Info Seputar Guru Garis Depan 2018

Guru Garis Depan (GGD) adalah program yang saat ini ditunggu-tunggu banyak pihak. Salah satu penyebabnya bisa memuluskan cita-cita menjadi abdi negara (PNS). Siapapun yang berhasil lolos seleksi akan diikat statusnya sebagai CPNS sebelum berangkat bertugas ke daerah 3T.

GGD Angkatan Pertama (tahun 2015) adalah sebanyak 798 guru. Kemudian di tahun 2017 yang dilepas bulan Agustus lalu meningkat sebanyak  6.296 orang. Nah, apakah di tahun 2018 akan ada peningkatan lagi?

Berikut informasi seputar Guru Garis Depan tahun 2018 bersumber dari pernyataan Mendikbud dan Dirjen GTK Kemdikbud RI.

1. Pada periode 2018, pemerintah berencana merekrut calon Guru Garis Depan sebanyak 17.000 guru. Ini disebabkan semakin banyaknya daerah yang mengajukan untuk ditempati Guru Garis Depan. Selain itu, tingginya animo masyarakat yang berminat serta program Nawacita Presiden juga menjadi penyebab makin besarnya jumlah Guru Garis Depan di tahun 2018.

2. Bagi yang lolos menjadi GGD dan menyandang status CPNS, dikenakan kontrak selama 10 tahun mengabdi di daerah yang sudah ditentukan (Tertinggal, Terdepan dan Terluar). Artinya selama kurun waktu itu tidak berhak mengajukan mutasi ke daerah lain atau ke daerah asalnya.

3. Dibukanya kesempatan kepada guru honorer untuk ikut bersaing melamar sebagai CPNS GGD. Syaratnya harus sudah memenuhi kualifikasi (berijazah S-1), serta kalau sudah lolos bersedia mengikuti program PPG (Pendidikan Profesi Guru) selama 1 tahun. Kesempatan ini diberikan setelah munculnya usulan dari sejumlah Pemda untuk memberi peluang bagi guru honorer menjadi CPNS.

4. Pemerintah akan memprioritaskan pemenuhan sarana dan prasarana, termasuk di dalamnya program literasi dan pelayanan Sekolah Satu Atap. Dengan model ini, anak-anak di daerah 3T yang kerapkali terkendala masalah akses untuk bersekolah, bisa tinggal di asrama.

Itulah beberapa program berkaitan dengan Guru Garis Depan 2018. Bagi anda yang benar-benar punya tekad untuk mengabdi di daerah 3T, ada baiknya mempersiapkan sedini mungkin. Sebab program ini bisa dipastikan akan berlanjut dari tahun ke tahun. Selain itu, dengan melihat keberhasilan yang telah dicapai, jumlah guru yang akan direkrut dipastikan juga akan terus bertambah.

Sumber:
https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2017/09/guru-garis-depan-membangun-indonesia-dari-pinggiran
https://www.jawapos.com/read/2017/09/13/156907/2018-kuota-cpns-guru-garis-depan-capai-17-ribu

Artikel Terkait: