Skip to main content

follow us

Seperti kita tahu, sebelumnya Kemenag telah memutuskan akan melaksanakan PPG yang ditujukan untuk guru madrasah. Seperti halnya Kemendikbud, Kemenag juga melakukan peralihan sistem sertifikasi dari sebelumnya Pendidikan Latihan Profesi Guru (PLPG) menjadi Pendidikan Profesi Guru (PPG).

PPG Dalam Jabatan ditujukan bagi guru yang sudah mengajar, mendaftar melalui akun simpatika, dan memenuhi ketentuan yang sudah ditetapkan. Dilansir dari kemenag.go.id, saat ini total ada 22.240 pendaftar yang akan berkompetisi memperebutkan 7000 kuota yang tersedia, terdiri dari 940 guru mapel umum dan 6.060 untuk mapel Agama.

Mekanisme PPG sendiri nantinya adalah pembelajaran non daring atau pembelajaran dalam kelas dengan tetap mengacu pada ketentuan yang ada pada Permenristekdikti Nomor 55 tahun 2017 tentang Standar Pendidikan Guru.

Baca juga: Daftar LPTK Penyelenggara PPG Dalam Jabatan Kemenag

Bagaimana? Sudahkah anda mempersiapkan diri mengikuti PPG nantinya. Yang jelas, tahap demi tahap harus dilalui. Setelah melakukan ajuan, maka kini saatnya mencetak undangan pretest (S37a/Surat Pengantar Ujian Seleksi Akademik). Lembar ini nantinya dibawa saat mengikuti pretest sesuai jadwal yang sudah diumumkan.

Berikut ini cara mencetak undangan pretest PPG / Surat Pengantar Ujian Seleksi Akademik.
1. Login akun PTK dengan memasukkan email/pegawai ID/NUPTK/SIAP ID dan kata sandi.




2. Klik PTK




3. Muncul notifikasi “Anda telah terdaftar sebagai Calon Peserta Ujian Akademik PPG Dalam Jabatan 2018. Untuk itu silakan Cetak Surat Pengantar untuk dibawa saat pelaksanaan ujian seleksi tersebut”.



Klik tombol “Lihat Jadwal” untuk melihat info ujian anda mulai dari mapel, waktu dan lokasi ujian anda. Jika sudah klik “OKE” untuk mencetak surat undangan.



4. Klik “Cetak Surat” dan akan muncul S37a Surat Pengantar Ujian Seleksi Akademik. Jangan lupa untuk disimpan dalam format pdf untuk memudahkan jika sewaktu-waktu membutuhkan.

Demikian penjelasan singkat tentang cara mencetak Surat Undangan atau Surat Pengantar Ujian Seleksi Akademik (S37a) sebagai salah satu syarat mengikuti pretest. Semoga bermanfaat...

Artikel Lainnya:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar