Skip to main content

30 Lambang/Logo Bidang Pendidikan

logo pendidikan

Logo atau lambang merupakan identitas yang dimiliki oleh suatu lembaga, organisasi atau instansi. Logo biasanya memiliki makna yang mewakili ciri tertentu dari suatu organisasi. Setiap orang yang bekerja di bawah naungan suatu organisasi, tentu harus tahu bentuk logo juga arti dari bagian-bagiannya.

Tak terkecuali guru, siswa, dan warga pendidikan lainnya. Logo biasanya diperlukan untuk keperluan membuat kop surat, bendera/spanduk, dan lain-lain. Untuk keperluan tersebut, biasanya kita mencari yang berformat PNG (background transparan) agar lebih mudah ditempatkan tempat yang kita inginkan.

Baiklah, berikut ini berbagai logo yang umum dipakai di dunia pendidikan. Bagi anda yang membutuhkan, silahkan klik tulisan unduh logo di bawah gambar untuk mendapatkan logo berformat PNG dengan ukuran yang lebih besar.

Contents

1. Bantuan Operasional Sekolah (BOS)

logo bos sekolah
Back ↑

2. Data Pokok Pendidikan (Dapodik)

logo dapodik terbaru

Logo dapodik tersebut merupakan hasil sayembara yang diadakan pada September 2019. Logo tersebut masih digunakan sampai saat ini.

Back ↑

3. Dharma Wanita Persatuan

logo dharma wanita

Organisasi yang beranggotakan istri PNS ini memiliki logo berbentuk lingkaran. Berisi gambar bunga melati, padi dan kapas, rantai, dan buku. Warna-warnanya adalah merah, putih, kuning, dan hijau.

Back ↑

4. Himpunan Pendidik Anak Usia Dini Indonesia (HIMPAUDI)

logo himpaudi

Himpaudi memiliki logo seperti di atas, yang berisi bendera merah putih berkibar, lompatan anak dan orang dewasa memegang bendera, dan hati diantara anak dan orang dewasa. Warna-warnanya adalah merah, putih, kuning emas, dan biru.

Back ↑

5. Ikatan Guru Indonesia (IGI)

logo ikatan guru indonesia

IGI atau Ikatan Guru Indonesia juga merupakan salah satu organisasi profesi guru. Logo IGI berbentuk guru, murid, buku terbuka, lingkaran, dan tulisan Ikatan Guru Indonesia. Warnanya terdiri dari biru tua, biru muda, dan putih.

Back ↑

6. Ikatan Guru Roudlotul Athfal (IGRA)

logo igra

IGRA merupakan organisasi profesi yang merupakan wadah pembinaan kepala sekolah dan guru Raudlatul Athfal, Bustanul Athfal dan Tarbiyatul Athfal.

Back ↑

7. Ikatan Guru Taman Kanak-kanak Indonesia (IGTKI)

logo igtki

Logo IGTKI berbentuk segilima dengan tata warna hitam, kuning, hijau, merah dan putih

Back ↑

8. Kampus Merdeka

logo kampus merdeka

Logo Kampus Merdeka Indonesia Jaya memiliki tiga pesan kunci antara lain adalah semangat gotong-royong, semangat belajar yang kreatif dan inovatif, semangat menghasilkan generasi emas untuk Indonesia di masa depan.

Back ↑

9. Kementerian Agama

logo kemenag png

Logo ini adalah logo penting bagi lembaga-lembaga di bawah naungan Kementerian Agama. Berbentuk segi lima, berisi bintang bersudut lima, butiran padi dan kapas, kitab suci, alas kitab suci, kalimat “Ikhlas Beramal”, dan perisai. Warnanya adalah hijau, putih, dan kuning emas.
Unduh logo

Back ↑

10. Komite Sekolah

logo komite sekolah

Komite Sekolah adalah badan mandiri yang mewadahi peran serta masyarakat dalam rangka meningkatkan mutu, pemerataan, dan efisiensi pengelolaan pendidikan di satuan pendidikan, baik pada pendidikan pra sekolah, jalur pendidikan sekolah maupun jalur pendidikan di luar sekolah

Back ↑

11. Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri)

logo korpri

Lambang Korpri adalah lambang organisasi Korpri dengan bentuk dasar terdiri dari pohon, bangunan berbentuk balairung serta sayap yang dilengkapi dengan berbagai ornamen.

