Pedoman Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN) 2021

hari kesetiakawanan sosial nasional

Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional termasuk hari besar yang kurang begitu familiar di telinga kita. Mungkin karena jatuhnya di bulan Desember, dan berdekatan dengan Hari Ibu yang jauh lebih populer. Namun karena ini juga hari penting, maka setidaknya kita sedikit tahu sejarah hari besar ini.

HKSN diperingati tiap tanggal 20 Desember. Penetapan tanggal ini berhubungan dengan penetapan hari bela negara (19 Desember), dimana pada tanggal itu di tahun 1948 terjadi Agresi Militer Belanda ke-2. Nah, peringatan HKSN adalah ungkapan rasa syukur dan hormat atas keberhasilan seluruh lapisan masyarakat Indonesia dalam menghadapi ancaman bangsa lain yang ingin menjajah kembali bangsa kita.

Dalam konteks sekarang, HKSN dilakukan untuk menggerakkan kembali nilai-nilai kesetiakawanan sosial yang ada di masyarakat, sebab hanya dengan persatuan lah masalah-masalah bangsa bisa teratasi.

Pengertian HKSN

Kesetiakawanan Sosial adalah nilai, sikap dan perilaku sosial yang mengatur hubungan sosial antara warga satu dengan lainnya dengan menumbuhkan sikap dan tindakan saling peduli dan berbagi yang dilandasi oleh altruistik, kerelaan, kesetiaan, kebersamaan, toleransi, dan kesetaraan guna meningkatkan harkat, martabat dan harga diri setiap warga negara Indonesia.

Filosofi Kesetiakawanan Sosial adalah kepekaan rasa ingin menjadi bagian atau terlibat dari suatu keadaan sehingga muncul keinginan untuk menolong secara sukarela/ tanpa pamrih. Esensi dari Peringatan HKSN adalah untuk menggugah perasaan, empati terhadap kesulitan orang lain secara bersama-sama melalui aksi nyata (togetherness for willingness/ Menggugah kesadaran bersama untuk kebaikan semua).

Tujuan HKSN

Tujuan Peringatan Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional adalah:

  1. Untuk membangun ingatan kolektif seluruh elemen masyarakat Indonesia tanpa kecuali, agar nilai-nilai kesetiakawanan sosial tetap kuat sebagai modal sosial.
  2. Sebagai stimulus berbagai gerakan peduli dan aksi sosial di masyakarat dalam bentuk apapun, sehingga dapat menimbulkan kerekatan sosial, meminimalisir kesenjangan sosial dan menciptakan kedaulatan sosial.

Logo dan Tema HKSN 2021

Logo HKSN 2021
Sumber: kemensos.go.id

Tema : Perkokoh Solidaritas Indonesia Sejahtera

Makna Logo :

  1. Genggaman yang solid seperti menjaga rasa saling percaya antar satu dan yang lainnya dengan menjunjung tinggi tujuan bersama.
  2. Bercermin kepada slogan Bhineka Tunggal Ika, bahwasannya walaupun berbeda namun tetap satu jua. Seluruh kalangan baik dari yang muda maupun yang tua saling bersinergi di tengah perbedaan hingga dapat menciptakan gelombang semangat persatuan.
  3. Diantara keberagaman masyarakat Indonesia hanya ada satu tujuan konkret yang hendaknya diwujudkan secara bersama yaitu untuk terus mempertahankan keutuhan dan persatuan Indonesia.
  4. Hendaknya untuk dapat mewujudkan segala cita-cita dan harapan bangsa yaitu dengan bersatu. Memiliki visi, misi, cita, dan asa yang satu dan mengedepankan kepentingan bersama daripada pribadi agar tujuan bersama dapat tercapai.

Mudah-mudahan adanya Hari Kesetiakawanan Sosial ini membawa semangat bagi kita untuk selalu mengedepankan sikap bersahabat dengan siapapun di sekitar kita. Sebab dengan bersatu padu dan mengesampingkan segala perbedaan, maka konflik dapat dihindari dan rasa nyaman akan kita rasakan bersama.

Terima kasih telah mengunjungi lapak sederhana ini. Kehadiran dan dukungan Anda adalah penyemangat saya untuk terus menulis dan berbagi informasi tentang pendidikan. Semoga tulisan ini bermanfaat bagi Anda.