--> Skip to main content

Kenali Tanda dan Gejala Kanker Pada Anak

Kanker atau juga biasa disebut tumor ganas adalah tumbuhnya jaringan atau sel yang tak terkendali, terus tumbuh, bertambah, dan immortal atau tidak bisa mati. Sel kanker ini bahkan bisa sampai menyusup ke jaringan di sekitarnya dan membentuk anak sebar.

Ada beberapa jenis kanker yang menyerang anak-anak. Kanker tersebut biasanya menyerang anak-anak di bawah usia 18 tahun atau bahkan masih berada di dalam kandungan. Dan yang mengkhawatirkan, kanker pada anak lebih sulit terdeteksi dibanding pada orang dewasa. Sebab mereka belum dapat mengkomunikasikan apa yang mereka rasakan.

Berikut ini 6 (enam) jenis kanker pada anak berikut gejala yang mereka tunjukkan:

Leukimia (kanker darah)

Leukimia atau kanker darah ditandai dengan anak rewel, lemah, pucat, demam tanpa sebab yang jelas, nafsu makan menurun, pendarahan kulit, terjadi pembesaran limpa, hati dan kelenjar getah bening, pembesaran buah zakar, nyeri tulang yang membuat anak-anak tidak mau berdiri atau berjalan.

Retinoblastoma (kanker yang menyerang mata)

Kanker jenis ini biasanya sering menyerang anak-anak di bawah usia 5 tahun. Gejala yang ditunjukkan adalah munculnya manik mata berwarna putih, kemerahan, mata juling, mata kucing, peradangan jaringan bola mata, pembesaran bola mata serta penglihatan buram.

Osteosarkoma (kanker tulang)

Kanker jenis ini menyerang bagian tulang. Tanda atau gejalanya adalah rasa nyeri pada tulang saat malam hari ataupun setelah beraktivitas. Pada daerah tulang yang nyeri juga muncul kemerahan, pembengkakan serta rasa hangat. Bahkan sampai terjadi patah tulang setelah melakukan aktivitas rutin.

Limfoma Maligna (kanker yang meyerang getah bening)

Kanker jenis ini sifatnya padat dan ditandai dengan adanya pembengkakan pada kelenjar getah bening di ketiak, leher, pangkal paha namun tanpa rasa nyeri. Selain itu anak-anak yang terserang kanker jenis juga mengalami demam, lemah, lesu, keringat malam, nafsu makan menurun dan penurunan berat badan.

Karsinoma Nasofaring (kanker yang menyerang bagian hidung dan tenggorokan)

Gejala yang ditunjukkan adalah pilek, ingus bercampur darah, air ludah kental, telinga berdengung, tuli sebelah, mimisan, hidung tersumbat, dan rasa penuh di telinga.

Neuroblastoma (kanker yang menyerang sistem saraf simpatis)

Kanker ini memiliki gejala adanya pendarahan sekitar mata, nyeri tulang, mata menonjol, kontraksi pupil, diare, perut terasa penuh, lumpuh, bengkak di leher, mata kering, kelopak mata satu sisi menurun, dan gangguan pada fungsi usus maupun kandung kemih.

Nah, dengan banyaknya jenis kanker yang bisa menyerang anak, tentu perlu adanya upaya pencegahan dari orang tua. Salah satu caranya adalah dengan melakukan cek kesehatan secara berkala. Selain itu, yang utama adalah menjaga pola hidup sehat dan bersih baik orang tua sekaligus juga untuk anak-anak.

(Sumber artikel: http://promkes.kemkes.go.id/mengenal-gejala-dini-penyakit-kanker-pada-anak)

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar