Cara Daftar PPG/Sertikasi 2018 Lewat Akun SIM PKB

Akhir-akhir ini banyak yang mempertanyakan kelanjutan kabar program PPG yang muncul di akun SIM PKB masing-masing guru. Awalnya masih banyak yang ragu apakah perlu segera mendaftar, atau dibiarkan saja menunggu informasi resmi dari dinas setempat.

Apakah anda terundang ikut PPG? Jika tidak, silahkan baca dulu artikel Undangan PPG/Sertifikasi Tidak Muncul di Akun SIM PKB.

Kabar baiknya, saat ini sudah ada himbauan bahwa memang siapapun yang terundang mengikuti PPG seyogyanya segera mendaftarkan diri. Untuk lolos atau tidaknya, belum bisa dipastikan. Sebab nanti masih ada pretest untuk menentukan berhasil atau tidaknya ikut PPG tahun depan.

Jadi, bagi anda yang terundang jangan sampai mengabaikannya. Segeralah mendaftar. Kalau diabaikan (dengan alasan takut biaya tinggi, belum siap, dsb) takutnya anda dianggap mengundurkan diri atau sudah pernah mengikuti PLPG tahun sebelumnya.

Prosedur mendaftar PPG di SIM PKB cukup mudah. Tinggal ikuti alur yang muncul di akun SIM PKB anda mulai awal sampai akhir (sampai bisa mencetak Tanda Bukti Pengajuan Calon Peserta)..

Namun bagi yang masih kesulitan, silahkan ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Sebelum mulai, siapkan dulu scan ijazah D4/S1 asli (ukuran file maksimal 1 mb atau 1000 kb). Jika anda scan sendiri, kemungkinan ukurannya lebih besar. Jadi compress foto itu sampai ukuran maksimal 1 mb.
  2. Kalau sudah siap, kita bisa mulai dengan masuk di https://app.simpkb.id/auth/login. Masukkan email dan password seperti biasa.
  3. Pastikan yang muncul seperti, yang artinya anda terundang calon peserta PPG 2018.



Silahkan isi Data Mapel PPG dan Data Ijazah D4/S1.





Simpan Tanda Bukti Pengajuan Calon Peserta di komputer.

Setelah melakukan pendaftaran, tugas kita berikutnya adalah sering mengecek akun SIM PKB karena nanti LPMP Provinsi akan mengirimkan apakah pengajuan kita tersebut diterima atau ditolak.

Jika pengajuan diterima, mari bersiap-siap menghadapi prestest. Tapi kalau ditolak, periksa lagi letak kesalahannya dimana dan jika merasa yakin sudah benar, lakukan aduan pada kolom yang tersedia.

Sekian dulu share saya kali ini mengenai cara daftar PPG/Sertifikasi 2018 lewat akun SIM PKB. Mudah-mudahan membantu anda yang mencari informasi terkait hal ini. Wassalam.

Artikel Terkait: