Skip to main content

follow us

Hari Ayah Nasional diperingati tiap tanggal 12 November 2018. Momen ini biasanya dimanfaatkan untuk memberikan hadiah kepada ayah sebagai bentuk ucapan terima kasih atas perjuangan yang sudah dilakukan. Tentu tidak harus memberi hadiah, cukup mengucapkan secara langsung, meminta maaf, atau melakukan hal-hal untuk membahagiakan ayah juga bisa dilakukan.

Yang menarik, seperti dikutip dari laman sahabatkeluarga.kemdikbud.go,id, pemrakarsa tercetusnya Hari Ayah Nasional bukanlah para bapak, melainkan oleh ibu-ibu yang tergabung dalam Perkumpulan Putra Ibu Pertiwi (PPIP). Tahun 2014 lalu, PPIP menggelar peringatan Hari Ibu di Surakarta dengan mengadakan kegiatan Sayembara Menulis Surat untuk Ibu.

Selepas acara, muncul pertanyaan dari peserta, “Kapan peringatan Hari Ayah?”. Pertanyaan ini sontak membuat panitia terkejut, karena memang saat itu peringatan Hari Ayah di Indonesia belum ada. Berdasarkan diskusi panjang, akhirnya PPIP mendeklarasikan Hari Ayah pada tanggal 12 November, bersamaa dengan Hari Kesehatan Nasional.

Hari Ayah memang masih kalah populer dengan Hari Ibu. Kalau hari ibu, tentu banyak yang tahu jatuh pada 22 Desember. Namun demikian, seyogyanya kita memanfaatkan 12 November ini untuk merenungkan kembali peran dan kerja keras ayah selama mengasuh kita. Peran yang tak tergantikan oleh orang lain, siapapun di dunia ini.

Di sisi lain, tidak ada salahnya juga kita ikut meramaikan Hari Ayah Nasional dengan membagikan kata-kata mutiara ucapan selamat. Dengan cara ini, kita bisa mengingatkan teman lain yang kiranya belum tahu tentang adanya peringatan Hari Ayah Nasional.

Nah, berikut ini beberapa kalimat dan gambar ucapan Selamat Hari Ayah Nasional 2018,




1. Kulitmu yang kasar terkena sengatan matahari dan terpaan hujan, namun perangaimu tidak demikian, engkau tetap sabar. Meski wajahmu hitam legam, namun perasaanmu penuh pengertian. Perjuanganmu adalah bukti dari semua rasa kasih dan cinta untukku. Selamat Hari Ayah Nasional 2018.




2. Teringat saat aku bersikap cuek, membantah, dan melawan akan nasihat-nasihatmu. Namun di saat itu juga cintamu semakin berlimpah. Betapa mulianya perjuanganmu, sampai tak terhitung berapa kali kau jatuh bangun berjuang, berapa banyak tetesan keringatmu mengalir. Ayah, hanya belas kasihmu yang bisa menghapus dosa-dosaku padamu. Selamat Hari Ayah Nasional 2018.




3. Yah, sekarang baru aku sadar tentang makna perjuangan. Dulu saat kau banting tulang untuk keluarga, saat kau berpeluh keringat untuk mendiamkan tangisku, ku anggap itu biasa saja. Maafkan ayah.. Terima kasih telah mengajarkanku menjadi orang yang berarti. Selamat Hari Ayah Nasional 2018.




4. Semua kenangan dari ayah terus membekas di ingatanku. Janjiku untuk menjadi orang yang lebih baik lagi, seperti petuahmu dulu. Ayah, aku rindu... Tetaplah menjadi penyemangatku di surga sana. Doaku menyertaimu. Selamat Hari Ayah Nasional 2018.




5. Banyak pelajaran hidup yang telah kau ajarkan. Baik dari kata-katamu, maupun dari sikap yang kau contohkan. Aku bangga padamu, Ayah. Engkaulah panutanku dalam menapaki kerasnya hidup. Doaku selalu menyertaimu.. Selamat Hari Ayah Nasional 2018.

Baiklah, demikian uraian singkat tentang sejarah dan beberapa ucapan Selamat Hari Ayah Nasional tahun 2018. Kiranya bisa menginspirasi Anda untuk menyemarakkan momen spesial ini. Mudah-mudahan bermanfaat . . .

Artikel Lainnya:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar