Pedoman Olimpiade Sains Nasional (OSN) SD Tahun 2024

pedoman osn sd 2024

Olimpiade Sains Nasional (OSN) merupakan ajang unjuk prestasi siswa di bidang Sains yang diselenggarakan secara bertingkat mulai dari tingkat sekolah hingga nasional. Kegiatan ini bertujuan untuk menemukan anak-anak berbakat atau yang memiliki potensi di atas rata-rata khususnya di bidang sains (matematika dan IPA)

OSN Tahun 2024 mengusung tema “Merdeka Berprestasi, Talenta Sains Menginspirasi”, dengan tagar #MerdekaBerprestasi #TalentaSainsMenginspirasi. Ini menunjukkan pentingnya prestasi yang diraih oleh siswa akan bermanfaat untuk pengembangan karir belajar atau karir profesionalnya, seperti beasiswa atau pembinaan lanjut untuk mencapai prestasi maksimal.

Ajang OSN ini berlangsung secara berjenjang, dimulai dari tingkat daerah dan berakhir di tingkat nasional. Mekanisme berjenjang ini bertujuan untuk menyaring peserta yang terbaik dari semua provinsi. Metode ini juga menunjukkan pemerataan kesempatan yang setara dan tidak memihak bagi semua siswa di seluruh Indonesia untuk berprestasi.

Cabang lomba dalam Olimpiade Sains Nasional jenjang SD tahun 2024 adalah Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Untuk lomba matematika terdiri dari 30 soal pilihan jamak dengan bobot soal berbeda. Rinciannya, 8 soal untuk jenis soal mudah, 14 soal untuk jenis soal sedang, dan 8 soal untuk jenis soal sulit.

Sedangkan untuk lomba IPA ada 60 soal pilihan jamak, dengan rincian 20 soal kategori mudah, 20 soal kategori sedang dan 20 soal kategori sulit.

Untuk lebih lengkapnya, penting bagi kita untuk membaca pedoman OSN untuk mendapat gambaran teknis pelaksanaan OSN tahun ini.

Untuk itu, kali ini admin ingin membagikan Pedoman OSN SD Tahun 2024 yang bisa digunakan untuk mempersiapkan diri, belajar dan berlatih agar hasil yang didapatkan nanti bisa maksimal. Bagi Anda yang ingin mengunduh Pedoman OSN SD Tahun 2024 silakan mengklik tautan di bawah ini:

Pedoman OSN SD tahun 2024.pdf 1,4mb

Adapun jadwal pelaksanaan OSN tahun 2024 ini mulai dari pendaftaran peserta hingga pengumuman peserta yang lolos dilaksanakan mulai bulan Januari hingga Juni 2024. Untuk itu, penting kiranya segera memahami pedoman di atas untuk mempersiapkan diri.

Demikian yang dapat admin bagikan kali ini berkaitan dengan Pedoman OSN SD tahun 2024. Mudah-mudahan kita diberi kemudahan dalam mempersiapkan ajang ini dan memperoleh hasil yang maksimal, amiin.

Terima kasih telah mengunjungi lapak sederhana ini. Kehadiran dan dukungan Anda adalah penyemangat saya untuk terus menulis dan berbagi informasi tentang pendidikan. Semoga tulisan ini bermanfaat bagi Anda.