Skip to main content

follow us

Hari Santri Nasional diperingati tiap tanggal 22 Oktober, diawali oleh terbitnya Keputusan Presiden No 22 Tahun 2015. Penetapan tanggal ini diilhami oleh munculnya resolusi jihad dari KH. Hasyim Asyari yang mengeluarkan fatwa kewajiban berjihad membela dan mempertahankan kemerdekaan, hingga berkobar peristiwa heroik 10 Nopember 1945 yang diperingati sebagai Hari Pahlawan.

Jadi penetapan hari santri merupakan penghargaan kepada kalangan pesantren yang turut serta berjuang dalam merebut dan mempertahankan NKRI. Selain itu, juga membangkitkan potensi santri agar semakin berperan dalam pembangunan negara kita.
Dua tahun terakhir, tema hari santri lebih terfokus pada kepesantrenan dan keindonesiaan. Ini menunjukkan pada saat itu pemerintah ingin menonjolkan keberadaan pesantren sebagai salah satu pilar kemajuan bangsa. Di samping juga keinginan menjadikan santri sebagai sandaran bagi ideologi moderat, toleran dan komitmen cinta tanah air.

Nah, untuk peringatan Hari Santri Nasional Tahun 2018 mengambil tema “Bersama Santri Damailah Negeri”. Disini tema perdamaian diusung menyikapi kondisi bangsa kita yang sedang menghadapi banyak persoalan, seperti merebaknya ujaran kebencian, hoaks, dan disintegrasi. Dengan tema yang diambil ini, diharapkan kaum santri menjadi garda terdepan dalam upaya menjaga keutuhan dan persatuan di masyarakat.

Berikut ini logo Hari Santri Nasional 2018:



Sebagai pionir perdamaian dan tumpuan terjaganya spirit moderasi Islam di Indonesia, santri harus mampu menyesuaikan diri dengan kehidupan saat ini. Di saat ideologi dan komitmen menjaga Islam moderat sudah tertanam kuat, tinggal keterampilan yang harus dikembangkan, sehingga potensi yang dimiliki bisa tersalurkan dalam berbagai bidang.

Peringatan HSN kali ini juga diramaikan oleh berbagai rangkaian acara, setelah launching oleh Menteri Agama, dilanjutan Kopdar Akbar Santrinet Nusantara, disusul Car Free Day dengan bershalawat bersama Sabyan Gambus, Perkemahan Pramuka Santri Nusantara (PPSN), Muktamar Pemikiran Santri Nusantara, dan lain-lain.

Mudah-mudahan peringatan hari santri ini menjadi momentum untuk lebih berperannya para santri dalam kehidupan di masyarakat, khususnya dalam kehidupan global. Demikan uraian singkat tentang pelaksanaan Hari Santri Nasional 2018. Semoga bermanfaat.. .

Artikel Lainnya:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar