5 Contoh Kegiatan Sekolah Sederhana Memperingati Hari Pahlawan

Hari pahlawan kali ini jatuh di hari Jumat, 10 Nopember 2017. Bagi sebagian orang, Jumat sering dibilang hari pendek, kurang tepat kalau buat mengadakan kegiatan.

Kalau merasa kurang pas, bisa juga diganti esoknya. Ya, hari Sabtu (akhir pekan) memang waktu paling sering dipakai sekolah menggelar event-event.

Untuk hari Jumat bisa kita pakai untuk upacara bendera saja.

Baca : Pedoman Upacara Hari Pahlawan 2017 untuk Sekolah

Pertanyaannya, sudahkah anda punya agenda kegiatan apa yang dipilih dalam memeriahkan hari pahlawan untuk siswa-siswi kita?

Ada yang sudah, ada yang belum. Ada yang tidak merencanakan sama sekali.

Tapi tenang, bagi anda yang belum punya ide, berikut 5 kegiatan sederhana yang semoga bisa mengsinpirasi ada. Bukan sekedar menyemarakkan saja, tapi nilai-nilai kepahlawanan juga akan masuk ke dalam pola pikir anak-anak jika dijalankan dengan dengan baik.

1. Lomba baca buku biografi pahlawan

Cara pertama yang bisa kita pilih adalah menggelar lomba membaca buku bertema pahlawan. Format lomba bisa disesuaikan, yang penting setiap siswa memegang satu buku dan mempelajari sejarah hidup tokoh.

Resume dari hasil bacaan itulah yang akan dipakai untuk menentukan siapa siswa pemenang.

Selain lomba, pilihan lainnya adalah memasukkan dalam program 15 menit literasi sekolah. Yang ini kita tidak perlu repot menyiapkan hadiah, sebab sudah menjadi program rutin sehari-hari.

2. Nonton bareng film perjuangan 10 Nopember.

Apakah di hari itu ada pelajaran sejarah/IPS? Kalau ada, sungguh kebetulan. Tapi kalau tidak, bolehlah kita mengambil 1 jam pelajaran untuk menonton film bertema pahlawan.

Ada banyak sekali film tentang pertempuran Arek-arek Suroboyo pada 10 Nopember yang bertebaran di internet. Termasuk pidato bung Tomo yang “membakar” jiwa itu. Kita bisa dengan mudah mencarinya untuk dipertontonkan ke siswa.

3. Mengunjungi situs sejarah sekitar

Mengenang peristiwa sejarah tak harus berkunjung ke situs/museum besar yang lokasinya jauh. Cukup yang ada di lingkup daerah masing-masing.

Selain lebih hemat biaya, anak-anak juga merasakan nuansa kebudayaan lokal dari aktivitas ini. Seringkali anak lebih mengenal tokoh sejarah dari buku-buku, dan masih asing dengan pahlawan lokal dari wilayahnya sendiri. Ini bisa diatasi dengan berkunjung ke situs sejarah terdekat.

4. Main sosiodrama

Kalau mau menggabungkan tema hari pahlawan dengan kegiatan belajar di kelas, metode sosio-drama atau role playing sangat cocok.

Selain membuat pembelajaran lebih bervariasi, anak-anak akan semakin paham dengan nilai kepahlawanan. Sebab mereka memperagakan langsung tokoh-tokoh pahlawan yang saat itu terlibat langsung dalam peperangan.

5. Berziarah ke makam pahlawan

Kegiatan terakhir yang tak kalah bermanfaat adalah berziarah ke makam para pahlawan. Kalau sekolah anda berada di perkotaan, bisa menuju TMP terdekat. Kalau berada di pedesaan, cukup berziarah ke pusara tokoh/pejuang lokal di desa itu.

Berziarah bukan hanya mendoakan arwah para pejuang, melainkan juga mengingatkan kita tentang apa saja jasa yang sudah ia lakukan. Agar kita mampu memetik semangatnya, mengambil nilai-nilai, serta meneruskan cita-cita yang telah diwariskan para pejuang terdahulu.

Baiklah, kiranya cukup itu dulu yang bisa saya ulas kali ini, mengenai 5 contoh kegiatan sekolah dalam rangka memperingati hari pahlawan. Paling tidak, ada satu atau dua kegiatan yang bisa dipilih, jangan sampai tidak ada sama sekali.

Sebab momen 10 Nopember ini sangat tepat digunanakan untuk menginternalisasi etos kepahlawanan (nasionalisme dan patriotisme) dalam diri siswa.

Artikel Terkait: