Panduan Kegiatan Hari Gizi Nasional ke-61 Tahun 2021

hari gizi nasional, hari gizi, hgn 2021

Hari Gizi Nasional diperingati tiap tanggal 25 Januari, mengacu pada tanggal berdirinya Sekolah Juru Penerang Makanan pada tanggal 25 Januari 1951 yang merupakan pelopor pengkaderan tenaga gizi Indonesia.

Sejak berdirinya sekolah itu, pendidikan tenaga gizi terus berkembang pesat di banyak perguruan tinggi, dan akhirnya disepakati bahwa tanggal 25 Januari diperingati sebagai Hari Gizi Nasional Indonesia.

Pada tahun 2021 ini, peringatan HGN mengambil tema Remaja Sehat, Bebas Anemia. Tema ini diambil karena untuk kemajuan bangsa kita, dibutuhkan remaja sehat bukan hanya dilihat dari fisik, tetapi juga kognitif, psikologis, dan sosial. Perkembangan saat remaja, sangat menentukan kualitas seseorang untuk menjadi individu dewasa.

Berikut ini panduan kegiatan Hari Gizi Nasional ke 61 dikutip dari promkes.kemkes.go.id.

TEMA DAN SLOGAN

  • Tema: "Remaja Sehat, Bebas Anemia"
  • Slogan: Gizi Seimbang, Remaja Sehat, lndonesia Kuat
  • Hashtag: #Mudasehatbebasanemia

TUJUAN

  1. Meningkatkan pengetahuan dan peran aktif masyarakat tentang kesehatan dan gizi, khususnya dalam penanggulangan anemia pada remaja.
  2. Menyebarluaskan informasi dan promosi kepada masyarakat tentang pentingnya gizi seimbang dalam penanggulangan anemia di masa pandemi Covid-19.
  3. Menyebarluaskan informasi dan promosi kepada masyarakat tentang pentingnya suplementasi TTD dalam penanggulangan anemia di masa pandemi Covid-19.
  4. Meningkatkan peran media massa dalam kampanye penanggulangan anemia pada remaja sebagai salah satu upaya peningkatan kualitas kesehatan masyarakat.
  5. Meningkatkan komitmen dan kerja sama antara pemerintah baik sektor kesehatan maupun non kesehatan di tingkat pusat, provinsi, kabupaten/kota, serta swasta dalam kesehatan dan gizi, khususnya dalam penanggulangan anemia pada remaja.

WAKTU DAN TEMPAT KEGIATAN

Waktu penyelenggaraan HGN ke-61 dimulai dari pertengahan Januari hingga Februari 2021 di seluruh lndonesia.

Untuk kegiatan di tingkat pusat hampir semuanya dilaksanakan secara daring, sedangkan di daerah pelaksanaannya disesuaikan dengan situasi, kondisi dan kemampuan daerah masing-masing.

Unduh berkas:
Panduan Kegiatan Hari Gizi Nasional ke-61 Tahun 2021.pdf

Demikian panduan kegiatan Hari Gizi Nasional ke-61 tahun 2021. Semoga momentum HGN kali ini meningkatkan komitmen kita bersama untuk ikut berperan serta bekerja sama dalam meningkatkan perbaikan gizi dan derajat kesehatan.

Terima kasih telah mengunjungi lapak sederhana ini. Kehadiran dan dukungan Anda adalah penyemangat saya untuk terus menulis dan berbagi informasi tentang pendidikan. Semoga tulisan ini bermanfaat bagi Anda.