Skip to main content

Logo dan Tema Hari Guru Nasional 2021

Sebagai hari penting bagi guru-guru Indonesia, peringatan Hari Guru Nasional selalu diramaikan dengan tema dan logo yang selalu berganti tiap tahun. Tema dan logo tersebut menjadi identitas yang bisa ditempel di spanduk, banner maupun gambar yang kita bagikan di media sosial.

Namun tahukah anda, bahwa ada perbedaan antara logo yang dikeluarkan oleh Kemendikbudristek dengan Kementerian Agama? Ya, memang benar bahwa keduanya merilis logo masing-masing.

Hal ini disebabkan kedua kementerian memiliki guru binaan masing-masing. Kemendikbudristek menaungi guru-guru sekolah umum seperti TK, SD, SMP dan SMA. Sedangkan Kemenag seperti kita tahu menaungi lembaga pendidikan berbasis agama seperi RA, MI, MTs dan MA.

Kedua perbedaan tersebut tentu semakin menambah semarak perayaan Hari Guru Nasional tiap tahunnya.

Logo dan Tema HGN 2021 Kemendikbudristek

Berikut ini logo HGN yang digunakan guru-guru di bawah naungan Kemendikbudristek.

logo hari guru kemendikbud

Makna logo:

Logo menggambarkan semangat belajar yang tetap menyala di tengah kondisi pandemik saat ini. Elemen-elemen desain yang terdiri dari figur pak guru, ibu guru, serta siswa dan siswi yang digambarkan sedang memakai masker, tampak dinamis dan ceria dalam menjalankan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ).

Pemanfaatan teknologi digambarkan dengan simbol-simbol wi-fi, laptop, telepon selular, serta aplikasi telekonferensi, yang memiliki relevansi kuat dengan kondisi aktual saat ini sebagai alat penunjang kegiatan belajar mengajar.

Sementara bentuk hati, menggambarkan seluruh komponen pendidikan mulai dari guru, murid, hingga orang tua, yang bersinergi menciptakan semangat belajar yang merdeka dan penuh cinta guna memberikan hasil yang terbaik untuk dunia pendidikan di Indonesia.

Tema peringatan Hari Guru Nasional 2021 adalah “Bergerak dengan Hati, Pulihkan Pendidikan”.

Baca juga : Pedoman Upacara Hari Guru Nasional 2021

Logo dan Tema HGN 2021 Kementrian Agama

Bagi anda guru madrasah di bawah binaan Kemenag silakan menggunakan logo di bawah ini:

logo hari guru kemenag 2021

Makna logo:

Logo tersebut membentuk ilustrasi guru memeluk murid. Pelukan merupakan wujud kepedulian guru terhadap Pendidikan untuk melahirkan anak negeri yang berkarakter, cerdas dan berwawasan luas. Jika dilihat secara keseluruhan, logo ini melambangkan sebuah pelukan.

Warna-warna pada logo mempresentasikan sifat-sifat yang dimiliki guru, yaitu warna kuning menghadirkan ceria dan optimis, hijau mempresentasikan religious dan harmonis, biru menampilkan cerdas dan bijaksana serta orange menhadirkan rasa hangat dalam hal simpati dan empati.

Tema peringatan Hari Guru Kementerian Agama adalah “Guru Peduli Cerdaskan Negeri”.

Logo dan Tema HUT ke-76 PGRI

Sebagai organisasi profesi yang tanggal lahirnya dijadikan rujukan hari guru, maka PGRI juga mengeluarkan logo dan tema berikut ini:

logo hut pgri ke 76

Tema : Bangkit Guruku, Maju Negeriku. Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh.

Demikian artikel yang bisa saya bagikan kali ini. Bila anda ingin menyimpan logo di atas untuk kebutuhan sekolah bisa mengunduh pada link yang tersedia di atas. Terima kasih.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar