Sinopsis Film “Jembatan Pensil”, Film Pendidikan yang Menginspirasi

Selama ini kita melihat film bertema pendidikan belum mencapai puncak popularitas dibanding genre film lain. Mungkin hanya Laskar Pelangi yang pernah mendobrak  kemapanan film genre drama anak muda yang selalu menguasai daftar film sukses tanah air.

Meski begitu, film bertema pendidikan selalu ditunggu-tunggu. Apalagi yang menceritakan kehidupan sekolah daerah pedalaman nan terpencil. Sebelumnya pasti anda tak asing dengan film ini:
  • Di Timur Matahari
  • Denias, Senandung di atas awan
  • Sokola Rimba
  • Atambua 39 Derajat Celcius
  • dan banyak lagi.

Nah, kali ini ada film serial terbaru yang punya kemiripan dengan film di atas berjudul : Jembatan Pensil.

Mengambil tempat di Perkampungan Muna, Sulawesi Tenggara, film ini sangat recommended buat pecinta film-film pendidikan. Guru dan pelajar sangat disarankan menonton film inspiratif ini.

Berikut detail film “Jembatan Pensil”:


Detail Film Jembatan Pensil
Sutradara Hasto Broto
Produser Tyas Abiyoga
Penulis naskah Exan Zen
Genre Drama
Produksi Grahandhika Visual
Tanggal rilis 7 September 2017
Produksi Grahandhika Visual
Pemain Kevin Julio, Meriam Bellina, Agung Saga, Alisia Rininta, Didi Mulya, Andi Bersama, Aska Marzuqi

Sinopsis Film Jembatan Pensil

Empat anak Sekolah Dasar bernama Inal, Aska, Nia dan Ondeng berjuang mencari pendidikan dari guru mereka di sebuah sekolah gratis. Inal dan Ondeng sama-sama memiliki kekurangan fisik dan mental. Inal adalah anak tuna netra, sedangkan Ondeng terbelakang secara mental.

Keterbatasan yang mereka miliki tak pernah sedikitpun melunturkan niat mereka mencari pendidikan. Ondeng, dengan cacat mentalnya, punya bakat menggambar sketsa. Kemampuan ini rutin ia lakukan untuk mengisi hari-harinya.

Seluruh peristiawa hidup ia abadikan lewat sketsa. Termasuk kehidupan ayahnya yang bekerja sebagai nelayan, dan juga jembatan rapuh yang biasa mereka lewati saat bersekolah.

Suatu hari, jembatan rapuh itu akhirnya rubuh saat keempatnya melintas. Musibah ini tak lantas mematahkan semangat mereka bersekolah. Mereka bercita-cita membangun kembali jembatan yang setiap hari mereka lalui itu.

- - -

Nah itulah sekelumit sinopsis film Jembatan Pensil yang tayang bulan September lalu. Intinya, film ini akan mengubah mindset terutama para pelajar di perkotaan tentang sulitnya mengkakses pendidikan.

Saat anak-anak di perkotaan memilih tidak serius dengan pendidikannya, di belahan bumi lain sana, di daerah-daerah pelosok tanah air, banyak anak yang rela menempuh perjalanan berliku untuk menuju sekolahnya. Semoga bermanfaat. .

Artikel Terkait: