Daftar 15 Game Berbahaya Untuk Anak Versi Kemdikbud

Sebenarnya ini bukan berita baru, bahkan list 15 Game Berbahaya untuk Anak ini sudah dirilis Kemdikbud tahun 2016 lalu. Tapi melihat game ini masih beredar dan dimainkan oleh anak-anak, penting kiranya mengangkat topik ini sebagai bahan peringatan guru dan orang tua untuk mencegah hal-hal buruk terjadi pada buah hati.

Apakah bermain game semuanya buruk? Jawabnya tidak!

Penelitian menunjukkan game dapat melatih kreativitas, melatih kecepatan membuat keputusan, dan merangsang imajinasi daya pikir. Game yang seperti ini kebanyakan adalah game edukatif. Game jenis ini tidak berbahaya dan justru membantu anak dalam proses belajarnya.

Tapi, bagaimana kalau anak anda memilih game yang masuk kategori berbahaya? Tahukah anda apa saja game tersebut?

Baca juga: Cara Mudah Mengatasi Kecanduan Game pada Anak

Kemdikbud sendiri tidak menjelaskan detail definisi berbahaya yang dimaksud. Namun jika dicermati, memang ada unsur kekerasan pada game-game ini. Itu artinya, emosional dan sikap bersosial anak menjadi ancamannya.

Jika sampai kecanduan, ia berpotensi menjadi pribadi yang kurang punya rasa empati terhadap orang lain, tidak mau bergaul, dan acuh terhadap lingkungan sekitar. Bahayanya lagi, mental kekerasan ini bisa masuk dalam kesehariannya, dimana anak menjadi gampang marah dan sulit diatur.

Nah, sebelum hal buruk itu terjadi, mari kita perhatikan Daftar 15 Game Berbahaya oleh Kemdikbud:

1. World of Warcraft

2. Grand Theft Auto (GTA)

3. Call of Duty

4. Point Blank
5. Cross Fire
6. War Rock
7. Counter Strike

8. Mortal Combat

9. Future Cop
10. Carmageddon
11. Shelshock
12. Rising Force
13. Atlantica
14. Conflict Vietnam
15. Bully

Sumber: sahabatkeluarga.kemdikbud.go.id
Gambar : flickr.com


Sekarang tugas kita bersama untuk mengawasi anak agar tidak memainkan game di atas. Berat? Tentu saja. Sebab selain ada media canggih yang tersedia di rumah seperti smartphone, tablet, dan laptop, masih ada tempat-tempat yang sangat digemari anak: gerai playstation dan warnet. Tempat-tempat seperti ini ramai terutama di musim liburan.

Bagaimana, sudahkah anda punya metode mencegah anak bermain game-game berbahaya? Jika berkenan silahkan tulis di komentar bawah.

Namun jika sudah terlanjur bandel dan sulit diingatkan, sedikit cara paksa agaknya bisa jadi pilihan. Seperti tidak memberi kesempatan lagi memegang gadget, atau menjemput anak saat kedapatan berada di rental game online. Semoga artikel ini bermanfaat ..

Artikel Terkait: