Linieritas Ijazah S1/D4 dengan Program Studi PPG Kemenag

Linieritas merupakan kesesuaian antara ijazah S1 atau D4 yang dimiliki guru dengan program studi pada program PPG tahun 2018. Jika sebelumnya sudah kita bahas linieritas untuk guru di bawah naungan Kemdikbud, sekarang giliran linieritas untuk guru-guru madrasah (di bawah naungan Kemenag).

Seperti kita ulas sebelumnya, saat ini guru dituntut harus linier antara ijazah yang dimiliki (program studi saat kuliah) dengan tupoksi mengajar sehari-hari. Seperti kita tahu guru dituntut menguasai 4 kompetensi sebagai berikut:

  • Kompetensi pedagogik
  • Kompetensi kepribadian
  • Kompetensi sosial
  • Kompetensi profesional

Nah, memiliki ijazah yang linier masuk pada kompetensi profesional yang mana itulah syarat guru mampu menguasai materi kurikulum mata pelajaran di sekolah secara mendalam. Ini pula alasan mengapa linieritas menjadi syarat untuk bisa ikut PPG dan memperoleh sertifikat pendidik (dan tentu saja tunjangan profesi).

Baca juga : Daftar LPTK Penyelenggara PPG Kemenag 2018

Baiklah, langsung saja berikut ini Daftar Linieritas Kualifikasi S1/D4 dengan Program Studi PPG Kemenag Tahun 2018 yang dibagi menjadi 3 rumpun sebagai berikut:

  1. Guru Mata Pelajaran Rumpun Agama di MI, MTs, MA, dan MK
  2. Guru Mata Pelajaran Umum di SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA, dan SMK/MAK
  3. Guru Mata Pelajaran Kejuruan (Produktif) di SMK/MAK

Artikel ini tidak akan menampilkan keseluruhan, hanya menampilkan beberapa saja khususnya yang rumpun agama. Untuk melihat lebih lengkap, silahkan mengunduh sumbernya di bagian akhir artikel ini.

No Program Studi PPG Kode Program Studi S-1/D-IV
1 Fiqih 237 - PAI
- Hukum Keluarga (Ahwal al-syakhshiyah)
2 Alquran Hadist 236 - PAI
- Ilmu Al-Quran dan Tafsir
- Ilmu Hadis
3 Akidah Akhlak 235 - PAI
- Aqidah dan Filsafat Islam
- Ilmu Tasawuf
- Ilmu Aqidah
- Akhlak dan Tasawuf
4 SKI 238 - PAI
- Sejarah dan Kebudayaan Islam
5 Guru Kelas RA 021 - PGTK/PGPAUD
- PGRA
- Psikologi
- Tarbiyah (Pendidikan Anak Usia Dini)

Unduh daftar lengkapnya dibawah ini:

Lampiran 1 SE Dirjen GTK Madrasah tentang Persiapan Pelaksanaan PPG Dalam Jabatan

Demikian info singkat tentang linieritas ijasah S1 dengan Prodi PPG Dalam Jabatan bagi guru d bawah naungan Kemenag. Semoga bermanfaat.

Terima kasih telah mengunjungi lapak sederhana ini. Kehadiran dan dukungan Anda adalah penyemangat saya untuk terus menulis dan berbagi informasi tentang pendidikan. Semoga tulisan ini bermanfaat bagi Anda.