Peringatan Hari Gizi Nasional ke 61 Tahun 2021

hari gizi nasional

Hari gizi nasional (HGN) diperingati tiap tanggal 25 Januari. Peringatan ini sebagai bentuk upaya mengkampanyekan kesadaran gizi di tengah masyakarat. Tak terbayang pentingnya gizi bagi hidup kita. Gizi yang baik akan membuat pertumbuhan dan perkembangan kita dan anak-anak menjadi optimal.

Sebaliknya jika gizi tidak tercukupi, maka masalah akan muncul. Apalagi jika kekurangan gizi itu terjadi pada masa janin dan anak usia dini. Hal itu akan menghambat perkembangan otak dan menurunnya kemampuan berpikir. Ke depan, anak-anak kekurangan gizi akan sulit berprestasi dalam pendidikannya.

Masalah gizi bukan hanya kekurangan gizi, tetapi juga kelebihan gizi. Ini bisa dilihat dari beberapa permasalahan gizi yang terjadi saat ini diantaranya stunting, underweight, wasting, anemia pada ibu hamil, dan meningkatnya obesitas pada orang dewasa. Masalah ini jika tidak secepatnya diatasi akan menjadi beban di masa mendatang, karena menghambat produktivitas SDM.

Dengan adanya peringatan hari gizi nasional, harapannya kita sebagai masyarakat kembali berkomitmen untuk menggalakkan gerakan hidup sehat dan terus berupaya memenuhi gizi seimbang bagi diri dan keluarga kita.

Dan terkait peringatan hari gizi nasional (HGN) tahun ini, Kementerian Kesehatan telah merilis penduan kegiatan, yang tema dan tujuan kegiatan sebagai berikut.

Logo

logo hari gizi nasional

Tema, Slogan, dan Hashtag

Tema : “Remaja Sehat, Bebas Anemia”
Slogan : “Gizi Seimbang, Remaja Sehat, Indonesia Kuat”
Hashtag : ”#Mudasehatbebasanemia”

Tujuan

Tujuan peringatan Hari Gizi ke 61 Tahun 2021 adalah :

  1. Meningkatkan pengetahuan dan peran aktif masyarakat tentang kesehatan dan gizi, khususnya dalam penanggulangan anemia pada remaja.
  2. Menyebarluaskan informasi dan promosi kepada masyarakat tentang pentingnya gizi seimbang dalam penanggulangan anemia di masa pandemi Covid-19.
  3. Menyebarluaskan informasi dan promosi kepada masyarakat tentang pentingnya suplementasi TTD dalam penanggulangan anemia di masa pandemi Covid-19.
  4. Meningkatkan peran media massa dalam kampanye penanggulangan anemia pada remaja sebagai salah satu upaya peningkatan kualitas kesehatan masyarakat.
  5. Meningkatkan komitmen dan kerja sama antara pemerintah baik sektor kesehatan maupun non kesehatan di tingkat pusat, provinsi, kabupaten/kota, serta swasta dalam kesehatan dan gizi, khususnya dalam penanggulangan anemia pada remaja.

Adapun rangkaian kegiatan HGN ke-61 diawali pertengahan Januari hingga Februari 2021.

Untuk informasi lebih lengkap, silahkan mengunduh buku panduannya berikut ini: Buku Panduan HGN ke 61 Tahun 2021

Dengan adanya peringatan ini, tentu kita berharap permasalahan gizi yang terjadi seperti anemia bisa segera teratasi. Di samping, perlu kiranya kita sukseskan program pemerintah dengan memenuhi kebutuhan gizi seimbang untuk diri dan keluarga, membiasakan pola hidup sehat, dan memnghindari mengkonsumsi makanan dan minuman yang membahayakan kesehatan tubuh. Sehingga misi yang ingin dicapai yaitu Remaja Sehat Bebas Anemia bisa tercapai.

Terima kasih telah mengunjungi lapak sederhana ini. Kehadiran dan dukungan Anda adalah penyemangat saya untuk terus menulis dan berbagi informasi tentang pendidikan. Semoga tulisan ini bermanfaat bagi Anda.