8 Tahapan Bagi Guru Agar Meraih Sukses Ujian Nasional

Banyak guru yang tahu cara mengajar siswa yang baik dan mengikuti prosedur yang sudah diberikan, tapi tidak semua tahu cara mengajar yang khusus mencetak siswa agar sukses dalam ujian nasional.

Soal-soal ujian nasional yang terbaru, sekalipun masih menggunakan kurikulum lama, selalu mengalami perkembangan tiap tahun.

Aneka strategi sukses menghadapi ujian nasional yang anda dapatkan, mulai dari membaca buku, diskusi dengan sejawat, bahkan mempelajari model belajar milik kursus/bimbingan belajar, tidak semua bisa diterapkan dan ada yang bahkan out of date dengan pola soal terkini. Sehingga meski cara-cara itu diaplikasikan, hasilnya tetap nilai anak-anak kurang maksimal bahkan ada yang sia-sia.

Untuk itu disini disajikan 8 tahapan meraih sukses ujian nasional yang mungkin belum anda (Bapak/Ibu) lakukan.

Silahkan dicermati.

1. Pahami materi sesuai kisi-kisi

Kisi-kisi merupakan pedoman kompetensi yang akan diuji. Dengan memahami kisi-kisi, persiapan akan lebih terarah dan efisien. Menelaah kisi-kisi menjadi tahap awal siapapun guru yang ingin sukses un.

Kisi-kisi resmi belum keluar? Jangan menunggu! Gunakan kisi-kisi lama untuk anda pelajari. Saat kisi-kisi terbaru sudah keluar, langsung sesuaikan. Selama kurikulum masih tetap, perubahan kisi-kisi tiap tahun tidak terlalu signifikan.

2. Pendalaman materi sesuai kisi-kisi

Apa materi esensial yang terkandung dalam kisi-kisi itu? Materi esensial identik dengan kata kunci. Menerapkan kegiatan pembelajaran menggunakan kata kunci bermaksud membuat siswa fokus, tidak melebar, dan benar-benar menembak soal yang bertipe UN.

Rekomendasi: Gunakan Metode Mnemonic untuk Memudahkan Siswa Menghafal

3. Berikan soal tiap materi esensial

Soal bisa diambil dari ujian nasional tahun lalu atau dari buku penunjang siap ujian nasional. Berikut ini contohnya,

Kisi-kisi : Menyebutkan contoh kegiatan yang memanfaatkan perubahan wujud zat tertentu.

Materi esensial: Perubahan wujud benda.

Soal : Perubahan wujud mengembun terjadi pada peristiwa:
a. pembuatan es
b. pembuatan garam
c. pembentukan awan
d. pemanasan mentega

4. Latihan mandiri Paket Soal UN

Jika pembahasan materi esensial sudah selesai, saatnya memberikan soal demi soal tipe UN. Mengerjakan soal seperti ini akan membantu siswa agar terbiasa menghadapi soal ujian sesungguhnya.

Latihan mandiri ibarat gladi bersih menjelang datangnya hari ujian yang sesungguhnya. Disini anda membutuhkan buku penunjang yang terbaik. Usahakan memakai buku yang dari penerbit besar. Jika di toko buku besar tersedia buku itu dalam jumlah banyak, kemungkinan besar buku itu memang relevan dan banyak dicari.

5. Cek kunci jawaban

Setiap menyelesaikan satu paket soal, langsung periksa benar dan salahnya jawaban siswa. Mengecek butir demi butir jawaban siswa sangat penting, sebab akan kita gunakan untuk melihat mana soal yang perlu diulang lagi.

Ingat! Ketegasan diperlukan disini. Hanya ada nilai “benar” dan “salah”. Jangan membuat penafsiran ganda. Kalau benar, katakan jawaban itu benar. Jika salah, tunjukkan bagaimana yang benar.

6. Pelajari kembali materi yang masih salah

Lakukan analisis hasil ujicoba ini (lebih mudahnya gunakan aplikasi analisis ulangan berbentuk excel). Dengan menganalisis, terlihat jelas mana soal yang masuk kategori sulit. Soal inilah yang anda utamakan untuk dipelajari lagi. Baru kemudian soal yang masuk kategori sedang.

7. Lakukan siklus 4,5,6 secara berulang

Selanjutnya, anda tinggal melakukan point 4, 5, 6 berulang-ulang sampai datangnya hari ujian. Semoga ada progress yang positif dari nilai dan kemampuan siswa-siswi dari hari ke hari.

8. Doa bersama

Tradisi doa bersama jelang ujian nasional penting dipertahankan. Minimal satu kali (beberapa hari menjelang UN) dengan melibatkan komite, orang tua, dan tokoh masyarakat. Atau jika memungkinkan secara berkala sesuai kondisi sekolah masing-masing.

-----

Kesimpulan


Sukses dalam ujian nasional ditandai dengan raihan nilai siswa yang tinggi dan dikerjakan dengan cara yang jujur. Itulah alasan banyak guru mencari strategi jitu bisa sukses dalam ujian nasional.

Bacaan menarik: Yuk Ajari Siswa Mencontek yang Aman dan Halal

Menerapkan strategi sukses UN memang bagus sebab akan berdampak pada meningkatnya integritas siswa, orang tua, guru dan sekolah. Namun melakukan persiapan yang berlebihan juga tidak dibenarkan, apalagi sampai membuat siswa stress dan merasa terbebani.

Lakukan pembelajaran normal seperti biasanya, terfokus, dan diimbangi dengan tahap-tahap yang saya bagikan di atas. Jika membutuhkan tambahan jam pelajaran, pastikan sudah didiskusikan dengan orang tua lebih dulu.

Itulah 8 tahap bagi guru agar meraih sukses ujian nasional. Mudah-mudahan berguna…

Artikel Terkait: