Skip to main content

follow us

Hari Koperasi Nasional Tahun 2018 – Hari Koperasi Nasional dirayakan setiap tanggal 12 Juli, didasarkan pada peristiwa Kongres Koperasi pertama di Tasikmalaya tahun 1947. Itu artinya, tahun hari koperasi telah memasuki usianya yang ke-71. Sudahkah anda merasakan keuntungan dari hadirnya koperasi?

Memperingati hari koperasi salah satunya bertujuan untuk meningkatkan kembali peran koperasi bagi kesejahteraan masyarakat. Sebab sudah kita akui hadirnya koperasi turut berperan dalam perekonomian bangsa, menciptakan lapangan pekerjaan, membantu modal usaha dan sebagainya. Selain itu, dari tahun ke tahun juga diharapkan adanya modernisasi manajemen sehingga koperasi lebih berperan lagi menciptakan kesejateraan dan mengurangi kesenjangan di tengah masyarakat kita.

Peringatan Hari Koperasi biasanya dilakukan dengan serangkaian upacara seremonial yang diikuti pihak terkait. Di samping itu, juga pemberian penghargaan kepada koperasi yang berprestasi dan tokoh-tokoh yang berperan dalam kemajuan koperasi. Tahun 2017 lalu, Makassar menjadi tuan rumah puncak peringatan dan dibuka langsung oleh Presiden Joko Widodo.

Nah, untuk peringatan hari koperasi tahun ini, pemerintah sudah merilis tema serta logo resminya. Tema yang diusung adalah “Penguatan Koperasi Mendukung Ekonomi Nasional”. Dan berikut ini logo peringatan Hari Koperasi Nasional Ke-71 Tahun 2018.




Yang berbeda dengan tahun sebelumnya, pada tahun ini peringatan Hari Koperasi Nasional tidak dilakukan di daerah, melainkan di Istana Negara. Mengutip dari bisnis.com, tujuan memilih Istana Negara adalah untuk menunjukkan bahwa koperasi saat ini sudah sejajar dengan badan usaha yang lain, seperti BUMN maupun perusahaan swasta besar. Terbukti sudah ada koperasi di Indonesia yang mampu menembus jajaran koperasi dunia, ada juga yang memiliki aset triliunan rupiah dengan anggota ribuan.

Ini sekaligus memberi kesempatan kepada beberapa pelaku koperasi untuk masuk dan bertemu langsung dengan Presiden. Serta dengan adanya presentasi dari beberapa koperasi besar diharapkan memberi semangat dan motivasi kepada koperasi yang baru mulai merintis agar mampu berkembang.

Demikian paparan singkat tentang hari koperasi nasional ke-71 tahun 2018 ini. Semoga peringatan ini tidak sebatas seremonial saja, melainkan semangatnya menuar bagi seluruh pelaku koperasi. Sehingga ke depan koperasi benar-benar mampu tampil sebagai penggerak pertumbuhan ekonomi nasional.

Artikel Lainnya:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar