Cara Verifikasi NIK dengan NIP di MyASN

Langkah mudah melakukan verifikasi Nomor Induk Kependudukan (NIK) dengan Nomor Induk Pegawai (NIP) di layanan MyASN.
verifikasi nik myasn

Layanan MyASN merupakan layanan perorangan ASN yang ditujukan untuk seluruh Pegawai ASN baik PNS maupun PPPK sehingga mempermudah dan mempercepat proses peremajaan data pegawai yang dapat dilakukan secara mandiri.

Di MyASN terdapat banyak fitur seperti mencetak Kartu ASN Virtual yang dilengkapi dengan QR code, update riwayat data secara mandiri, dan lainnya.

Salah satu fitur MyASN yaitu verifikasi data NIK dengan NIP ASN. Untuk melakukan verifikasi NIK dengan NIP caranya sangat mudah, berikut langkah-langkahnya:

1. Home

Silahkan menuju halaman https://myasn.bkn.go.id/ untuk dapat menuju Layanan MyASN. Lakukan login dengan memasukkan username dan password setiap ASN.

login myasn

2. Update Data - Riwayat Ubah Profile

Selanjutnya klik sidebar "Home", lalu klik tombol "Riwayat Ubah Profile" untuk dapat mengakses data pribadi pegawai. Terdapat 3 sub data berupa Informasi Utama, Kontak Pribadi dan Data Pendukung.

riwayat ubah profile myasn

3. Edit Profile - Data Pendukung

Pada halaman "Edit Profil", silahkan scroll ke bawah halaman, menuju sub data "Data Pendukung" untuk melakukan verifikasi Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan Nomor Kartu Keluarga (Nomor KK) Anda. Ketikkan NIK dan Nomor KK pada kolom yang disediakan, lalu klik tombol "Verifikasi NIK".

verifikasi nik

Jika muncul pop up "Konfirmasi", klik "Iya".

konfirmasi

Jika NIK dan Nomor KK Anda telah terdaftar dan terverifikasi pada Direktorat Jenderal Kependudukan dan Catatan Sipil (Ditjen Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri, maka akan muncul informasi “NIK TERVERIFIKASI” seperti dibawah ini.

nik terverifikasi

Jika sudah mengklik tombol "Verifikasi NIK" namun tulisan “NIK TERVERIFIKASI” belum muncul, coba lakukan reload halaman.

Sementara itu, jika NIK atau Nomor KK Anda tidak terdaftar atau terdeteksi tidak sesuai pada Ditjen Dukcapil, maka akan muncul informasi “Data Anda Tidak Sesuai” seperti di bawah ini. Silahkan menghubungi Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil untuk dapat melakukan perbaikan data NIK dan Nomor KK Anda.

verifikasi gagal

Demikian paparan singkat mengenai salah satu fitur MyASN yaitu verifikasi data NIK dan KK. Semoga bermanfaat.

Guru biasa yang ingin belajar dan berbagi.