Skip to main content

follow us

Sesuai jadwal yang beredar sebelumnya, bahwa pelaksanaan PPG Dalam Jabatan Tahap 1 (untuk yang lolos pretest 2017) akan dimulai tanggal 31 Mei 2018, dengan kegiatan pertama yaitu Pendalaman Materi Model hybrid learning (Moda Daring bagi daerah yang tersedia layanan internet). Alur pertama ini berlangsung selama 3 bulan/12 minggu mulai 31 Mei – 18 Agustus 2018.

Sesuai info dari laman Sergur.id, sistem pembelajaran PPG Dalam Jabatan melalui moda Hybrid Learning terdiri 3 (tiga) tahapan pembelajaran:
  1. Pembelajaran melalui daring selama 12 minggu melalui virtual class (e-learning) untuk pendalaman materi bidang studi PPG yang dipilih. Guru mempelajari modul yang telah disediakan dalam sistem pembelajaran daring. Selama pembelajaran daring Guru tidak meninggalkan tugas mengajar. Bagi guru yang tidak memenuhi kecukupan waktu dalam mengikuti kelas darlng sesuai ketentuan yang ditetapkan, maka tidak dapat melanjutkan ke pembelajaran berikutnya melalui tatap muka.
  2. Pembelajaran melalui tatap muka selama 5 (lima) minggu di perguruan tinggi penyelenggara PPG Dalam Jabatan untuk menyusun perangkat pembelajaran dan proposal penelitian tindakan kelas.
  3. Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) selama 3 (tiga) minggu di sekolah yang ditentukan oleh perguruan tinggi penyelenggara.

Bagi anda yang menunggu dimulainya pelaksaan PPG Dalam Jabatan Tahap 1 model daring ini, tentu perlu melakukan persiapan. Sebagai salah satu bahan persiapan, perlu diketahui bahwa Kementerian Ristekdikti saat ini telah menyediakan laman khusus yang berhubungan dengan pelaksaan PPG Dalam Jabatan. Silahkan mengunjungi alamat di bawah ini:

ppg.spada.ristekdikti.go.id

Di halaman beranda, tampak daftar LPTK/Universitas penyelenggara PPGJ yang tersebar di seluruh Indonesia dan akan menjadi tempat melangsungkan tatap muka (Lokakarya dan Peerteaching).

Per hari ini (29/5/2018), belum ada petunjuk teknis terkait laman yang masih dalam tahap pengembangan ini. Seperti menu login yang belum diketahui apa username dan password untuk tiap peserta. Menu-menu lain seperti Profil, Berita, Pedoman masih belum aktif, sehingga belum bisa diakses. Selain itu materi-materi pedagogi dan bidang studi di masing-masing LPTK juga belum terisi.

Namun demikian,, setidaknya ada beberapa hal yang bisa kita manfaatkan dari laman tersebut, terutama adalah mendownload modul-modul yang sesuai dengan prodi kita. Modul ini nantinya bisa bermanfaat selama mengikuti jalannya PPG mulai awal sampai lulus.

Untuk mendownload modul, silahkan klik logo “Hibrid Learning PPG Dalam Jabatan” seperti gambar di bawah ini




Akan muncul halaman baru. Nah pada bagian “Course categories” kita bisa memilih modul apa yang ingin didownload. Misalkan untuk saya memilih Pendalaman Bidang Studi / PGSD.




Muncul beberapa judul modul. Silahkan klik salah satu modul itu, akan muncul materi pembelajaran lengkap dengan materi penunjang, rangkuman, dan video pendukung. Semua itu bisa kita unduh untuk bahan belajar.

Kiranya itu yang bisa saya bagikan kali ini, tentunya sambil menunggu edaran resmi perihal pelaksanaan PPG Dalam Jabatan Tahap 1 dengan Pendekatan Hybrid Learning.

(Info seputar PPG akan admin update di blog ini, terima kasih).

Artikel Lainnya:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar