Sejarah Lahirnya Hari Guru 25 November

Hari Guru Nasional merupakan hari yang ditetapkan untuk memberi pernghargaan kepada para guru. Setiap negara berbeda memperingatinya. Di negara kita seperti kita tahu Hari Guru ditetapkan tanggal 25 Nopember.

Meski bukan hari libur nasional, perayaan Hari Guru tetap gegap gempita terutama di lembaga-lembaga pendidikan, dengan diadakannya upacara-upacara, serta pemberian penghargaan kepada guru, kepala sekolah, dan pejuang pendidikan lainnya.

Apa dan bagaimana awal mula Hari Guru?

Hari Guru Nasional sebenarnya adalah hari ulang tahun PGRI (Persatuan Guru Republik Indonesia). Sejarah mencatat, pada guru telah berjuang lewat wadah Persatuan Guru Hindia Belanda (PGHB) di tahun 1912. Anggota PGHB terdiri dari guru bantu, guru desa, kepala sekolah, dan pemilik sekolah. Pada masa ini, organisasi-organisasi guru mulai berkembang dengan latar belakang yang berbeda meliputi keagamaan, kebangsaan dan sebagainya.

Pada tahun 1932 (empat tahun setelah Sumpah Pemuda) organisasi PGHB diubah menjadi Persatuan Guru Indonesia (PGI). Munculnya kata “Indonesia” tentu saja mengejutkan pemerintah Belanda. Sebab saat itu organisasi yang menggunakan kata Indonesia dicurigai menyimpan semangat kemerdekaan.

Namun bagi para guru, nama baru itu meningkatkan cita-cita dari yang awalnya hanya tuntutan perbaikan dan kesamaan hak dengan Belanda, menjadi cita-cita kemerdekaan bangsa Indonesia. Jabatan Kepala HIS (Sekolah Belanda untuk bumi putera) secara bertahap juga mulai diambil alih orang Indonesia.

Pada masa Jepang, seluruh organisasi dilarang. Akibatnya, PGI bungkam.

Akhirnya, proklamasi kemerdekaan 17 Agustus 1945 menjadi spirit baru bagi PGI untuk bergaung kembali. Kongres Guru Indonesia yang pertama berhasil digelar pada tanggal 24-25 Nopember 1945 di Suarakarta.

Peserta Kongres akhirnya menetakan tanggal 25 Nopember sebagai hari lahir Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI). Inilah awal mula bersatunya guru-guru dari beragam latar belakang pendidikan, politik agama, dann suku. Mereka juga sepakat menghapus organisasi lain selain PGRI.

Kapan 25 Nopember ditetapkan sebagai Hari Guru Nasional?

Tanggal ditetapkannya Hari Guru Nasional tanggal 25 Nopember adalah berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 78 Tahun 1994 dengan penguatan Undang-undang No 14 Tahun 2005. Berarti sampai saat ini (2017) sudah 23 tahun Hari Guru diperingati.

Baiklah, demikian sejarah lahirnya Hari Guru Nasional tanggal 25 Nopember. Momen ini sangatlah tepat digunakan untuk refleksi yang mendalam tentang efekstivitas peran guru di zaman now. Bagaimanapun, dengan tantangan yang semakin kompleks, guru dituntut untuk adaptif terhadap segala perubahan dan perkembangan.

Artikel Terkait: