang hendak dipakai. Anak yang menguasai semakin banyak bahasa, tentu akan lebih terbantu dalam berkomunikasi dengan lebih banyak orang.

Dengan belajar bahasa Inggris, ia akan terus mencoba berkomunikasi menggunakan bahasa Inggris. Tidak peduli lingkungannya sesuai atau tidak. Pada titik ini, rasa percaya diri si anak jelas mengalami perkembangan.

3. Lebih daripada yang lain 

Di antara alasan lainnya, inilah yang paling kuat. Yaitu anak merasa lebih daripada yang lain. Benarkah? Faktanya sebagian besar anak Indonesia masih menguasai satu bahasa. Masih sedikit sekali yang menguasai dua bahasa atau lebih.

Bagaimanapun, anak-anak punya karakter ingin dipuji. Berbicara memakai bahasa asing seperti bahasa Inggris akan membuatnya merasa lebih dibanding yang lain. Situasi seperti ini, jika orang tua dan guru mau memanfaatkan dengan positif, akan menjadi pemicu rasa percaya diri yang besar bagi anak.

Bagaimana? Sudahkah tertarik mengajari anak bahasa Inggris? 3 hal di atas hanyalah sedikit contoh alasan kita terutama orang tua dan guru untuk segera menjadikan anak mahir berbahasa Inggris. Bagaimanapun, skill ini mutlak dimiliki anak. Jangan sampai di masa depan ia gagal berkompetisi karena ketiadaan skill berbahasa asing yang dimiliki.

Artikel Terkait: