Cek NISN Siswa Baru 2020/2021 (Update)

nisn

Cek NISN Siswa Baru 2020/2021 - Siswa baru sekolah dasar tahun pelajaran 2020/2021 perlu selalu dicek apak NISN nya sudah terbit atau belum. NISN baru bisa dilihat pada website verval PD Kemdikbud., dimana siswa baru yang sebelumnya masuk pada menu “belum memiliki NISN”, kini sudah masuk pada menu “Referensi - Aktif”. Jika sudah terbit, maka tugas baru menanti operator, yakni input NISN siswa kelas 1 ke aplikasi dapodik.

Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) merupakan kode pengenal identitas siswa yang membedakan satu siswa dengan siswa lainnya di seluruh sekolah Indonesia. NISN diberikan kepada siswa yang mengikuti pendidikan di sekolah yang memiliki NPSN dan terdaftar di Referensi Kemendikbud.

NISN digunakan dalam pengembangan dan penerapan program-program perencanaan pendidikan, statistik pendidikan dan program pendidikan lainnya baik di tingkat pusat, propinsi, kota, kabupaten hingga sekolah, seperti: Bantuan Operasional Sekolah (BOS), Ujian Nasional, PIP, SNMPTN. Kegunaan ini menjadikan NISN menjadi satu-satunya nomor identitas siswa yang berlaku selama ia berstastus sebagai siswa (SD sampai SMA).

Untuk tahun ini, pengajuan NISN dilakukan saat siswa masuk jenjang sekolah dasar. Pengajuan dilakukan bersamaan dengan sinkronisasi data dapodik. Data siswa yang masuk pada referensi Kemdikbud ini secara otomatis akan dibuatkan NISN. Kabarnya, kedepannya pengajuan NISN dilakukan saat siswa masuk pada jenjang Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Ini setelah Kemdikbud mulai tahun ini merilis aplikasi Dapodik PAUD-DIKMAS.

Inilah langkah-langkah cek NISN siswa baru tahun pelajaran 2019/2020:

1. Masuk ke https://sso.data.kemdikbud.go.id/sys/login?appKey=348310F2-0262-4F5D-B7D1-41F92ECDCA93

2. Login menggunakan email yang terdaftar.

3. Pada menu “Home” lihat diagram perbandingan.

Verval Peserta Didik

Pada diagram tersebut jika persentase referensi siswa pemilik NISN Aktif 100% dan persentase residunya kosong atau nol persen menunjukkan semua siswa kita telah memiliki NISN.

4. Masuk pada menu “Referensi”, klik “Aktif”. Disana muncul NISN siswa baru.

Verval Peserta Didik untuk Cek NISN

Untuk menyimpannya, kita bisa blok/sorot nomor itu, lalu copy pastekan di word. Atau kalau kita ingin screen shoot, bebas. Soalnya sejauh ini tampaknya belum ada menu download untuk referensi data siswa (setahu saya :).

5. Pastikan semua siswa telah memiliki NISN, cek di menu "Belum Memiliki NISN" dan pastikan di sana sudah kosong.

Terakhir, inputkan nomornya ke dapodik. Selesai, tinggal menunggu apa tugas berikutnya…

Terima kasih telah mengunjungi lapak sederhana ini. Kehadiran dan dukungan Anda adalah penyemangat saya untuk terus menulis dan berbagi informasi tentang pendidikan. Semoga tulisan ini bermanfaat bagi Anda.