Undangan PPG/Sertifikasi 2018 Tidak Muncul di Akun SIM PKB?

Salah satu berita paling hangat di lingkungan guru pekan ini adalah undangan sertifikasi/PPG yang muncul di akun SIM PKB.

Kabar ini tentu menghebohkan kita guru-guru yang belum sertifikasi. Sebab di saat sedang menunggu antrian jatah kapan akan diikutkan PLPG, tiba-tiba pemerintah (LPMP Pusat) mengundang kita secara langsung untuk mendaftar.

Apakah tahun 2018 nanti benar-benar jatah kita untuk mendapat sertifikasi pendidik?

Pertanyaan ini menimbulkan kegalauan tersendiri. Tidak semua rekan guru berani langsung mengklik tombol “mendaftar” dan mengupload berkas persayaratan.

Apa penyebabnya?

Karena belum ada edaran resmi sebelumnya mengenai hal ini. Pemerintah sebelumnya belum mensosialisasikan bagaimana mekanisme penentuan peserta sertifikasi/PPG tahun 2018.

Sehingga banyak guru khawatir jangan-jangan biaya PPG 2018 ditanggung sendiri. Selama ini santer tersiar kabar bahwa biaya Pendidikan Profesi Guru tidaklah kecil. Bahkan ada yang bilang sampai puluhan juta.

Sedangkan kalau kita terlanjur mendaftar dan mengundurkan diri, maka nama kita akan di blacklist dari keikutsertaan program sertifikasi.

Ketakutan itulah yang menjadi penyebab rekan guru belum berani mengambil keputusan, apakah perlu segera mendaftar PPG lewat akun SIM PKB atau tidak.

Baca juga: Cara Daftar PPG/Sertifikasi 2018 Lewat Akun SIM PKB

Penyebab Anda Tidak Terundang PPGJ Tahun 2018


Bagi anda yang di akun SIM PKB sudah muncul undangan PPGJ, selamat. Artinya data anda yang terkirim ke pusat sudah valid. Tinggal menunggu kepastian dan segera mendaftar.

Yang jadi masalah adalah akun SIM PKB anda tidak muncul undangan tersebut, padahal anda meyakini sudah masuk kriteria calon peserta. Anda tidak sendiri, banyak rekan guru lain yang mengalami.

Apa penyebabnya?

(yang jelas bukan karena kertas undangannya habis, hehe…)

Mengacu pada syarat umum calon peserta seleksi PPG 2018, ada 6 penyebab anda tidak diundang menjadi calon peserta:

1. Sudah punya sertifikasi pendidik.

Tentu saja kalau anda sudah mengikuti PLPG dan menerima tunjang profesi, status anda bukan lagi calon peserta. Undangan ini hanya ditujukan bagi guru yang belum memegang sertifikat pendidik.

2. Status kepegawaian adalah HONOR SEKOLAH atau GURU TIDAK TETAP YAYASAN.

Bagi tenaga sukwan yang gajinya bersumber dari internal sekolah, juga tidak ditetapkan menjadi calon peserta. PPGJ tahun 2018 ditujukan hanya bagi guru berstatus PNS/CPNS, Honor Daerah, atau Guru Tetap Yayasan.

3. Belum memiliki ijazah S-1/D-4

Calon peserta juga diharuskan sudah berijazah S-1/D-4. Bukan hanya itu, saat verifikasi nanti juga ditentukan apakah mata pelajaran sertifikasi linear atau tidak dengan program studi/jurusan kuliah dari calon peserta.

4. Per 2018, usia sudah memasuki 58 tahun.

Usia 58 tahun adalah batas akhir peserta yang berhak mengikuti PPG tahun 2018.

5. Teridentifikasi sebagai peserta PLPG/KG/UTN dari tahun sebelumnya.

Mungkin ada diantara anda yang sudah mengikuti PLPG namun belum lulus UTN, juga bukan menjadi calon peserta PPGJ 2018. Sebab program ini hanya dikhususkan bagi guru yang sama sekali belum pernah diundang mengikuti program sertifikasi.

Nah, itulah alasan mengapa di akun SIM PKB anda tidak muncul undangan calon peserta PPGJ. Sekarang, bagaimana kalau anda merasa tidak ada kekurangan di atas tapi tidak juga diundang?

Solusi Agar Muncul Undangan PPGJ 2018 di Akun SIM PKB


Kalau sudah memenuhi persyaratan, namun tak kunjung diundang, maka satu-satunya penyebab adalah kesalahan pada sumber data. Sumber data yang dimaksud adalah kesalahan pada Dapodik.

Silahkan berkoordinasi dengan operator sekolah untuk mengecek kebenaran data anda.

Sekedar saran, perhatikan 3 hal ini: TMT Pengangkatan, pendidikan terakhir, dan status kepegawaian. Kalau ternyata ada yang salah, segera betulkan dan sinkronisasi. Tunggu beberapa hari untuk melihat perubahan di akun SIM PKN anda.

Mungkin itu saja share saya kali ini tentang solusi tidak munculnya undangan calon peserta PPGJ tahun 2018 lewat akun SIM PKB. Mudah-mudahan bermanfaat bagi anda dan semoga guru-guru yang belum terjaring sertifkasi segera terjaring semuanya, amiiin..

Artikel Terkait: