Skip to main content

follow us

Mind mapping, atau yang bisa disebut peta konsep adalah cara mengorganisasi pikiran dengan membuat cabang-cabang yang saling berhubungan. Mind mapping dianggap sebagai cara termudah untuk mengingat informasi, karena mampu melihat gambaran secara menyeluruh hanya dengan bantuan gambar bercabang.

Sebagai guru, seharusnya kita tidak asing dengan mind mapping. Mind mapping bisa kita pakai sebagai catatan kecil berisi bahan materi yang akan kita ajarkan kepada siswa. Mind mapping juga dapat kita gunakan sebagai media pembelajaran, dengan menampilkannya pada layar proyektor.

Dari banyaknya manfaat yang diperoleh dari membuat mind mapping, yang paling terasa adalah waktu belajar bisa lebih dihemat (efisien). Setelah guru membaca buku atau menyiapkan bahan ajar, lalu langsung membuat mind mapping, maka tidak perlu lagi membaca buku itu, cukup mengulangi mind mappingnya saja. Hal sama juga bisa dilakukan oleh siswa.

Baiklah, dengan pentingnya mind mapping dalam membantu tugas guru, pertanyaan berikutnya adalah, “Bagaimana cara paling mudah dalam membuat mind mapping?”.

Tentu sebagai guru kita tidak perlu cara-cara ribet, menggunakan tools yang rumit dan berbayar, meskipun boleh juga sebenarnya. Tetapi yang terpenting adalah mind mapping nya jadi dan membantu tugas kita mengajar.

Membuat Mind Mapping dengan Power Point / Ms. Word

Cara yang pertama adalah membuat mind mapping dengan power point atau word. Silahkan disesuaikan tujuannya, jika mind map hendak dipresentasikan akan lebih baik langsung memakai power point. Namun jika tujuannya membuat modul/bahan ajar untuk dicetak, lebih baik memilih ms. Word.

Cara ini terbilang mudah karena 2 aplikasi ini hampir pasti terinstall di semua laptop. Biar lebih mudah dan cepat, pastikan anda sudah mencatat dulu mind map yang akan dibuat di selembar kertas.

Untuk yang ingin memakai power point, silahkan buka aplikasinya dulu. Lalu masuk ke menu Insert, pilih SmarArt, pilih Hierarchy. Disana ada beberapa pilihan template yang bisa bapak/ibu kreasikan.

Contoh membuat mind mapping dengan power point:

Untuk yang ingin memakai ms word, caranya sama yaitu dengan memilih menu Insert > SmarArt > Hierarchy. Berikut contoh membuat mind mapping dengan word:

Membuat Mind Mapping secara Online

Berikutnya adalah membuat mind mapping secara online. Menurut saya ini cara paling mudah, dan hanya perlu mendaftar dengan alamat email. Berbeda dengan power point dan word, dengan online mind map yang dihasilkan bisa lebih menarik dengan style yang beragam.

Sebenarnya ada banyak web aplikasi khusus membuat mind map, dengan kelebihan dan kekurangan masing-masing. Silahkan memilih yang Bapak/Ibu anggap paling mudah. Berikut ini tiga diantaranya.

1. MindMup

Meskipun layanan gratis di MindMup hanya dibatasi maksimal berukuran 100 kb, tapi menurut saya itu sudah cukup membantu tugas kita.

2. Venngage

Sebenarnya vengage lebih cocok membuat infografis, namun bagus juga untuk membuat mind map. Disini banyak template/style menarik yang bisa kita pilih.

3. MindMeister

Dengan mendaftarkan email, kita sudah bisa menikmati fitur import, collaborate, share serta layanan MindMeister hingga 3 mind map.

Mudah-mudahan sedikit uraian tentang cara membuat mind mapping untuk media pembelajaran ini bisa bermanfaat untuk anda. Saya sendiri merasakan betul manfaat dari mind mapping seprti ini, dan terbantu terutama untuk meringkas materi-materi yang akan diajarkan pada siswa.

Artikel Lainnya:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar