Kisi Kisi USBN dan Ujian Sekolah SD 2020

Sesuai yang disampaikan Kemdikbud RI dalam taklimat media terkait USBN SD tanggal 10 Januari 2018 lalu, banyak perubahan dalam pelaksanaan ujian nasional SD tahun 2018. Dengan format baru ini, maka POS (Prosedur Operasional Standar) dan Kisi-Kisi USBN SD 2018 terbaru pasti juga mengalami perubahan.

Seperti kita tahu, perakitan soal dalam ujian nasional tahun ini melibatkan guru kelas dan mata pelajaran berkoordinasi dengan KKG (Kelompok Kerja Guru) atau MGMP. Demikian juga dengan penyiapan naskah soal, porsi lebih besar dibebankan kepada guru dan hanya sedikit dari Pusat sebagai anchor.

Rinciannya, untuk USBN (3 mata pelajaran) guru membuat soal sebanyak 75-80% dari jumlah soal keseluruhan, sisanya dibikin pusat sebagai soal jangkar. Sedangkan untuk Ujian Sekolah (US) seluruh soal dibikin oleh guru. Sebanyak 90% soal berbentuk pilihan ganda (multiple choice) dan sisanya 10% berbentuk soal uraian (essay).

Lalu bagaimana dengan Kisi Kisi USBN SD 2020?

Melihat peran guru yang yang amat besar dalam ujian nasional kali ini, maka sangat penting untuk memahami kisi-kisi soal yang diterbitkan pemerintah. Kisi-kisi merupakan acuan dalam menyusun butir demi butir soal, sekaligus menentukan tingkat kesulitan soal yang akan dibuat. Itulah mengapa saat banyak rekan-rekan guru banyak yang mencari kisi kisi terbaru 2018 untuk segera dipelajari dan memberi persiapan pada anak didik di kelas.

Kisi-Kisi USBN dan US SD 2020

Kisi-kisi USBN Tahun Pelajaran 2019/2020 dapat diunduh di website BSNP yang berisi lengkap untuk semua jenjang (SD/MI, SMP/MTs/, SMA/MA, SMK/MAK, Pendidikan Luar Biasa, dan Pendidikan Kesetaraan) - untuk saat ini belum dirilis.

Namun jika anda hanya menginginkan Kisi-Kisi USBN untuk jenjang SD Tahun 2017/2018 (untuk bahan belajar siswa), bisa mengunduh lewat link di bawah ini.

Kisi-Kisi USBN/US SD 2018

Akhirnya, dengan terbitnya kisi-kisi USBN tersebut, rekan-rekan guru bisa segera mempelajari dan memberikan persiapan pada anak didik di kelas. Mudah-mudahan hasil terbaik diraih oleh anak didik Bapak/Ibu semua.

Terima kasih telah mengunjungi lapak sederhana ini. Kehadiran dan dukungan Anda adalah penyemangat saya untuk terus menulis dan berbagi informasi tentang pendidikan. Semoga tulisan ini bermanfaat bagi Anda.