Tema dan Logo Hari Ibu ke 95 Tahun 2023

tema dan logo hari ibu

Peringatan Hari Ibu ke 95 bertepatan dengan hari Jumat, 22 Desember 2023. Hari Ibu oleh bangsa Indonesia diperingati tidak hanya untuk menghargai jasa-jasa perempuan sebagai seorang ibu, tetapi juga jasa perempuan secara menyeluruh, baik sebagai ibu dan istri maupun sebagai warga negara.

Peringatan Hari Ibu bertujuan mengingatkan seluruh rakyat Indonesia terutama generasi muda, akan makna Hari Ibu sebagai hari kebangkitan dan persatuan perjuangan kaum perempuan.

Nah, apa tema dan logo Peringatan Hari Ibu (PHI) Tahun 2023 ini?

Logo Hari Ibu ke 95 Tahun 2023

logo hari ibu 2023
Logo Hari Ibu ke 95 Tahun 2023 152kb

Makna:

  • Setangkai Bunga Melati - Kuntum : menggambarkan kasih sayang kodrati antara ibu dan anak; kekuatan, kesucian antara ibu dan pengorbanan anak; kesadaran perempuan untuk menggalang kesatuan dan persatuan, keikhlasan bakti dalam pembangunan bangsa dan negara
  • Angka 95: Sembilan puluh lima tahun sudah para perempuan Indonesia yang tergabung dalam berbagai organisasi dan lembaga swadaya masyarakat, baik secara kelompok maupun individu, turut berpartisipasi aktif membangun bangsa di berbagai sektor.
  • Merah Putih Berkibar : melambangkan bahwa bendera telah dikibarkan oleh para perempuan Indonesia, berarti perjuangan perempuan pantang menyerah mempertahankan dan mengisi kemerdekaan untuk kemajuan dan kesejahteraan bangsa.

Logo Acara:

logo acara
Logo Acara PHI 363kb

Warna dasar merah dan putih sebagai penggambaran Semangat Nasionalisme Perempuan Berdaya untuk Indonesia Maju.

Filosofi Logo:

  • Bentuk Bunga - Representasi dari cara berpikir perempuan berdaya: cerdas intelektual (ilmu), cerdas emosional (ikhlas/tabah), dan cerdas spiritual (iman), menebarkan pemikiran positif seperti bunga yang menebarkan aroma harum, karakter perempuan, seperti bunga yang menjadi simbolik kelembutan dan keindahan.
  • Bentuk Siluet dan Wajah Perempuan - Representasi dari sikap dan tindakan perempuan berdaya: tegas, namun lembut penuh cinta, menatap ke depan penuh percaya diri, tangguh, mampu menjalankan peran dalam berbagai aspek kehidupan secara seimbang dalam kesetaraan.

Tema Dan Subtema

Tema utama PHI ke-95 adalah "Perempuan Berdaya, Indonesia Maju".

Tema ini diharapkan memberi inspirasi kepada semua pihak untuk terus mendukung perempuan dan menyadari pentingnya peran mereka dalam mencapai kemajuan.

Adapun subtema-subtema untuk mendukung tema utama dalam PHI ke-95 adalah:

  • Subtema 1 : “Perempuan Bersuara”
    Subtema ini bermakna bahwa perempuan harus memiliki keberanian untuk menyampaikan aspirasi, gagasan, dan ide-ide untuk kemajuan bangsa.
  • Subtema 2 : “Perempuan Berdaya dan Berkarya”
    Subtema ini bermakna bahwa perempuan tidak hanya berdaya secara ekonomi, namun juga secara sosial budaya, dan kemampuan untuk mengambil peran dalam pengambilan keputusan melalui karya-karya nyata.
  • Subtema 3 : “Perempuan Peduli”
    Subtema ini bermakna bahwa perempuan memiliki kepedulian dalam berbagai isu dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.
  • Subtema 4 : “Perempuan dan Revolusi”
    Subtema ini bermakna bahwa perempuan telah mengambil peran dan berkontribusi dalam setiap perubahan dan dinamika untuk kemajuan bangsa.

Demikian yang dapat admin bagikan berkenaan dengan logo dan tema peringatan Hari Ibu tanggal 22 Desember. Semoga bermanfaat.

Source : Panduan Peringatan Hari Ibu ke-95 Tahun 2023

Terima kasih telah mengunjungi lapak sederhana ini. Kehadiran dan dukungan Anda adalah penyemangat saya untuk terus menulis dan berbagi informasi tentang pendidikan. Semoga tulisan ini bermanfaat bagi Anda.