Soal PTS Matematika Kelas 6 Semester 1 Tahun 2023-2024

soal uts matematika kelas 6

Soal PTS I Matematika Kelas 6 Tahun 2023-2024 - Apa kabar bapak/ibu semua? Tak terasa tahun ajaran baru sudah berjalan kurang lebih 3 bulan, artinya sebentar lagi anak didik kita akan menghadapi ujian tengah semester. Bagaimana, sudahkah anda punya soal-soal untuk persiapan anak-anak kita?

Ujian mid semester, atau sekarang di Kurikulum 2013 kita sebut penilaian tengah semester (PTS) adalah evaluasi rutin yang dilakukan tiap tengah semester. Kita tahu bahwa PTS ini memiliki bobot/porsi nilai yang cukup tinggi bagi siswa pada akhir semester nanti. Sehingga anak-anak perlu dipersiapkan salah satunya dengan berlatih mengerjakan soal-soal.

Untuk itu, pada kesempatan ini saya ingin membagikan contoh soal PTS Matematika untuk Kelas 6 Semester Ganjil yang baru saja selesai saya susun. Sedikit harapan mudah-mudahan bisa bermanfaat bagi bapak/ibu serta siswa-siswi di kelas.

Mengapa matematika? Alasannya memang klasik, karena sebagian besar siswa masih menganggap matematika itu muatan/mapel yang paling sulit dibanding mapel lain. Jadi, disamping menerapkan metode mengajar yang menarik dan menyenangkan siswa, menurut saya untuk matematika itu siswa tetap harus sering dilatih mengerjakan soal-soal agar semakin mahir (drill).

Baiklah, langsung saja silahkan anda mengunduh soal PTS Matematika Semester 1 di bawah ini:

Download Soal PTS Matematika Kelas 6 Semester 1

Soal PTS Matematika Kelas 6 Semester 1 di atas terdiri dari 20 soal pilihan ganda, 10 soal isian, dan 5 soal uraian. Sesuai dengan Kompetensi Dasar Matematika yang ada pada Kurikulum 2013 Revisi 2018 yaitu KD 3.1, 3.2, dan 3.3. Dengan pokok bahasan sebagai berikut:

  1. Bilangan Bulat Negatif
  2. Operasi Hitung Campuran (Bilangan Cacah dan Pecahan)

Demikian, semoga soal tersebut bisa berguna untuk mempersiapkan putera-puteri tercinta. Dan jangan lupa untuk mengunjungi blog ini untuk mendapatkan soal-soal kelas 6 K-13 lainnya. Salam.

Terima kasih telah mengunjungi lapak sederhana ini. Kehadiran dan dukungan Anda adalah penyemangat saya untuk terus menulis dan berbagi informasi tentang pendidikan. Semoga tulisan ini bermanfaat bagi Anda.