Skip to main content

follow us

Pretest PPG Tahap 2 dimulai pada awal bulan Mei 2018, untuk melanjutkan pretest tahap I yang dilaksanakan bulan November tahun lalu. Pada pretest kedua ini, ada dua kelompok peserta, yaitu mereka yang belum sempat terdaftar ikut pretest pertama lalu, dan mereka yang sudah ikut pretest namun dinyatakan tidak lulus. Jadi, jumlah peserta kali ini jauh lebih banyak dibanding yang pertama.

Salah satu hal penting yang tak boleh diremehkan oleh setiap peserta adalah bagaimana cara mulai mengerjakan pretest, apa yang harus dilakukan saat pertama kali duduk di depan komputer, sebelum mulai mengerjakan.

Mengapa ini penting? Sebab tidak semua guru familiar dengan tampilan soal berbasis online seperti ini. Meski sebelumnya sudah ada Uji Kompetensi Guru (UKG) tahun 2015 yang juga berbasis online, tapi tetap saja penting untuk punya gambaran awal (tutorial) memulai pengerjaan soal. Jangan sampai persiapan maksimal anda menjadi sia-sia hanya karena terkendala masalah teknis pengerjaan.

Berikut ini tahap-tahap cara mulai mengerjakan soal pretest PPG 2018:

1. Siapkan mental dulu, hehehe...
2. Pada tampilan awal, anda harus LOGIN untuk bisa masuk ke soal ujian.


ID Ujian : Nomor UKG / ID Pretest
Validasi : Token Ujian (yang tertera pada lembar yang anda cetak dari SIM PKB)

3. Setelah berhasil LOGIN, muncul tampilan berikut:


Ada 4 sub mata ujian yang akan diujikan, yaitu Profesional (sesuai mapel masing-masing), Minat dan Bakat, Pedagogik, dan Tes Potensi Akademik. Setiap sub mata ujian memiliki durasi waktu yang berbeda.

(Perhatian: Pada tahap ini, perhatikan dan ikuti arahan dari admin/pengawas yang bertugas)

Saat anda diminta melakukan latihan terlebih dahulu, klik tombol “Latihan” untuk memulai.

4. Setelah selesai latihan, sekarang anda bisa mulai mengerjakan soal pretest. Caranya, pilih salah satu dari mata ujian yang anda ingin kerjakan terlebih dulu, selanjutnya “Ikut Ujian”.


5. Untuk mengerjakan soal pilihan ganda, ada 2 pilihan cara untuk menjawab. Pertama menggunakan mouse, kedua menggunakan huruf di keyboard.

#Jika memakai mouse, anda cukup mengklik Jawaban A, B, C, atau D sampai warnanya berubah menjadi merah. Lalu untuk menuju soal berikutnya, anda klik tombol nomor soal 1, 2, 3 dan seterusnya yang berada di bagian kanan layar desktop.


Sedangkan jika anda memilih menggunakan keyboard, perhatikan beberapa fungsi tombol berikut ini.


  • Tombol A, B, C, atau D untuk memilih jawaban
  • Spasi untuk melanjutkan ke soal berikutnya
  • BACKSPACE untuk membuka soal sebelumnya
  • Tombol panah untuk menggeser layar monitor ke kiri, atas, kanan, bawah
  • Tombol R untuk merefresh layar monitor
  • Tombol plus (+) untuk memperbesar layar monitor
  • Tombol (-) untuk memperkecil layar monitor
  • Angka nol (0) untuk menormalkan layar monitor

Selanjutnya untuk soal berbentuk essay/uraian, anda cukup mengetik jawaban pada kolom yang tersedia. Seperti tampak berikut ini,


6. Saat anda sudah selesai mengerjakan satu mata ujian, dan tidak ingin menunggu waktu habis, tekan tombol “telapak tangan” yang ada di pojok kanan layar dan ikuti arahan yang muncul. Namun jika ingin memaksimalkan waktu yang ada, tunggu sampai waktu habis dan soal otomatis akan berhenti.

7. Setiap selesai menyelesaikan satu mata ujian, anda akan diminta LOGIN kembali dengan memasukkan ID Pretest dan Token Ujian seperti tahap awal. Begitu seterusnya sampai 4 mata ujian berhasil anda selesaikan.

Saran:
  • Saat mengerjakan ujian, ada baiknya sering melirik waktu yang tersisa. Banyak pengalaman rekan yang kaget setelah melihat waktu yang tersisa tinggal sedikit padahal masih banyak soal yang belum dikerjakan.
  • Jangan ragu untuk bertanya kepada admin/petugas apabila menemui kendala.


Demikian sedikit ulasan mengenai cara memulai mengerjakan soal pretest PPG2018. Sekiranya artikel ini bisa memberi gambaran awal khususnya bagi anda yang baru pertama kali mengikuti ujian pretest PPG. Semoga bermanfaat...

Artikel Lainnya:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar