Skip to main content

Tema dan Logo Hari Koperasi Nasional Ke-72 Tahun 2019

Hari Koperasi Nasional Tahun 2019 – Hari Koperasi Nasional dirayakan setiap tanggal 12 Juli, didasarkan pada peristiwa Kongres Koperasi pertama di Tasikmalaya tahun 1947. Itu artinya, tahun hari koperasi telah memasuki usianya yang ke-72. Sudahkah anda merasakan keuntungan dari hadirnya koperasi?

Memperingati hari koperasi salah satunya bertujuan untuk meningkatkan kembali peran koperasi bagi kesejahteraan masyarakat. Sebab sudah kita akui hadirnya koperasi turut berperan dalam perekonomian bangsa, menciptakan lapangan pekerjaan, membantu modal usaha dan sebagainya. Selain itu, dari tahun ke tahun juga diharapkan adanya modernisasi manajemen sehingga koperasi lebih berperan lagi menciptakan kesejateraan dan mengurangi kesenjangan di tengah masyarakat kita.

Peringatan Hari Koperasi biasanya dilakukan dengan serangkaian upacara seremonial yang diikuti pihak terkait. Di samping itu, juga pemberian penghargaan kepada koperasi yang berprestasi dan tokoh-tokoh yang berperan dalam kemajuan koperasi. Tahun 2018 lalu, Istana Negara menjadi tuan rumah puncak peringatan dan dibuka langsung oleh Presiden Joko Widodo.

Nah, untuk peringatan hari koperasi tahun ini, pemerintah sudah merilis tema serta logo resminya. Tema yang diusung adalah “Reformasi Total Koperasi di Era Industri 4.0”. Dan berikut ini logo peringatan Hari Koperasi Nasional Ke-72 Tahun 2019.

Yang berbeda dengan tahun sebelumnya, untuk pertama kalinya pada tahun ini puncak Harkopnas diselenggarakan di ibukota kabupaten, yaitu Kota Purwokerto, yang tak lain adalah ibukota Kabupaten Banyumas. Sebelumnya, puncak peringatan Harkopnas selalu digelar di ibukota provinsi atau istana negara.

Ini sekaligus merupakan bentuk perhatian kepada koperasi yang ada di Kota Purwokerto dan kota-kota di daerah lainnya untuk lebih semangat dan termotivasi dalam mengembangkan koperasinya. Di samping itu, apresiasi juga akan diberikan kepada Raden Ariawiraatmadja, putera asli Purwokerto, sebagai pencetus dan pendiri koperasi pertama di Indonesia.

Demikian paparan singkat tentang hari koperasi nasional ke-72 tahun 2019 ini. Semoga peringatan ini tidak sebatas seremonial saja, melainkan semangatnya menular bagi seluruh pelaku koperasi. Sehingga ke depan koperasi benar-benar mampu tampil sebagai penggerak pertumbuhan ekonomi nasional.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar