Skip to main content

follow us

Hari Juang Kartika TNI AD atau dulu disebut Hari Infanteri diperingati setiap tanggal 15 Desember, didasarkan pada peristiwa heroik pasukan Tentara Keamanan Rakyat (TKR) yang dipimpin oleh Panglima Jenderal Soedirman untuk mengusir tentara sekutu di Ambarawa, Jawa Tengah. Pertempuran yang berakhir dengan kemenangan tentara pada tanggal 15 Desember 1945 ini kemudian dikenal dengan Palagan Ambarawa.

Peristiwa sejarah ini menyimpan pesan yang begitu dalam bagi kita, bahwa dengan modal tekad, semangat yang kuat, meski dengan senjata dan perlengkapan yang amat sederhana, TNI bersama rakyat berhasil memenangkan pertempuran secara gemilang. Slogan ”Rawe-rawe rantas malang-malang putung, patah tumbuh hilang berganti” pun masih menggema hingga saat ini, dan menjadi pembakar semangat dalam berbagai kesempatan.

Kita sebagai masyarakat sipil tentu sadar betul peran TNI yang sangat besar. TNI adalah benteng penjaga kedaulatan negara kita. TNI juga yang selalu siap jika sewaktu-waktu ada ancaman yang mengancam bangsa ini. Maka dengan slogan Bersama Rakyat TNI Kuat atau yang sekarang “Manunggaling Bersama Rakyat, TNI Kuat” merupakan ajakan dari TNI. Kita sebagai warga biasa sudah seharusnya mendukung kerja TNI.

Nah, terkait dengan perayaan Hari Juang Kartika ke-73 Tahun 2018 ini, TNI AD selaku pemilik hajat hari besar ini telah menggelar berbagai agenda kegiatan. Diantaranya Pameran Alutsista, Fun Walk, Festival Band, Fun Bike, dan Fun Aerobic, yang tentu melibatkan masyarakat dari berbagai kalangan. Perayaan HJK tahun ini dipusatkan di Ambarawa, Kabupaten Semarang pada hari Sabtu, 15 Desember 2018.

Tema, Logo dan Banner Hari Juang Kartika 2018

Tema yang diambil pada perayaan Hari Juang Kartika ke 73 Tahun 2018 adalah “TNI AD Mengabdi dan Membangun Bersama Rakyat".

Logo:

Banner:

Beberapa Ucapan Selamat Hari Juang Kartika 2018

1. Dirgahayu Hari Juang Kartika TNI-AD ke 73, Jayalah selalu TNI-AD!

2. Dirgahayu Hari Juang Kartika TNI-AD 2018. Kemerdekaan satu negara yang didirikan di atas timbunan runtuhan ribuan jiwa harta benda dari rakyat dan bangsanya, tidak akan dapat dilenyapkan manusia siapapun juga.

3. Selamat Hari Juang Kartika TNI Angkatan Darat 15 Desember 2018.

4. Hari Juang Kartika. Kobaran Semangat Perjuangan, Tak Lagi Bisa Ditawar.

5. Hari Infanteri 15-12.

Itulah beberapa ucapan Selamat Hari Juang Kartika ke 73 yang kiranya menginspirasi anda semua. Semoga bermanfaat..

Artikel Lainnya: