Logo dan Tema Hari Guru Nasional 2023

Sebagai hari penting bagi guru-guru Indonesia, peringatan Hari Guru Nasional selalu diramaikan dengan tema dan logo yang selalu berganti tiap tahun. Tema dan logo tersebut menjadi identitas yang bisa ditempel di spanduk, banner maupun gambar yang kita bagikan di media sosial.

Namun tahukah anda, bahwa ada perbedaan antara logo yang dikeluarkan oleh Kemendikbudristek dengan Kementerian Agama? Ya, memang benar bahwa keduanya merilis logo masing-masing.

Hal ini disebabkan kedua kementerian memiliki guru binaan masing-masing. Kemendikbudristek menaungi guru-guru sekolah umum seperti TK, SD, SMP dan SMA. Sedangkan Kemenag seperti kita tahu menaungi lembaga pendidikan berbasis agama seperi RA, MI, MTs dan MA.

Kedua perbedaan tersebut tentu semakin menambah semarak perayaan Hari Guru Nasional tiap tahunnya.

Logo dan Tema HGN 2023 Kemendikbudristek

Berikut ini logo HGN yang digunakan guru-guru di bawah naungan Kemendikbudristek.

logo hari guru 2023

Makna logo:

Logo menggambarkan semangat belajar yang tetap menyala. Elemen-elemen desain yang terdiri dari figur pak guru, ibu guru, serta siswa dan siswi yang digambarkan tampak dinamis dan ceria dalam menjalankan pembelajaran.

Pemanfaatan teknologi digambarkan dengan simbol-simbol wi-fi, laptop, telepon selular, serta aplikasi telekonferensi, yang memiliki relevansi kuat dengan kondisi aktual saat ini sebagai alat penunjang kegiatan belajar mengajar.

Sementara bentuk hati, menggambarkan seluruh komponen pendidikan mulai dari guru, murid, hingga orang tua, yang bersinergi menciptakan semangat belajar yang merdeka dan penuh cinta guna memberikan hasil yang terbaik untuk dunia pendidikan di Indonesia.

Tema peringatan Hari Guru Nasional 2023 adalah “Bergerak Bersama Rayakan Merdeka Belajar”.

Logo dan Tema HGN 2022 Kementerian Agama

Bagi anda guru madrasah di bawah binaan Kemenag silakan menggunakan logo di bawah ini:

logo hari guru 2022 kemenag

Makna logo:

Kata “berinovasi” mengandung pesan keluwesan dalam menyikapi atau menghadapi kondisi, tercakup juga menyelaraskan teks dan konteks tanpa meninggalkan esensi.

Pandemi yang melanda seluruh dunia menyebabkan hampir seluruh sektor terkena dampak, tidak terkecuali dunia pendidikan. Sementara proses pendidikan harus tetap berjalan untuk memastikan bahwa para generasi unggul bangsa Indonesia harus tetap terpenuhi haknya dengan mendapatkan pendidikan terbaik.

Kalimat “mendidik generasi” memberi pesan tentang tanggung jawab bersama yang berkesinambungan untuk mempersiapkan SDM unggul di masa mendatang. Tidak hanya memahami dan menguasai pengetahuan, melainkan harus diimbangi dengan implementasi nyata yang berjalan beriringan dengan etika.

Tema peringatan Hari Guru Nasional Kementerian Agama 2022 adalah “Berinovasi Mendidik Generasi”.

Logo dan Tema HUT ke 78 PGRI

Sebagai organisasi profesi yang tanggal lahirnya dijadikan rujukan hari guru, maka PGRI juga mengeluarkan logo dan tema berikut ini:

logo hut pgri 2023

Tema : Transformasi Guru Wujudkan Indonesia Maju.

Demikian artikel yang bisa saya bagikan kali ini. Bila anda ingin menyimpan logo di atas untuk kebutuhan sekolah bisa mengunduh pada link yang tersedia di atas. Terima kasih.

Terima kasih telah mengunjungi lapak sederhana ini. Kehadiran dan dukungan Anda adalah penyemangat saya untuk terus menulis dan berbagi informasi tentang pendidikan. Semoga tulisan ini bermanfaat bagi Anda.