ijazah.ristekdikti.go.id Alamat Cek Keabsahan Nomor Ijazah

cek nomor ijazah

Bagi kita yang berprofesi sebagai guru, peran ijazah begitu penting. Sampai-sampai ada yang rela kuliah di usia lanjut, hanya untuk menyesuaikan bidang studi ijazah dengan tugas mengajar sehari-hari. Termasuk dalam pretest PPGJ kemarin, calon peserta diminta mengupload scan ijazah asli dalam posisi yang tepat. Sentralnya peran ijazah pendidikan saya yakin tak perlu dijelaskan lagi.

Tapi pertanyaannya, apakah ijazah yang anda miliki saat ini benar-benar valid dan tercatat di Kemristek Dikti?

Perlu diketahui, saat ini masih banyak kasus penipuan (pemalsuan) ijazah. Biasanya modusnya dengan menjanjikan kuliah dalam tempo cepat, atau bahkan tidak kuliah sama sekali bisa langsung dapat ijazah. Untuk ukuran orang normal, tawaran seperti ini pasti langsung dianggap penipuan. Tapi bagi orang yang merasa sangat butuh ijazah untuk keperluan tertentu, tawaran seperti ini diterima. Merekapun memperoleh ijazah, namun ijazahnya abal-abal alias palsu.

Lalu, seperti apa ijazah yang asli?

Ijazah yang asli tentu saja yang nomornya terdaftar resmi di kantor Kemristek Dikti. Untuk mengecek keabsahan ijazah tersebut, kita bisa mengeceknya lewat Sistem Verifikasi Ijazah Secara Elektronik (SIVIL). Berikut ini langkah-langkahnya:

1. Masuk ke laman ijazah.ristekdikti.go.id.
Isikan kolom yang disediakan (perguruan tinggi, nomor ijazah, dan angka pengaman). Tekan Verifikasi.

2. Muncul hasil verifikasi. Jika data ditemukan, berarti ijazah kita sudah terdaftar dan valid.

Tapi bagaimana seandainya tidak terdaftar?
Apabila nomor ijazah anda tidak terdaftar, bukan berarti ijazah anda palsu. Silahkan menghubungi Perguruan Tinggi yang menerbitkan ijazah untuk memastikan data anda telah dilaporkan melalui PD-DIKTI.

Demikian informasi mengenai cek ijazah sudah terdaftar atau belum di laman Kemristek Dikti, semoga bermanfaat . . .

Terima kasih telah mengunjungi lapak sederhana ini. Kehadiran dan dukungan Anda adalah penyemangat saya untuk terus menulis dan berbagi informasi tentang pendidikan. Semoga tulisan ini bermanfaat bagi Anda.