Skip to main content

follow us

Hari Kebangkitan Teknologi Nasional atau Hakteknas diperingati setiap tanggal 10 Agustus. Awal mula peringatan hari besar ini ditandai oleh penerbangan perdana pesawat terbang hasil karya anak bangsa, N-250 Gatotkaca pada tanggal 10 Agustus 1995 di Bandung. Pesawat ini menjadi tonggak tumbuhnya Iptek di negara kita.

Memperingati Hakteknas sejatinya merupakan upaya menanamkan perhatian, minat, dan kesadaran bangsa Indonesia terhadap pengembangan iptek dalam pembangunan nasional. Karena seperti tahu, perkembangan Iptek memegang peran penting bagi kemajuan bangsa. Maka dari itu, menjelang peringatan Hakteknas, pemerintah dalam hal ini Kemristekdikti selalu menggelar seremoni dan rangkaian kegiatan, serta menetapkan tema dan sub tema yang relevan dengan tuntutan masyarakat.

Nah, terkait peringatan Hakteknas Ke 23 Tahun 2018 ini, sudah dilakukan launching di Kota Pekanbaru, Riau pada tanggal 10 Februari 2018 lalu, dan sekaligus menjadi penanda dimulainya seluruh rangkaian kegiatan serta ditetapkannya tema dan logo resmi.

Berikut ini kami bagikan pedoman/panduan Hari Kebangkitan Teknologi Nasional Tahun 2018. Namun disini hanya menampilkan poin pokoknya saja, yaitu tema, logo, lokasi acara, dan rangkaian kegiatan. Untuk selengkapnya bisa anda lihat pada Buku Panduan resmi yang bisa anda unduh pada bagian akhir artikel ini.

Tema, Subtema dan Tagline

Tema pada peringatan HAKTEKNAS Ke-23 Tahun 2018 adalah “Inovasi Untuk Kemandirian Pangan Dan Energi”
Sub tema: “Sektor Pangan dan Energi di Era Revolusi Industri 4.0”
Tagline: “Inovasi, Bangun Bangsa”

Logo




Unsur-unsur yang terkandung dalam logo:
  1. Menggambarkan tema “Pangan dan Energi”.
  2. Lambang Kemenristekdikti.
  3. Memiliki unsur teknologi dan inovasi.
  4. Budaya melayu Provinsi Riau.
  5. Warna khas melayu Provinsi Riau.

Lokasi Acara

Tahun ini, kegiatan peringatan HAKTEKNAS Ke-23 dipusatkan di Kota Pekanbaru, Provinsi Riau. Namun demikian, rangkaian kegiatan pendukungnya dilaksanakan di berbagai Provinsi, Kabupaten/Kota di seluruh Indonesia.

Acara puncak akan diselenggarakan pada tanggal 10 Agustus 2018 di Komplek Gubernuran Provinsi Riau, Jl. P. Diponegoro, Kota Pekanbaru. Sedangkan rangkaian kegiatan pendukungnya yang terkait, dilaksanakan di tempat-tempat yang dipandang dapat memberikan efek sosialisasi, dan promosi bagi masyarakat di wilayah Kabupaten dan Kota se Provinsi Riau.

Rangkaian Kegiatan

Rangkaian kegiatan Peringatan HAKTEKNAS Ke-23 Tahun 2018 sebagian besar dilaksanakan di Kota Pekanbaru dan Kabupaten se Provinsi Riau, dengan rincian sebagaimana terlihat pada tabel di bawah ini:
No Kegiatan Lokasi Waktu
1 Launching HAKTEKNAS Pekanbaru 10 Febuari
2 Lomba Produk Inovasi Nasional Se-Indonesia April-Juli
3 Bakti Inovasi Kab/Kota se-Riau Maret-Juli
4 Anugerah Iptek dan Inovasi Jakarta Mei-Agustus
5 Kegiatan Ilmiah Seluruh Indonesia April-Desember
6 Lomba Iptek dan Inovasi Jakarta dan Riau Mei-Agustus
7 Side Event di Car Free Day Pekanbaru 5 Agustus
8 Welcoming Dinner Pekanbaru 9 Agustus
9 Acara Puncak Pekanbaru 10 Agustus
10 Malam Apresiasi Pekanbaru 10 Agustus
11 Ritech Expo Pekanbaru 9-12 Agustus

Demikianlah pedoman pelaksanaan Hari Kebangkitan Teknologi Nasional Tahun 2018 yang dapat kami bagikan. Untuk mengunduh buku panduan resmi yang menjadi sumber tulisan ini, silahkan klik tautan di bawah ini, terima kasih.

Buku Panduan Peringatan HAKTEKNAS Ke-23

Artikel Lainnya:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar