Hasil Pretest/Seleksi Akademik PPG November 2019

Sejak hari pertama dimulainya Pretest/Seleksi Akademik PPGJ beberapa waktu lalu, langsung muncul banyak pertanyaan “berapa nilai saya?”, bagaimana cara melihat nilai pretest saya?” dan pertanyaan lain yang sejenis. Hal ini maklum sebab di layar komputer yang digunakan untuk mengerjakan soal, tidak langsung muncul skor/nilai begitu soal selesai dikerjakan. Beda halnya dengan Postest PKB atau Uji Kompetensi Guru dimana nilainya langsung muncul begitu selesai mengerjakan soal.

Pretest (Seleksi Akademik) PPG pertama kali dilaksanakan tahun 2017 lalu, untuk menjaring calon peserta PPG 2018 waktu itu yang sekaligus menghapus program sertifikasi lewat jalur PLPG. Semenjak itu, PPG terus berlanjut hingga saat ini untuk memberi kesempatan guru-guru yang sudah memenuhi syarat untuk mendapatkan tunjangan profesi (TPG).

Sehingga hasil pretest/seleksi akademik menjadi harapan para guru. Berharap tes ini adalah jalan awal untuk bisa meraih sertifikat pendidik, dan tunjangan profesi tentunya.

Materi yang diujikan pada pretest PPGJ masih meliputi meliputi 4 bidang, yaitu profesional, pedagogik, bakat minat, dan potensi akademik (TPA). Untuk bisa lulus, peserta diharuskan melampui passing grade/ambang batas.

Jumlah peserta yang lulus nantinya akan disesuaikan dengan kuota peserta PPG yang tersedia di masing-masing LPTK. Jadi seandainya jumlah yang lulus melebihi batas, maka kemungkinan bisa menjadi peserta di tahun berikutnya.

Untuk pelaksanaan PPG Dalam Jabatan tetap dilaksanakan dalam beberapa tahap, mulai dari pembelajaran daring, tatap muka, PPL dan UKMPP yang meliputi Uji Pengetahuan dan Uji Kinerja.

Hasil Seleksi Akademik PPG November 2019 (Update)

Bagi rekan-rekan guru yang mengikuti pretest di bulan November 2019 lalu, saat ini pengumuman hasilnya sudah resmi dirilis.

Hasil kelulusan pretest/seleksi akademik dapat dilihat di akun SIM-PKB masing-masing guru. Berikut panduan singkatnya:

1. Akses laman https://gtk.belajar.kemdikbud.go.id/gtk

2. Login dengan Nomor UKG dan kata sandi anda.

3. Akan muncul notifikasi keterangan Hasil Seleksi Akademik PPG berupa:
Lulus Tes Akademik Calon Peserta PPG Daljab, atau
Tidak Lulus Tes Akademik Calon Peserta PPG Daljab

4. Klik Selengkapnya untuk melihat informasi lebih lengkap mengenai Program PPG Daljab 2021.

lulus pretest ppg

Baca juga:
Konfirmasi Kesediaan dan Cetak Form A1 dan Pakta Integritas PPG
Lapor Diri dan Orientasi PPG Dalam Jabatan

Nah, itulah informasi sementara perihal pengumuman hasil seleksi akademik PPG bulan November 2019 lalu. Informasi terbaru tentang PPG Dalam Jabatan akan terus admin perbarui di blog ini, terima kasih.

Terima kasih telah mengunjungi lapak sederhana ini. Kehadiran dan dukungan Anda adalah penyemangat saya untuk terus menulis dan berbagi informasi tentang pendidikan. Semoga tulisan ini bermanfaat bagi Anda.