Back ↑

12. Kurikulum 2013

logo kurikulum 2013
Back ↑

13. Lembaga Pendidikan Ma’arif NU

logo lp maarif nu

14. Majelis Dikdasmen PP Muhammadiyah

majelis dikdasmen muhammadiyah
Back ↑

15. Merdeka Belajar

logo merdeka belajar

Logo Merdeka Belajar mulai diluncurkan pada tanggal 27 September 2021. Logo ini boleh dipublikasi oleh publik, dengan tujuan kampanye Merdeka Belajar dapat disebarluaskan kepada masyarakat.

Back ↑

16. Merdeka Mengajar

logo merdeka mengajar
Back ↑

17. Organisasi Siswa Intra Sekolah

logo osis

Unduh logo OSIS SD
Unduh logo OSIS SMP.png
Unduh logo OSIS SMA.png

Perbedaan yang paling mencolok antara logo OSIS SMP dan SMA adalah warna dasarnya. Jika SMP berwarna dasar kuning, untuk SMA berwarna dasar coklat. Sedangkan untuk SD, sebenarnya itu bukan logo OSIS, mengingat di SD belum diperkenalkan OSIS. Tetapi karena terpasang di badge siswa, banyak yang menyebut itu logo OSIS SD.

Back ↑

18. Palang Merah Remaja (PMR)

logo pmr

Unduh logo PMR Mula
Unduh logo PMR Madya
Unduh logo PMR Wira

Logo PMR dibedakan antara PMR Mula (SD), PMR Madya (SMP), dan PMR Wira (SMA). Perbedaannya terletak pada warna dasarnya. Untuk Mula berwarna hijau, Madya berwarna biru, dan Wira berwarna kuning.

Back ↑

19. Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka)

logo paskibra

Biasanya di tiap-tiap sekolah memiliki logo paskibra masing-masing sebagai identitas. Tetapi, inilah logo yang dipakai secara nasional.

Back ↑

20. Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)

logo paud

Logo PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) berbentuk segi lima berisi gambar orang tua menuntun anak, lingkaran di perut, tiga buku, dan kalimat Sehat, Cerdas, Ceria. Warnanya antara lain biru muda, kuning emas, hitam dan putih.

Back ↑

21. Pendidikan Guru Penggerak (PGP)

logo pendidikan guru penggerak
Back ↑

22. Pendidikan Profesi Guru (PPG)

logo ppg
Back ↑

23. Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI)

logo pgri

PGRI (Persatuan Guru Republik Indonesia) merupakan organisasi guru di tanah air. Logonya berbentuk cakra/lingkaran yang berisi: suluh berdiri tegak bercorak 4 garis tegak dan datar, nyala api dengan 5 sinar warna merah, dan empat buku mengapit suluh. Warna-warna pada logo ini adalah merah, putih, kuning dan hijau.

Back ↑

24. Praja Muda Karana (Pramuka)

logo tunas kelapa

Lambang Pramuka tunas kelapa memiliki makna yang mendalam. Makna ini menggambarkan cita-cita Pramuka untuk berkorban dan bermanfaat bagi bangsa dan negara.

Back ↑

25. Rumah Belajar

rumah belajar
Back ↑

26. SMK Bisa - Hebat

loga smk
Back ↑

27. Taman Kanak-kanak (TK)

logo tk

Logo TK berbentuk bulat di dalamnya memiliki warna dasar biru, terdapat siswa putra dan putri, padi dan kapas, kemudian Huruf T dan K yang merupakan singkatan Taman Kanak-kanak dan Bendera Merah Putih bagian atas.

Back ↑

28. Tut Wuri Handayani (Kemendikbudristek)

logo tut wuri handayani

Logo tut wuri handayani atau logo Kemendikbud berbentuk segi lima. Bagian-bagiannya terdiri dari belencong menyala bermotif garuda, buku, dan teks (semboyan) tut wuri handayani. Warna-warna di dalam logo ini adalah biru muda, putih dan kuning emas.

Back ↑

29. Usaha Kesehatan Sekolah (UKS)

logo uks

UKS atau Usaha Kesehatan Sekolah mempunyai logo berbentuk segitiga sama sisi. Di dalamnya terdapat sebuah lingkaran yang berhimpit dengan sisi segitiga. Di dalam lingkaran ada tulisan UKS yang ditulis secara vertikal dan mendatar dengan huruf K berada di tengah-tengah.

Back ↑

30. WOSM Pramuka (Pandu Dunia)

logo wosm pramuka
Back ↑

Demikian logo atau lambang organisasi yang banyak digunakan di dunia pendidikan. Selain di atas, tentu masih ada lagi logo pendidikan yang lain. Sekian, semoga bermanfaat.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar