Doa Sebelum Memulai Pelajaran di Kelas

Saat memulai kegiatan belajar-mengajar, berdoa merupakan aktivitas yang pertama kali dilakukan. Demikian juga menjelang pulang sekolah (mengakhiri pelajaran), berdoa juga aktivitas yang terakhir kali dilakukan siswa-siswi sekolah.

Selain menaati perintah agama, berdoa juga menumbuhkan auto-sugesti kepada diri siswa untuk lebih siap dan mantap menerima ilmu yang akan dipelajari.

Cara guru membiasakan berdoa kepada siswa berbeda-beda. Ada yang berdoa dalam hati sambil menundukkan kepala, biasanya dilakukan pada kelas yang siswanya menganut agama dan kepercayaan yang beragam. Namun yang lebih banyak adalah melafalkannya bersama-sama dengan suara keras, untuk memberikan latihan dan pembiasaan kepada siswa.

Terlepas dari bagaimana cara berdoa yang dipilih, bisa dibenarkan selama esensinya adalah merendahkan diri di hadapan Allah SWT seraya memohon ridho dan keberkahan atas segala kegiatan belajar yang dilakukan, juga memohon pemahaman pada ilmu-ilmu yang dipelajari khususnya mulai masuk hingga pulang sekolah.

Untuk itu, disini saya merangkum dari berbagai sumber doa-doa yang biasa dibaca saat memulai pelajaran di sekolah (khusus bagi umat Islam). Pada dasarnya, doa tersebut tidak berbeda dengan doa belajar pada umumnya. Bapak/Ibu bisa memilih salah satu atau menggabungkan beberapa sesuai kebutuhan yang diinginkan.

Untuk mengawali pertemuan, terlebih dulu membaca doa awal majelis
أَللَّهُمَّ إِنِّى أَعُوْذُ بِكَ أَنْ أَضِلَّ أَوْ أُضَلَّ أَوْ أَزِلَّ أَوْ أُزَلَّ أَوْ أَظْْلِمَ أَوْ أُظْلَمَ أَوْ أَجْهَلَ أَوْ يُجْهَلَ عَلَيَّ
Allohumma innii a’uudzubika an adlilla au udlolla au azilla au uzalla au adhlima au udhlama au ajhala au yujhala ‘alayya
Artinya:
Ya Alloh aku mohon perlindungan-Mu dari tersesat atau disesatkan, atau dari terpeleset atau dipelesetkan/dipalingkan, atau dari berbuat dholim atau didholimi, atau dari berbuat bodoh atau dibodohi (HR Abu Dawud dalam kitab Al-Adzkaar An-Nawawy hal. 24)

Doa Kesatu

رَضِيْتُ باللّه رَبَّاً،وَبالإِسْلامِ دِيْناً،وبِمُحَمَّدٍ نَبِيَّاً وَرَسُوْلاً
Rodlittu billahirobba, wabil islaamidiina, wabimuhammadin nabiyyaw warasuula
Artinya:
Kami ridho Allah Swt sebagai Tuhanku, Islam sebagai agamaku, dan Nabi Muhammad sebagai Nabi dan Rasul(HR. Achmad no.18199, Ibnu Maajah no.3860)

Doa Kedua

رَبِّ زِدْنِي عِلْمًا، وَارْزُقْنِيْ فَهْمًا, وَاجْعَلْنِيْ مِنَ الصَّالِحِيْنَ .آمين يا رَبَّ الْعَالَمِيْنَ
Robbi zidnii 'ilmaa, warzuqnii fahmaa, waj'alnii minash-shoolihiin, aamin yaa robbal 'alamiin.
Artinya :
Ya Allah, tambahkanlah aku ilmu, dan berilah aku karunia untuk dapat memahaminya. Dan jadikanlah aku termasuk golongannya orang-orang yang shoolih Ya Alloh kabulkanlah do'aku ini, wahai Dzat Penguasa Alam

Doa Ketiga

رَبِّ اشْرَحْ لِيْ صَدْرِيْ وَيَسِّرْلِيْ أَمْرِيْ وَاحْلُلْ عُقْدَةً مِنْ لِسَانِيْ يَفْقَهُوْا قَوْلِيْ
Robbisyrohli sodrii wayassirli amrii wahlul 'uqdatam millisani yafqohuu qaulii
Artinya:
Ya Allah lapangkanlah dadaku, mudahkanlah urusanku dan jelaskanlah lisanku agar orang-orang memahami perkataanku (QS. Toha ayat 25-28)

Doa Keempat

رَبِّ زِدْنِيْ عِلْمًا، وَوَسِعْ لِيْ فِيْ رِزْقِيْ، وَبَارِكْ لِيْ فِيْمَا رَزَقْتَنِيْ، وَاجْعَلْنِيْ مَحْبُوْبًا فِيْ قُلُوْبِ عِبَادِكْ، وَعَزِيْزًا فِيْ عُيُوْنِهِمْ، وَاجْعَلْنِيْ وَجِيْهًا فِي الدُّنْيَا وَاْلأَخِرَةِ, وَمِنَ الْمُقَرَّبِيْنَ، يَاكَثِيْرَالنَّوَالِ، يَا حَسَنَ الْفِعَالِ، يَاقَائِمًابِلاَزَوَالٍ، يَامُبْدِأً بِلاَ مِثاَلٍ، فَلَكَ الْحَمْدُ وَلَكَ الْمِنَّةُ, وَلَكَ الشَّرَفُ عَلَى كُلِّ حَالٍ
Robbi zidnii ‘ilmaa wa wassi'lii fi rizqii wa baariklii fiimaa rozaqtanii waj'alnii mahbuuban fii quluubi 'ibaadik wa ‘aziizan fii 'uyuunihim waj'alnii wajiihan fid dun-yaa wal aakhiroh wa minal muqorrobiin yaa katsiiron nawaal yaa hasanal fi'aal yaa qoo'imam bilaa zawaal yaa mubdi'an bilaa mitsaal falakal hamdu walakal minnah walakasy syarofu ‘ alaa kulli haal
Artinya:
Ya Allah Tambahkanlah ilmuku, luaskanlah rizqiku, dan berkahilah rizqi yang telah Engkau berikan kepadaku, jadikanlah aku orang yang dicintai dalam hati hamba-Mu, serta mulia dalam pandangan mereka. Jadikanlah aku terpandang di dunia dan akhirat dan termasuk orang-orang yang dekat dengan-Mu. Wahai dzat yang banyak memberi, Wahai dzat yang baik (sempurna) dalam segala urusan, Wahai dzat yang tegap berdiri (berkuasa) tanpa tergelincir (turun tahta). Wahai dzat yang memulai tanpa ada satu contoh. Hanya bagi-Mu segala puji dan segala anugrah. Hanya milik-Mulah segala kemuliaan atas segala keadaan." (HR At Tirmidzi dalam kitab Tawajjuhaat hal 70)

Doa Kelima

اَللّٰهُمَّ اخْرِجْنَا مِنْ ظُلُمَاتِ الْوَهْمِ وَاَكْرِمْنَا بِنُوْرِالْفَهْمِ وَافْتَحْ عَلَيْنَا بِمَعْرِفَتِكَ وَسَهِّلْ لَنَآ اَبْوَابَ فَضْلِكَ يَآ اَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ
Alloohumma akhrijnaa min dzulumaatilwahmi wa akrimnaa binuuril fahmi waftah'alainaa bima'rifatika wasahhil lanaa abwaaba fadl-lika ya arhamar roohimiin
Artinya:
Ya Allah, keluarkanlah kami dari kegelapan prasangka, muliakanlah kami dengan cahaya kepahaman, bukakanlah pengertian ilmu pada kami dan bukakanlah untuk kami pintu-pintu anugerah-Mu, wahai Dzat yang paling penyayang.

Doa Keenam

اللَّهُمَّ الْطُفْ بِى فِى تَيْسِيْرِ كُلِّ أَمْرٍ عَسِيْرٍ, فَإِنَّ تَيْسِيْرَ العَسِيْرِ عَلَيْكَ يَسِيْرٌ, فَأَسْأَلُكَ التَيْسِيْرَ وَالْمُعَافَاِة فِى الدُّنْيَا وَاْلآخِرَةِ.
Alloohummalthuf bii fii taisiiri kulli amrin ‘asiir. Fa inna taisiiral ‘asiiri ‘alaika yasiir. Fa as-alukat taisiira wal mu’aafaata fid-dunyaa wal aakhirah.
Artinya:
Ya Allah, berlemahlembutlah Engkau kepadaku di dalam memudahkan setiap urusan yang sukar, karena memudahkan sesuatu yang sukar bagi Engkau adalah mudah. Karena itu, aku memohon kepada-Mu kemudahan dan kesejahteraan di dunia dan akhirat.

Doa Ketujuh

اَللَّهُمَّ افْتَحْ عَلَيْنَا حِكْمَتَكَ وَانْشُرْ عَلَيْنَا مِنْ خَزَائِنِ رَحْمَتِكَ يَا اَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ
Allahummaftah ‘alaina hikmataka wansyur ‘alainaa min khozaa'ini rohmatika yaa arhamarraahimiin..
Artinya:
Ya Allah, bukakanlah ke atas kami hikmat-hikmatMu dan limpahilah ke atas kami khazanah rahmatMu, wahai yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang..

Doa Kedelapan

اَللَّهُمَّ ارْزُقْنِيْ فَهْمَ النَّبِيِّيْنَ وَحِفْظَ الْمُرْسَلِيْنَ وَإِلْهَامَ الْمَلَائِكَةِ الْمُقَرَّبِيْنَ. يَا فَتَّاحُ يَا عَلِيمُ، اِفْتَحْ قَلْبِي فُتُوحَ الْعَارِفِيْنَ
Allahummarzuqnii fahmannabiyyiin wa hifzal mursaliin wa ilhaamal malaaikatil muqorrobiin. Yaa Fattaahu yaa ‘Aliim, iftah qolbii futuuhal ‘aarifiin.
Artinya:
Ya Allah, kurniakanlah kepadaku kefahaman para nabi, hafalan para rasul dan ilham para malaikat yang hampir (dengan-Mu). Ya Allah yang Maha pembuka dan Maha Tahu, bukalah hatiku seperti orang-orang yang arif.

Demikianlah bacaan doa untuk memulai pelajaran di kelas. Apakah anda juga menggunakan doa-doa di atas? atau anda punya bacaan lain yang biasa dibaca anak-anak tiap pagi saat mengawali belajar?

Artikel Terkait: