30 Lambang/Logo Bidang Pendidikan

logo pendidikan

Logo atau lambang merupakan identitas yang dimiliki oleh suatu lembaga, organisasi atau instansi. Logo biasanya memiliki makna yang mewakili ciri tertentu dari suatu organisasi. Setiap orang yang bekerja di bawah naungan suatu organisasi, tentu harus tahu bentuk logo juga arti dari bagian-bagiannya.

Tak terkecuali guru, siswa, dan warga pendidikan lainnya. Logo biasanya diperlukan untuk keperluan membuat kop surat, bendera/spanduk, dan lain-lain. Untuk keperluan tersebut, biasanya kita mencari yang berformat PNG (background transparan) agar lebih mudah ditempatkan tempat yang kita inginkan.

Baiklah, berikut ini berbagai logo yang umum dipakai di dunia pendidikan. Bagi anda yang membutuhkan, silahkan klik tulisan unduh logo di bawah gambar untuk mendapatkan logo berformat PNG dengan ukuran yang lebih besar.

Daftar Logo

1. Bantuan Operasional Sekolah (BOS)

logo bos sekolah
Logo BOS.png 27kb

2. Data Pokok Pendidikan (Dapodik)

logo dapodik terbaru
Logo Dapodik.png 57kb

Logo dapodik tersebut merupakan hasil sayembara yang diadakan pada September 2019. Logo tersebut masih digunakan sampai saat ini.

3. Dharma Wanita Persatuan

logo dharma wanita
Logo Dharma Wanita.png 318kb

Organisasi yang beranggotakan istri PNS ini memiliki logo berbentuk lingkaran. Berisi gambar bunga melati, padi dan kapas, rantai, dan buku. Warna-warnanya adalah merah, putih, kuning, dan hijau.

4. Himpunan Pendidik Anak Usia Dini Indonesia (HIMPAUDI)

logo himpaudi
Logo HIMPAUDI.png 150kb

Himpaudi memiliki logo seperti di atas, yang berisi bendera merah putih berkibar, lompatan anak dan orang dewasa memegang bendera, dan hati diantara anak dan orang dewasa. Warna-warnanya adalah merah, putih, kuning emas, dan biru.

5. Ikatan Guru Indonesia (IGI)

logo ikatan guru indonesia
Logo IGI.png 75kb

IGI atau Ikatan Guru Indonesia juga merupakan salah satu organisasi profesi guru. Logo IGI berbentuk guru, murid, buku terbuka, lingkaran, dan tulisan Ikatan Guru Indonesia. Warnanya terdiri dari biru tua, biru muda, dan putih.

6. Ikatan Guru Roudlotul Athfal (IGRA)

logo igra
Logo IGRA.png 420kb

IGRA merupakan organisasi profesi yang merupakan wadah pembinaan kepala sekolah dan guru Raudlatul Athfal, Bustanul Athfal dan Tarbiyatul Athfal.

7. Ikatan Guru Taman Kanak-kanak Indonesia (IGTKI)

logo igtki
Logo IGTKI.png 0,98mb

Logo IGTKI berbentuk segilima dengan tata warna hitam, kuning, hijau, merah dan putih

8. Kampus Merdeka

logo kampus merdeka
Logo Kampus Merdeka.png 240kb

Logo Kampus Merdeka Indonesia Jaya memiliki tiga pesan kunci antara lain adalah semangat gotong-royong, semangat belajar yang kreatif dan inovatif, semangat menghasilkan generasi emas untuk Indonesia di masa depan.

9. Kementerian Agama

logo kemenag png
Logo Kemenag.png 131kb

Logo ini adalah logo penting bagi lembaga-lembaga di bawah naungan Kementerian Agama. Berbentuk segi lima, berisi bintang bersudut lima, butiran padi dan kapas, kitab suci, alas kitab suci, kalimat “Ikhlas Beramal”, dan perisai. Warnanya adalah hijau, putih, dan kuning emas.

10. Komite Sekolah

logo komite sekolah
Logo Komite Sekolah.png 112kb

Komite Sekolah adalah badan mandiri yang mewadahi peran serta masyarakat dalam rangka meningkatkan mutu, pemerataan, dan efisiensi pengelolaan pendidikan di satuan pendidikan, baik pada pendidikan pra sekolah, jalur pendidikan sekolah maupun jalur pendidikan di luar sekolah

11. Koperasi Indonesia

logo koperasi indonesia
Logo Koperasi Indonesia.png 306kb

Logo koperasi memiliki unsur pohon beringin, rantai, padi dan kapas, roda gerigi, bintang dan timbangan dalam perisai. Lambang-lambang yang ada dalam logo ini, diadaptasi dari lambang negara Indonesia, Pancasila.

12. Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri)

logo korpri
Logo Korpri.png 202kb

Lambang Korpri adalah lambang organisasi Korpri dengan bentuk dasar terdiri dari pohon, bangunan berbentuk balairung serta sayap yang dilengkapi dengan berbagai ornamen.

13. Kurikulum 2013

logo kurikulum 2013
Logo Kurikulum 2013.png 134kb

14. Lembaga Pendidikan Ma’arif NU

logo lp maarif nu
Logo Maarif NU.png 0,93mb

15. Majelis Dikdasmen PP Muhammadiyah

majelis dikdasmen muhammadiyah
Logo Dikdasmen Muhammadiyah.png 158kb

16. Merdeka Belajar

logo merdeka belajar
Logo Merdeka Belajar.png 124kb

Logo Merdeka Belajar mulai diluncurkan pada tanggal 27 September 2021. Logo ini boleh dipublikasi oleh publik, dengan tujuan kampanye Merdeka Belajar dapat disebarluaskan kepada masyarakat.

17. Merdeka Mengajar

logo merdeka mengajar
Logo Merdeka Mengajar.png 40kb

18. Organisasi Siswa Intra Sekolah

logo osis
Logo OSIS SD 370kb
Logo OSIS SMP 297kb
Logo OSIS SMA 79kb

Perbedaan yang paling mencolok antara logo OSIS SMP dan SMA adalah warna dasarnya. Jika SMP berwarna dasar kuning, untuk SMA berwarna dasar coklat. Sedangkan untuk SD, sebenarnya itu bukan logo OSIS, mengingat di SD belum diperkenalkan OSIS. Tetapi karena terpasang di badge siswa, banyak yang menyebut itu logo OSIS SD.

19. Palang Merah Remaja (PMR)

logo pmr
Logo PMR Mula.png 116kb
Logo PMR Madya.png 36kb
Logo PMR Wira.png 35kb

Logo PMR dibedakan antara PMR Mula (SD), PMR Madya (SMP), dan PMR Wira (SMA). Perbedaannya terletak pada warna dasarnya. Untuk Mula berwarna hijau, Madya berwarna biru, dan Wira berwarna kuning.

20. Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka)

logo paskibra
Logo Paskibra.png 297kb

Biasanya di tiap-tiap sekolah memiliki logo paskibra masing-masing sebagai identitas. Tetapi, inilah logo yang dipakai secara nasional.

21. Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)

logo paud
Logo PAUD.png 0,97kb

Logo PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) berbentuk segi lima berisi gambar orang tua menuntun anak, lingkaran di perut, tiga buku, dan kalimat Sehat, Cerdas, Ceria. Warnanya antara lain biru muda, kuning emas, hitam dan putih.

22. Pendidikan Guru Penggerak (PGP)

logo pendidikan guru penggerak
Logo PGP.png 96kb

23. Pendidikan Profesi Guru (PPG)

logo ppg
Logo PPG.png 77kb

24. Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI)

logo pgri
Logo PGRI.png 338kb

PGRI (Persatuan Guru Republik Indonesia) merupakan organisasi guru di tanah air. Logonya berbentuk cakra/lingkaran yang berisi: suluh berdiri tegak bercorak 4 garis tegak dan datar, nyala api dengan 5 sinar warna merah, dan empat buku mengapit suluh. Warna-warna pada logo ini adalah merah, putih, kuning dan hijau.

25. Praja Muda Karana (Pramuka)

logo tunas kelapa
Logo Pramuka.png 15kb

Lambang Pramuka tunas kelapa memiliki makna yang mendalam. Makna ini menggambarkan cita-cita Pramuka untuk berkorban dan bermanfaat bagi bangsa dan negara.

26. Rumah Belajar

rumah belajar
Logo Rumah Belajar.png 101kb

27. SMK Bisa - Hebat

loga smk
Logo SMK.png 256kb

28. Taman Kanak-kanak (TK)

logo tk
Logo TK.png 165kb

Logo TK berbentuk bulat di dalamnya memiliki warna dasar biru, terdapat siswa putra dan putri, padi dan kapas, kemudian Huruf T dan K yang merupakan singkatan Taman Kanak-kanak dan Bendera Merah Putih bagian atas.

29. Tut Wuri Handayani (Kemendikbudristek)

logo tut wuri handayani
Logo Tut Wuri Handayani.png 62kb

Logo tut wuri handayani atau logo Kemendikbud berbentuk segi lima. Bagian-bagiannya terdiri dari belencong menyala bermotif garuda, buku, dan teks (semboyan) tut wuri handayani. Warna-warna di dalam logo ini adalah biru muda, putih dan kuning emas.

30. Usaha Kesehatan Sekolah (UKS)

logo uks
Logo UKS.png 139kb

UKS atau Usaha Kesehatan Sekolah mempunyai logo berbentuk segitiga sama sisi. Di dalamnya terdapat sebuah lingkaran yang berhimpit dengan sisi segitiga. Di dalam lingkaran ada tulisan UKS yang ditulis secara vertikal dan mendatar dengan huruf K berada di tengah-tengah.

31. WOSM Pramuka (Pandu Dunia)

logo wosm pramuka
Logo WOSM.png 204kb

32. Bangga Buatan Indonesia

bangga buatan indonesia
Logo BBBI.png 70kb
bangga berwisata di indonesia
Logo BBI.png 1mb

Demikian logo atau lambang organisasi yang banyak digunakan di dunia pendidikan. Selain di atas, tentu masih ada lagi logo pendidikan yang lain. Sekian, semoga bermanfaat.

Terima kasih telah mengunjungi lapak sederhana ini. Kehadiran dan dukungan Anda adalah penyemangat saya untuk terus menulis dan berbagi informasi tentang pendidikan. Semoga tulisan ini bermanfaat bagi Anda.