Skip to main content

follow us

Setiap tahun, kisi-kisi ujian nasional selalu ditunggu-tunggu oleh guru khususnya yang mengampu kelas tinggi. Kisi-kisi inilah yang nantinya akan digunakan sebagai acuan dalam menyusun materi persiapan ujian. Selain kisi-kisi, POS (Pedoman Operasional Standar) USBN juga tak kalah penting, sebab di dalamnya termuat syarat peserta, bentuk soal, jadwal USBN, dan lain-lain yang menyangkut aturan pelaksanaan USBN itu sendiri.

Jadi, dengan hadirnya kisi-kisi lebih awal, akan sangat membantu kita para guru. Sehingga kita bisa menyiapkan siswa-siswi lebih awal, mengetahui batasan materi yang akan diujikan, serta bisa segera memulai program-program sukses USBN di sekolah (jika ada).

Nah terkait hal ini, beberapa hari lalu BSNP (Badan Standar Nasional Pendidikan) selaku pihak yang berwenang telah merilis kisi-kisi dan POS USBN SD/MI 2019. Jika dibandingkan dengan tahun ajaran sebelumnya, rilis ini lebih cepat. Sebelumnya, kisi-kisi baru dikeluarkan saat memasuki semester genap, namun untuk kali ini menjelang akhir semester ganjil sudah keluar. Hal ini tentu membantu kita para guru.

Berikut ini kami bagikan kisi-kisi dan POS USBN SD/MI Tahun 2019 bersumber dari website resmi BSNP.

Kisi-Kisi USBN SD/MI Tahun 2019

Seperti tahun sebelumnya, USBN Tahun 2019 nanti mengujikan 3 muatan/mapel, yaitu Bahasa Indonesia, Matematika, dan IPA. Kisi-kisi ini merupakan irisan (disusun berdasarkan Kurikulum 2006 dan Kurikulum 2013).

Kisi-Kisi USBN SD Bahasa Indonesia (Simpan)
Kisi-Kisi USBN SD Matematika (Simpan)
Kisi-Kisi USBN SD IPA (Simpan)

POS (Prosedur Operasional Standar) USBN 2019

Di dalam POS USBN dijelaskan aturan tentang penyelenggaraan dan teknis pelaksanaan mulai dari persyaratan peserta, mekanisme penyusunan soal, pengaturan tempat duduk, pengawas, tata tertib, dan sebagainya. Berikut ini kami kutip sebagian isinya berkenaan dengan naskah soal.

Naskah USBN:
  1. Soal USBN disusun mengacu pada kisi-kisi USBN.
  2. Bentuk soal USBN terdiri atas Pilihan Ganda (PG) dan uraian.
  3. Sebanyak 20%-25% butir soal USBN disiapkan oleh Kementerian, kecuali untuk mata pelajaran Pendidikan Agama, Pendidikan Agama dan Budi Pekerti, serta mata pelajaran pendidikan keagamaan disiapkan oleh Kementerian Agama.
  4. Sebanyak 75%-80% butir soal disiapkan oleh guru-guru atau tutor yang dikonsolidasikan Kelompok Kerja Guru (KKG) atau Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) atau Forum Tutor dan dikoordinasikan oleh Dinas Pendidikan Provinsi atau Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota sesuai dengan kewenangannya.
- - - -
Untuk mengunduh dokumen yang lengkap, silahkan klik link di bawah ini:
POS USBN 2018-2019.pdf

Demikian uraian singkat yang dapat kami bagikan berkaitan dengan kisi-kisi dan POS USBN SD/MI 2019. Dengan hadirnya kisi-kisi ini, tidak ada salahnya untuk segera menelaah dan menyusun latihan-latihan soal, sehingga diharapkan anak didik kita bisa meraih hasil lebih maksimal saat pelaksanaan ujian nanti. Semoga bermanfaat ...

Artikel Lainnya:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar